LightNovel.ID — Berkarya Lewat Light Novel di Comic Frontier XI

Header Comic Frontier 11

Comic Frontier kembali hadir untuk yang kesebelas kalinya. Sama seperti beberapa kesempatan terakhirnya, Comic Frontier XI kali ini diadakan di Kartika Expo pada 18-19 Agustus 2018 mendatang. Dalam acara ini, komunitas Light Novel dan Novel Ringan Indonesia—atau yang singkatnya disebut LightNovel.ID—kembali berkesempatan turut meramaikan acara. Continue reading “LightNovel.ID — Berkarya Lewat Light Novel di Comic Frontier XI”

[Fetish Friday] NTR – Nikmatnya Tersiksa Romansa

Semakin suci sebuah hubungan, semakin nikmat untuk dihancurkan.

Lama kita tidak berjumpa di Fetish Friday, di mana kita akan mendekonstruksikan sebuah fetish menjadi sebuah bacaan ringan yang lumrah.

Biasanya, fetish adalah sesuatu yang bisa kita nikmati langsung dari pasangan asmara kita. Nah, kali ini agak berbeda. Soalnya, fetish yang kali ini akan kita bahas adalah sesuatu yang terjadi pada pihak lain dan pasangan asmaranya. Mungkin kalian pernah merasa patah hati, tapi pernahkah kalian merasa kalau di luar penderitaan sakit hati kalian, ada orang yang mungkin justru merasa bahagia? Atau mungkin saat idola kalian tiba-tiba dikabarkan kalau dia sudah menikah? Nah, pada dasarnya, itulah yang akan kita bahas.

Kali ini, kita akan membahas tentang fetish yang berpusat pada salah satu sifat alami manusia; yaitu iri—iri terhadap kebahagiaan orang lain, yaitu 寝取られ (Baca: Netorare), atau disingkat dengan sebutan NTR.

Apa Itu NTR?

Beberapa kisah cinta memang tidak ditakdirkan untuk terjadiSecara definisi, netorare memiliki arti secara harafiah “ditiduri oleh orang lain,” istilah ini menjadi sebutan bahwa satu pihak—biasanya perempuan—telah direnggut kepolosannya oleh pihak ketiga, di mana pihak pertama sesungguhnya telah terikat pada hubungan dengan pihak kedua.

Hubungan gelap antara pihak pertama dan pihak ketiga ini mungkin menyiksa batin pihak kedua. Dari situ, pihak ketiga mungkin merasa bangga karena telah mengalahkan pihak kedua dalam mendapatkan hati pihak pertama. Tidak sampai di situ, mungkin ada pihak lain yang merasa lega karena pihak pertama tidak berakhir dengan hubungan dengan pihak kedua. Mungkin ada cibiran-cibiran atau opini-opini yang muncul dari sana.

Fetish sosial memang aneh. Mungkin kalian belum dapat gambaran yang jelas. Jadi mari kita lihat beberapa kasus NTR yang cukup terkenal.

Byousoku 5cmITSUDEMO SAGASHITE IRU YO

Katanya, bunga sakura jatuh dengan kecepatan 5 sentimeter per detik. Namun, seberapa cepat seseorang bisa merelakan cinta lamanya pada seseorang? Saat Takaki dan Kanae terpisah begitu lulus sekolah, keduanya menjalani kisah cinta dari jarak jauh, hingga keduanya saling mengkhianati cinta satu sama lain. Pada akhirnya, keduanya merelakan cinta mereka. Namun, pada satu kesempatan keduanya berpapasan dan saling mengenali, sebelum sebuah kereta menghalangi reuni keduanya.

School Days

Kapalnya bagus, ya?

Harus mulai dari mana kita bicara soal School Days? Intinya kamu adalah seorang laki-laki yang disukai beberapa perempuan. Tapi kedua perempuan ini posesif bukan main. Selain itu, keduanya tidak bisa terima kalau kamu bukan jadi milik mereka.

Jadi, kita sudah kenal lama dengan Sekai yang diam-diam suka pada kita. Suatu hari kita bertemu dengan Kotonoha. Karena kita suka pada Kotonoha, Sekai jadi cemburu. Akhirnya jadi runyam. Tapi tidak salah juga endingnya begitu, soalnya si cowok memang bebal.

Darling in the FranXX

Ichigo harusnya bahagia, bukan jadi korban NTR.

Kenapa sering sekali ada karakter laki-laki beta yang disukai karakter perempuan cantik, tapi hubungan mereka dihalangi kehadiran pihak ketiga yang tiba-tiba sok dekat dengan si laki-laki? Ichigo suka Hiro, tapi Hiro tidak suka. Dia lebih suka pada perempuan yang membantunya bisa jadi pilot robot raksasa. Apalah daya, Ichigo juga tidak pantas dengan Hiro.

Re:ZeroSyukurnya Subaru bisa mati berkali-kali

“Aku cinta Emilia.”

Tanpa perlu dijelaskan lebih lanjut, Siapa yang tidak marah saat Subaru bilang begitu pada Rem yang baru saja sepenuh hati menyatakan cintanya?

Nagi no Asukara

They did nothing wrong!Pada dasarnya mirip dengan Darling in the Franxx, tapi tidak membuat kalap, karena akhirnya mereka mendapatkan pasangan yang sesuai.

Pesan moral di sini adalah, cinta itu harus diperjuangkan. Siapa tahu ada orang yang berbahagia jika kalian menderita, kecuali kalau pasangan kalian memang sukanya begitu. Sampai ketemu lagi di Fetish Friday berikutnya!

Tulisan ini adalah opini pribadi dari penulis, tidak mencerminkan pandangan umum Risa Media. Penulisan oleh Fathi Anshory.

 

[Fetish Friday] Meski Terlarang, Aku Tetap Mencintai Adikku Sendiri

Apa yang "salah" dari menyayangi adik (kandung) sendiri? Apa?

Hai Hai Riscomrades! Selamat hari Jumat! Seperti biasa, bertemu lagi di Fetish Friday!

Di edisi sebelumnya, kita membahas bagaimana peran seorang yang lebih tua—pesan seorang kakak—bisa menjadi sesuatu yang menggodok berahi atas afeksi yang matang dan tidak kondisional. Nah, di akhir edisi itu juga, penulis berjanji akan membahas antitesisnya. Itulah tema kita pada pekan ini: adik. Yeah, di Fetish Friday kali ini kita akan membahas tentang adik.

Pernahkah kalian melihat binatang kecil seperti kucing, atau anjing, atau apapun itu dan di dalam mental kalian merasakan perasaan kalian menjadi terikat lalu merasa ingin memberikan perlindungan? Pada dasarnya, seperti itulah yang umumnya dirasakan orang saat menemukan karakter yang lebih muda dari mereka.

“Namun, sialnya, adik saya di dunia nyata tidak seperti itu.” – Penulis

Lagipula, lebih seringnya karakter adik yang ditokenkan menjadi fetish adalah karakter-karakter yang memang secara default sayang kepada kakaknya. Nah, perasaan ini bisa tereskalasi menjadi perasaan cinta, dan akhirnya… ya itu, deh. Belum lagi, hubungan ini biasanya dianggap lebih menantang karena apa yang dilihat kedua belah pasangan melihat kalau pasangan mereka yang paling perfect dari orang lain.

Jadi… kenapa harus mengotori kolam genetik keluarga kita dengan genetik orang lain kalau kita bisa mempertahankan kualitas genetik keluarga dengan beranak lewat sedarah?

Sebagai catatan, pada tahun lalu, ada sebuah survei yang digelar di Jepang untuk menentukan siapa karakter adik terfavorit di ‘tanah suci’ penggemar anime itu. Sejujurnya, penulis kurang setuju dengan pilihan mereka, tapi mari ikuti hasil survei tersebut.

20. Rino Tana (Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge)
19. Miyu Edelfelt (Fate/kaleid liner Prisma Illya)
18. Haru Onodera (Nisekoi)
17. Lotta Otus (ACCA)
16. Tsukihi Araragi (Monogatari)
15. Karen Araragi (Monogatari)
13. Ai Habara (Meitantei Conan)
12. Kobato Hasegawa (Boku wa Tomodachi ga Sukunai)
11. Kagura (Gintama)
10. Umaru Douma (Himouto Umaru-chan)
9. Kirino Kousaka (Ore no Imouto ga Konna ni Kawaii Wake ga Nai)
8. Miyuki Shiba (Mahouka Koukou no Rettousei)
7. Shiro (No Game No Life)


6. Suguha Kirigaya (Sword Art Online)


5. Mikan Yuuki (To Love Ru)


4. Ui Hirasawa (K-ON!)


3. Rem (Re:Zero)


2. Sagiri Izumi (Eromanga-Sensei)


1. Komachi Hikigaya (Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru)

Seperti yang dapat dilihat, karakter di atas 10 besar didominasi oleh para imouto dari zaman pasca-Oreimo sehingga kepopuleran karakter adik mulai meningkat pesat, dengan pengecualian dari Mikan Yuuki dan Ui Hirasawa yang membuktikan bahwa K-ON dan To Love Ru adalah anime yang berkesan abadi.

Sementara, dari sisi lain, siapa karakter adik laki-laki terfavorit?

Nyaris tidak ada, saudara-saudara! Akan tetapi, tentunya penulis harus bisa menentukan sendiri, siapa karakter adik laki-laki terfavorit. Sasuke Uchiha adalah adik laki-laki terburuk sepanjang masa, btw.

4. Ichimatsu Matsuno (Osomatsu-san)

Dari kembar enam Matsuno, Ichimatsu adalah yang paling sensitif. Hatinya rapuh dan dibandingkan dengan saudaranya yang lain dia terbilang introver. Oleh karena itu, ia seringkali dianggap sebagai adik yang paling butuh perhatian.

3. Monkey D. Luffy (One Piece)

Bayangkan ini: kamu dan kakak kamu punya cita-cita jadi perompak terhebat, tetapi suatu saat kakak kamu tertangkap dan diesekusi. Kamu, sebagai orang yang dianggapnya sebagai adik, mencoba menyelamatkan dia dengan ikut berperang melawan tentara angkatan laut, cuma demi membebaskan satu orang … Itulah kenapa, Luffy adalah salah satu karakter adik laki-laki terbaik yang pernah ada.

2. Alphonse Elric (Fullmetal Alchemist)

Kecelakaan yang dialami adik kakak Edward Elric dan Alphonse Elric saat mencoba membangkitkan ibu mereka membuat Alphonse kehilangan badannya. Namun, meski badannya sekarang terbuat dari besi dan ukurannya lebih besar dari kakaknya, ia masih bersikap selayaknya seorang adik. Lagipula, rupanya sekarang menjadi pengingat pasti atas kesalahan Edward di masa lalu. Maka dari itulah, Edward tidak bisa untuk tidak selalu menyayangi adiknya ini.

1. Chihiro Hashima (Imouto Sae Ireba Ii)

Terakhir, adalah adik ipar dari Itsuki Hashima. Setelah ayahnya menikah lagi, Itsuki yang tidak suka dengan keputusan ayahnya ini memutuskan untuk tidak membutuhkan ayahnya lagi dan mulai mandiri. Keluarganya terus mencoba membujuknya agar masuk ke keluarga besar baru ini, tetapi Itsuki terus menolak. Adik laki-laki dari sisi ibu tirinya, Chihiro pun ambil tindakan sendiri, sering kali Chihiro mampir ke kediaman Itsuki dan membuat masakan untuknya. Jarang sekali ada adik laki-laki yang peduli dengan kakaknya seperti ini.

Yosh. Seperti itulah Fetish Friday kita kali ini. Seperti biasa, kalau ada yang ingin disampaikan, baik saran, masukan, kritik, atau bahkan usulan untuk Fetish Friday berikutnya bisa dituliskan di kolom komentar di bawah ini, ya!

Sampai ketemu di Fetish Friday berikutnya!

Tulisan ini adalah opini pribadi dari penulis, tidak mencerminkan pandangan umum Risa Media. Penulisan oleh Fathi Anshory

[Fetish Friday] Kakak — Hubungan Terlarang, tapi Penuh Kasih Sayang

"Mengapa cinta ini terlarang, saat kuyakini kaulah milikku" - Cinta Terlarang (The Virgin)

Yahhoooo! Bertemu lagi di Fetish Friday, di mana kita mengupas kenapa sesuatu bisa menjadi sebuah fetish. Biasanya, kita mengupas tentang ciri fisik, kali ini kita akan mengupas fetish yang terbentuk dari sananya.

Seperti yang kita tahu, dalam sebuah hubungan, ada yang di atas dan ada yang di bawah; ada seme dan ada uke. Sejauh ini, kita selalu membahas fetish yang jatuh pada spektrum seme. Nah, maka dari itu, sesekali kita membahas dari sisi yang lainnya.

Tidak semua orang ingin selalu berada di atas, tidak semua orang ingin selalu menjadi seme, tidak semua orang ingin menyayangi. Ada juga orang yang ingin disayangi, ingin dilindungi. Nah, di saat itulah, peran orang yang lebih tua datang. Namun, bukan sembarangan orang yang lebih tua, ya! Tidak semua orang yang lebih tua bisa memberikan rasa sayang yang sama, yang terasa romantis, yang terasa intim, daripada seorang kakak.

Ya! Pada pekan ini, kita akan membahas fetish yang datang dari peran seorang kakak.

Di luar seorang kakak, hubungan yang bisa mereka berikan umumnya jatuh ke spektrum dominasi. AKan tetapi, jika datang dari peran seorang kakak, si kakak ini sering kali lebih merasa intim karena kakak dan adiknya berada dalam lingkup hubungan yang jauh lebih kuat, yaitu keluarga. Sayangnya, peran kakak yang gila pada adiknya sendiri agak jarang dieksplorasi belakangan ini, mungkin karena jaman sekarang lebih banyak yang mengidamkan berada di peran pemberi seme.

Seperti yang sudah menjadi tradisi di rubrik ini, mari kita lihat beberapa contoh primer fetish yang satu ini. Siapa saja kakak-kakak terbaik di sejarah per-wibu-an?

Namie Yagiri (Durarararararararara)

Kalian tak akan pernah tahu rasanya disayangi seorang kakak seperti Namie. Namie harus merawat adik laki-lakinya, Seiji, setelah keluarganya tertimpa masalah keuangan dan keduanya harus bisa mandiri dari usia belia. Sebagai seorang kakak, Namie banyak berkorban untuk adiknya.

Shion Sonozaki (Higurashi no Naku Koro ni)

Tinggal di desa terpencil kadang tidak menyisakan banyak pilihan untuk beromantis ria. Itulah masalah yang dirasakan Shion. Di desanya, hanya ada satu sekolah yang isinya cuma belasan anak-anak yang lebih muda darinya dan hanya ada satu laki-laki sebaya dengannya yang sudah duluan diembat oleh adiknya sendiri. Sialnya, karena Shion lebih sering berada di rumah daripada adiknya, Mion, maka Shion lebih sedikit memiliki pilihan orang untuk disayangi. Akhirnya, dia hanya bisa memberikan sayangnya pada adiknya sendiri. Kadang mereka saling bunuh-bunuhan juga, tergantung gimana mood-nya Oyashiro-sama.

Riko Suminoe dan Ako Suminoe (Kiss x Sis)

Entri kali ini satu paket. Cuma di dunia anime orangtua nikah lagi bisa berujung berkah. Setelah orangtuanya menikah lagi, Suminoe Keita mendapatkan kakak baru; cewek-cewek puber dan mereka kembar. Riko dan Ako namanya. Tiap pagi, Keita dibangunkan secara rebutan oleh kedua kakaknya dengan cara yang kelewat ekstrem. Sebagai laki-laki, penulis iri.

Yukino Sakurai (Candy Boy)

Kali ini juga beda lagi. Yukino Sakurai dan Kanade Sakurai adalah anak kembar, Yukino yang lahir duluan. Keduanya juga sama-sama perempuan, tetapi mereka saling menyayangi layaknya kakak-adik yang sehat. Saking sayangnya, mereka gak peduli gender dan hubungan darah. Kalau udah yang namanya cinta, ya cinta.

Quetzalcoatl (Kobayashi-chi no Maid Dragon)

Nah, kakak terakhir idaman kita hari ini adalah Quetzalcoatl alias Lucoa. Dewa naga dari Aztec ini tidak sengaja menjadi kakak dari Shouta setelah Lucoa tersasar akibat ritual pemanggilan setan yang dilakukan Shouta gagal. Hubungan keduanya agak rumit, karena Lucoa melihat Shouta sebagai majikan yang harus dipuaskan sementara Shouta memandang Lucoa sebagai iblis yang tidak bisa ia singkirkan.

Status “kakak” tidak selamanya ekslusif untuk perempuan, loh! Selain kakak perempuan idaman di atas, kita bisa lihat juga kakak-kakak laki-laki idaman di bawah ini:

Taichi Yagami (Digimon Adventures)

Dari sudut pandang adiknya, Hikari Kamiya, Taichi adalah kakak yang hebat. Rela berkorban untuk dirinya. Oleh karena itu, bagi Hikari, Taichi adalah kakak yang tak tergantikan. Tidak sedikit orang yang ingin punya orang seperti Taichi menjadi kakaknya.

Yuu Narukami (Shin Megami Tensei: Persona 4)

Untuk keluarga Doujima yang sepi, kedatangan Yuu Narukami adalah berkah bagi Nanako. Selain ayahnya, tidak ada lagi orang yang bisa dekat menemaninya. Awalnya, dia dan Yuu tidak begitu dekat. Namun, seiring waktu berjalan, dan melihat bagaimana Yuu selalu bersikap keren setiap saat, akhirnya Nanako mengakui Yuu sebagai kakaknya. Kamu gak bakal pernah dipanggil Onii-chan oleh anak kecil yang dulunya takut sama kamu, gak kayak Yuu.

Kazuto Kirigaya (Sword Art Online)

Kamu juga ga bakal pernah jadi cowok ganteng yang saking ganteng dan kerennya, adik kamu sendiri ga bisa tahan pengen nikahin kamu. Itulah Kazuto Kirigaya, atau yang lebih dikenal dengan nama Kirito.

Kyousuke Kousaka (Oreimo)

Kyousuke adalah kakak teladan, titik. Demi adiknya, dia mau melakukan apa saja. Termasuk dicap otaku supaya hobi adiknya (yang padahal adalah siscon akut) yang punya image cewek berkelas gak ketahuan. Sayangnya, saking pedulinya dia dengan adiknya, dia sampai menolak cinta dari sahabatnya sedari kecil dan dari “small tiddy goth gf” yang diam-diam suka padanya. Namun, karena itulah dia bisa disebut sebagai kakak teladan, juga pria yang punya prinsip.Ruri best girl! BEEESSSTTT!!!!

Shiba Tatsuya (Mahouka Koukou no Rettousei)

Kakak idaman terakhir adalah seorang anak jenius yang harus sempurna setiap saat. Dia adalah Tatsuya. Saking keren dan berprestasinya, dia bahkan gak tertarik dengan cewek.

Ngomong-ngomong, kenapa semua karakter di list ini orang beruntung semua?

Ah, sudahlah. Sebelumnya, sampai di sini dulu Fetish Friday kali ini. Seperti biasa, jika ada masukan, sanggahan, atau tambahan untuk artikel ini, silakan taruh di komentar di bawah, ya!

Untuk minggu depan, (jika lancar) kita akan membahas antitesis dari edisi kali ini.

Penulisan oleh Fathi Anshory

[Fetish Friday] It’s a Trap! Hati-hati dengan Jebakan, Kawan!

IT'S A TRAP!!! IT'S A TRAP!!! IT'S A TRAP!!! IT'S A TRAP!!! IT'S A TRAP!!! IT'S A TRAP!!!

Kembali lagi bersama kami dalam Fetish Friday! (thpr)

Anyway, Pada minggu ini saya kembali lagi membahas fetish yang pastinya mantap sangat buat kita semua!

Minggu ini, kita akan membahas tentang perangkap, atau umumnya dikenal sebagai trap.

Mari mulai dari ketertarikan. Di dunia nyata, kita mungkin akrab dengan kata waria, yang merupakan singkatan dari “wanita tapi pria.” Dalam kulit kacang, itulah istilah terdekat yang dapat dikatakan sebagai trap. Para lelaki yang berdandan sebagai wanita, entah ada motif demi diri sendiri atau ada tujuan tertentu yang terpaksa dilakukan olehnya.

Nah, in the first place, kenapa sih ada pria yang memiliki ketertarikan pada pria yang menyamar menjadi jenis kelamin yang sebaliknya? Ada banyak faktor, entah secara fisik atau mental. Secara fisik, mudahnya adalah karena mereka cantik. Ya, cantik. Lelaki kodratnya ganteng. Oleh sebab itu, saat ingin menjadi gender yang sebaliknya, mereka akan total mengubah diri menjadi cantik. Secara mental? Karena salah, mungkin. Sulit menebak alasan orang suka kepada fetish tertentu. Hm.

Dalam dunia yang sempurna–dunia anime–, sulit menemukan trap yang gak cakep, kecuali untuk komedi. Seperti biasa, kita akan membuat daftar para trap yang sudah menjadi ikon fetish ini!

Astolfo (Fate/Apocrypha)

Karakter satu ini seakan sudah menjadi pionir untuk penyuka Trap. Entah kenapa. Penulis sendiri kurang mengikuti Fate, tapi iya, sih. Penulis akui, Astolfo—yang aslinya adalah karakter dalam The Matter of France— memang lumayan memikat hati. Sifatnya yang ceria dan—amit-amit—girly membuat dia seakan sudah bukan lagi seperti laki-laki.

Nagisa Shiota (Ansatsu Kyoushitsu)

Berikutnya adalah Nagisa. Trap yang satu ini, kalau kalian tahu backstory-nya, akan membuat kalian simpati pada penampilannya yang terkesan feminin. Padahal, kalau dijajarkan dengan pembunuh kelas dunia, laki-laki ini tidak kalah menakutkan auranya.

Hideri Kanzaki (Blend S)

Sang smug maid yang satu ini, memang cocok untuk di-bully. Pernahkah kalian datang ke sebuah kafe, dilayani oleh seorang gadis cantik, lalu kalian coba ngemodus sedikit, dia genit, kita semakin dekat, tapi ternyata ada belalainya? Siapa yang ga kesel, coba?

Ruka Urushibara (Steins; Gate)

Secara definisi, kata “miko” (yang artinya “gadis kuil”) ditulis dengan kanji 巫女. Nah, kanji kedua dalam kata tersebut berarti “perempuan,” loh. Nah, Ruka adalah miko dari generasi terakhir kuil Urushibara, tapi sesungguhnya … dia adalah seorang cowok. Untungnya, dengan keajaiban time travel, Ruka sempat menjadi perempuan. Sayangnya, ia kembali lagi menjadi cowok, sih… Kita tidak hidup di best timeline, sayangnya. Haha.

Jun Watarase (Happiness!)

Di Jepang, hari Valentine adalah hari istimewa. Para gadis yang diam-diam mengagumi laki-laki idamannya menunjukkan rasa sayang mereka dengan memberikan coklat. Di negara lain, tradisinya beda-beda, tetapi khusus di Jepang, hanya perempuan yang memberikan coklat di hari Valentine. Jadi ya … hati-hati kalau kalian dapat coklat dari cowok yang satu ini.

Saki Mizushima (The Idolmaster SideM)

Untuk entri kelima, mari berkenalan dengan seorang idola nan femes. Nah, untuk sang idol ini—eh, bentar, kita lagi ngebahas trap, kan? Kenapa ada idol… Ya gusti… cowok? Yeah. Bagi kalian penggemar seri Idolmaster, mungkin sempat asing mendengar Saki. Soalnya, dia tidak muncul di Idolmaster yang kalian kenal. Mizushima Saki muncul di Idolmaster SideM, yang isinya cowok semua.

Itsuki Keitarou (Ookami Shounen wa Kyou mo Uso wo Kasaneru)

Trap yang satu ini memang belum ada animenya, tapi penulis berharap semoga ada suatu saat nanti. Soalnya kasihan sama dia. Pertama, cintanya ditolak sama cewek yang dia suka. Lalu, dia dikerjain sama Kakaknya sendiri, didandanin jadi trap. Untungnya, gara-gara hal itu, dia bisa dekat dengan cewek yang sebelumnya menolak cintanya, terlebih si cewek itu takut cowok. Akhirnya, dimulailah perdjuangan tjinta Itsuki.

Bentham (One Piece)

Untuk yang terakhir, kita tutup dengan trap yang paling best. Bentham, atau dulunya dikenal sebagai Mr.2 dari Baroque Works adalah seorang okama yang secara harafiah artinya adalah “banci”. Namun, jangan salah kaprah dulu. Bentham adalah pemilik kekuatan dari buah mane-mane. Dengan kekuatan ini, dia bisa merubah wajah dan tubuhnya sesuai dengan ingatannya berdasarkan orang-orang yang pernah ia sentuh. Jadi, dia bukan trap yang 100% selalu punya batang. Selain itu, dia juga jago Okama Kenpo, salah satu ilmu bela diri paling kuat di dunia One Piece. Berani sama mas-mas yang satu ini?

Okee! Mungkin segitu dulu untuk Fetish Friday kali ini. Lagi ya, kita selalu butuh fetish untuk dibahas setiap pekannya. Jadi, silakan sebutkan fetish yang ingin diangkat di sini nanti. Selain itu, mungkin kalian juga merasa kurang setuju dengan tulisan di atas? Ayo, monggo tulis uneg-unegnya! Sampai ketemu lagi minggu depan!

Penulisan oleh Fathi Anshory

[Fetish Friday] Ketiak, Biar Menyengat Tapi Tetap Indah

Rubrik baru untuk menghangatkan Jumat malam yang dingin ini, mari kita bahas seputar fetish ketiak!

Setiap manusia memiliki suatu keinginan yang ingin mereka wujudkan, entah itu keinginan untuk memiliki suatu benda, keinginan untuk bersama dengan orang yang mereka sukai, maupun keinginan yang memuaskan hasrat seksualnya.

Hasrat seksual dimiliki oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Pada saat kita menginjak masa remaja, pada saat itulah hormon kita sedang bergejolak. Seorang remaja pasti memiliki rasa penasaran terhadap banyak hal. Ditambah dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, seorang remaja bisa mengakses berbagai situs yang terlarang. Dari sanalah, fetish muncul sebagai hasrat seksual mereka yang ingin mereka nikmati.

Masih terkait dengan fetish, hari Risa Media memperkenalkan rubrik baru, Fetish Friday. Rubrik yang hadir setiap Jumat ini membahas segala fetish yang tengah digemari penggemar jejepangan di ranah maya.

Apa itu Fetish?

Dalam konteks yang umum, fetish sebenarnya memiliki makna segala sesuatu yang dipercaya memiliki kemampuan supranatural. Namun dalam konteks artikel ini, fetish adalah sebuah ketertarikan yang ekstrim, hingga berpaling menjadi keterpakuan akan sesuatu yang menggugah secara seksual.

Berbagai fetish pun bermunculan dikalangan para pecinta anime, seperti fetish akan kaki, fetish akan ketiak, fetish akan stocking, dari yang paling umum sampai yang paling aneh sekalipun. Dalam artikel ini, kita akan fokus membahas salah satu fetish yang ada, yaitu fetish akan ketiak.

Maschalagnia
Ketertarikan seseorang secara seksual pada bagian tubuh orang lain, terutama pada ketiak.

Karena artikel ini dibahas di situs anime, kita akan membahas beberapa karakter yang menjadi ikon fetish ini. Dari banyaknya karakter yang seringkali menampilkan ketiaknya secara blak-blakan, penulis ambil 6 karakter yang paling menonjol:

Hagakure Tooru (Boku no Hero Academia)

Paling umumnya, Tooru digambarkan mengenakan seragam sekolahnya yang tidak terlalu terbuka. Selain itu, kostum superheronya juga terlalu terbuka (cuma sarung tangan sama sepatu red), sehingga tidak meninggalkan banyak ruang untuk berimajinasi. Namun, Tooru paling menonjolkan sisi sensual ketiaknya saat sedang dalam pakaian santai.

Avatar Korra (Avatar – The Legend of Korra)

Avatar Korra adalah karakter yang pada dasarnya tomboy. Maka dari itu, Korra seringkali diperlihatkan mengenakan pakaian yang tidak feminim, apalagi sifat ksatria adalah sifat paling utama dari Suku Air. Oleh karenanya, Korra seringkali diekspoloitasi ketiaknya.

Yuuki Asuna (Sword Art Online Series)

Sama halnya dengan Tooru, Asuna lebih sering digambarkan mengenakan pakaian formal yang menutupi bagian atas tubuhnya. Lagi lagi, karena pakaiannya yang tertutup, ketiak Asuna jadi lebih istimewa. Tidak hanya dalam situasi santai, pasangan protagonis Kirito ini juga tidak menyembunyikan ketiaknya saat bertempur.

Miki Sayaka (Mahou Shoujo Madoka Magica)

Penampilannya memang tomboy. Namun bagi Miki Sayaka, penampilan Puella Magi-nya ini adalah tuntutan. Sebagai petarung jarak dekat yang bersenjatakan pedang, Sayaka dituntut untuk harus bisa bergerak seleluasa mungkin. Salah satunya adalah dengan menanggalkan kain kostum, terutama di bagian lengan, agar Sayaka bisa bergerak bebas. Namun lagi, hal ini juga membuat penggemar ketiak tergila-gila.

Hatsune Miku (Vocaloid)

Sejak awal kemunculannya sebagai idol virtual, karakter Vocaloid yang sering mendapat predikat “Waifu Sejuta Umat” ini ditandai dengan penampilannya yang khas; rambut biru panjang terkuncir samping kiri dan kanan, seragam perak dengan rok pendek, serta celana dalam garis biru-putih lengan yang tidak tersambung ke bajunya. Seragamnya ini memberi ruang bebas pada ketiaknya yang dipamerkan tanpa rasa malu saat berada di atas panggung dan bernyanyi.

Reimu Hakurei (Touhou Project)

Dan terakhir, Neko Miko Reimu! Hanya satu karakter yang bisa mengalahkan sang “Waifu Sejuta Umat” dalam hal ketiak. Ia adalah Hakurei Reimu, Miko (penjaga kuil) miskin nista dari kuil Hakurei. Sama seperti Miku, Reimu mengenakan pakaian yang lengannya tidak tersambung ke bajunya. Hanya saja, selain pakaian Reimu yang lebih terbuka, Reimu juga tampak lebih tomboy dan sadis!

Karakter yang menjadi ikon fetish ketiak memang tidak hanya itu. Masih ada banyak lagi karakter yang digemari karena ketiaknya. Siapa karakter fetish ketiak favorit kamu? Atau mungkin ada fetish yang mau dibahas untuk Fetish Friday berikutnya? Silahkan tanggapannya!

Sebelum artikel ini berakir, ini ada bonus ketiak untuk Anda!

Tulisan ini adalah opini pribadi dari penulis, tidak mencerminkan pandangan umum Risa Media. Penulisan oleh Anssen Augustus

[Impresi] Shoujo Shuumatsu Ryokou Episode 11: Salah Satu Episode Terbaik Sepanjang Sejarah Anime

Apa jadinya kalau kita hidup di sebuah dunia hanya dengan ditemani satu orang, kita tidak tahu bagaimana asal mula dunia ini, hanya ada peninggalan dari orang-orang setelah kita untuk kita tahu bagaimana sejarah dunia ini? Secara singkat, itulah logline dari salah satu anime musim gugur 2017 yang berjudul Shoujo Shuumatsu Ryokou (Girl’s Last Tour).

Saat artikel ini diturunkan, anime ini baru mencapai episode 11. Mengisahkan tentang Chito dan Yuuri; sepasang prajurit wanita yang kegiatannya hanya jalan-jalan di dunia yang nyaris tak berpenghuni. Perjalanan mereka dihiasi tapak tilas panjang untuk melihat sudah sejauh mana peradaban manusia berkembang—atau dalam kasus ini… sudah berhasil menghancurkan diri mereka sendiri.

Dalam beberapa titik perjalanan mereka, mereka bertemu dengan beberapa orang lain; seperti seorang pengembara yang punya tujuan hidup untuk menciptakan peta yang berisikan gambaran rinci tempat mereka hidup saat ini. Mereka juga bertemu dengan seorang insinyur yang ingin membuat satu unit pesawat berdasarkan cetak biru yang ditemukannya agar ia bisa meninggalkan kota di mana ia berada menuju kota di seberang lautan. Selain itu, Chito dan Yuuri juga bertemu dengan satu unit robot peternak satwa yang tugasnya melindungi seekor ikan terakhir dalam fasilitas yang ia jaga. Jadi… tidak hanya dari bangunan-bangunan tak berpenghuni peninggalan peradaban manusia yang Chito dan Yuuri temukan, tapi juga karakter-karakter yang sedikit demi sedikit memberikan mereka gambaran; seperti apa manusia sebelum mereka.

Seperti itulah garis besar cerita Shoujo Shuumatsu Ryokou. Namun di sini, saya bukan ingin mereview anime ini secara keseluruhan. Melainkan, saya ingin memberikan alasan kenapa saya pikir episode 11 dari anime ini—mungkin—adalah salah satu episode terbaik dalam secara per-anime-an.

Mengingat kita akan membahas bagian cerita yang berada di tengah siaran anime ini, saya harus memberi peringatan keras; akan ada beberan bagian cerita besar di mulai dari titik ini. Saya sarankan untuk menonton anime ini terlebih dahulu sebelum lanjut.

Masih baca? Sudah nonton, kan?

Yakin? Peringatan terakhir!

Oke. Mari kita LANCH!!

Di episode 11, Chito dan Yuuri kejatuhan satu unit robot penghancur—kejatuhan, kayak kena Colony Drop. Nah, tapi Chito dan Yuuri ga tahu kalau robot itu robot penghancur. Dibantu dengan Nuko yang mereka temukan di episode sebelumnya, Chito dan Yuuri bisa mengoperasikan robot penghancur tersebut. Yuuri yang pada dasarnya memiliki sifat penasaran iseng-iseng menekan-nekan tombol-tombol dalam robot tersebut. Tombol pertama yang Yuuri tekan membuat robot ini melepaskan rudal yang meledakkan satu bagian kota. Meskipun memang tidak ada siapa-siapa di kota ini, tetapi Chito tidak suka dengan perbuatan Yuuri. Tapi meski demikian, Yuuri masih iseng menekan tombol lain. Tombol ini melepaskan tembakan laser yang meluluh-lantakkan bagian kota yang lebih besar lagi—menciptakan lautan api yang membara.

Oke, sampai sini… mungkin kalian akan berkomentar. “Alaah, yang kayak begitu biasa di anime. Nafas Chakranya Naruto dalam mode Jinchuuriki hybrid aja jauh lebih dahsyat!” Dan memang iya.


Tapi… adegan semacam itu di anime lain jarang ada yang membahas sisi lain dari efek kehancuran semacam itu. Di Shoujo Shuumatsu Ryokou, ada pesan filosofis yang membuat adegan ini menggugah sisi kemanusiaan penontonnya.

Mari lanjutkan.


Setelah lautan api menjalar, Chito tampak takjub dengan seberapa menakutkan kekuatan penghancur robot ini. Namun di sisi lain, Yuuri justru tertawa puas bisa melihat seberapa dahsyat robot ini. Chito yang makin tidak suka dengan tingkah Yuuri akhirnya kalap. Chito pun memukul Yuuri hingga tersungkur.


Setelah jadi lebih tenang, Yuuri akhirnya meminta maaf atas perbuatannya.

Apa yang bisa kita lihat di sini?

Pertama-tama… kita rumuskan posisi Chito dan Yuuri. Chito adalah seorang pasifis. Sepanjang perjalanan, Chito seringkali menolak memakan binatang yang mereka temukan. Sementara Yuuri… lebih adalah persona yang dibawa instingnya; apa yang mau ia lakukan ia lakukan, yang penting senang.

Nah, di adegan di atas, Chito menunjukkan empati yang kuat; bukan hanya ia membayangkan bagaimana seandainya jika tembakan laser yang dilepaskan robot penghancur itu mengenai orang lain, namun ia juga sudah berulang kali menunjukkan kalau ia menaruh value yang besar pada jejak manusia lain sebagai satu spesies, misalnya pada buku. Itulah yang mendorong Chito memukul Yuuri.

Sekarang… kita bahas inti dari adegan ini.

Begitu Yuuri menerima pukulan Chito, Yuuri sempat terdiam beberapa saat. Menahan sakit? Mungkin. Tapi ia juga bergumam cukup lama. Ia berpikir. “Kenapa Chito semarah itu?” Chito juga menonton Yuuri saat ia berpikir; Chito ingin Yuuri berpikir dengan jernih di sini. Hingga akhirnya Yuuri meminta maaf atas perbuatannya.

Maaf dari Yuuri menandakan satu hal; ia sudah mengerti kenapa perbuatannya salah.

“Power tends to corrupt, and absolute power corrupts absolutely. Great men are almost always bad men.” — John Emerich Edward Dalberg Acton (1887)

Pukulan dari Chito adalah sebuah skala perbandingan untuk menunjukkan seberapa besar kekuatan robot penghancur ini. Tinju Chito dirasakan telak oleh Yuuri yang berulang kali meraba-raba pipinya yang nyeri dipukul Chito. Yang pernah berkelahi, pasti tahu bagaimana rasanya kena pukulan. Seberapa sakit hasil pukulan itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan kerusakan yang dihasilkan tembakan laser yang ia lepaskan.

Adegan ini memanusiakan keduanya secara halus dan subliminal.

Bravo, Tsukumizu.

Setelah apa yang terjadi pada episode ini, saya mengharapkan momen-momen subliminal lain lagi. Pertanyaannya sekarang, kapan ada Nobel Peace Prize untuk anime?!