[Retro Corner] ‘GTA San Andreas’, Gim Open World dengan Replay Value Tak TerbatasDibutuhkan waktu 5 menit untuk membaca artikel ini

Here we go again, bersama dengan Mamang Sije yang ajegile!

Hai-hai Riscomrades! Selamat datang kembali di Retro Corner, tempat untuk kalian para gamer yang ingin bernostalgia dengan gim lawas. Kali ini kami akan membahas salah satu gim yang dinobatkan sebagai best selling game untuk PS2. Kebetulan pula, saat ini memenya sedang heboh kembali di social media manapun.

Penasaran gim apakah itu? Ya, sesuai dengan judul artikel ini, mari kita sambut saja!

Gambar logo yang dapat kalian dengar

Pengembang: Rockstar North

Penerbit: Rockstar Games

Platform: PS2, Xbox, PC, Xbox 360, PS3, iOS, Android

Rilis Perdana: 2004

Genre: Action-adventure

Mode: Single-Player, Multiplayer

Masih ingat masa-masa saat konsol PS2 masih berjaya di mana-mana? Penulis bakal nebak, pasti tiap kalian pergi ke rental dan ke toko gim yang bisa dicoba terlebih dahulu selalu melihat orang beramai – ramai memainkan gim ini seramai bermain gim Winning Eleven? Ya, ini dia GTA San Andreas, serial GTA (Grand Theft Auto) yang dirilis pada tanggal 26 Oktober 2004 untuk platform PS2, Xbox, dan PC, kemudian mendapat remasternya untuk PS3, Xbox 360, dan smartphone.

Gim ini meneruskan kesuksesan dari GTA III dan GTA Vice City yang sama-sama dirilis untuk platform tersebut. Banyak sekali hal yang sangat terkesan sehingga gim ini menjadi gim generasi PS2 dengan beribu kenangan tak terlupakan, bahkan masih worth untuk dimainkan sampai sekarang.

Cerita pada GTA San Andreas

Cerita dari gim ini mengambil latar pada tahun 1992 dan berlokasi dinegara fiktif San Andreas, yang terbagi dalam tiga kota besar, yaitu Los Santos (bentuk fiktif dari Los Angeles), San Fierro (bentuk fiktif dari San Fransisco), dan Las Venturas (bentuk fiktif dari Las Vegas). Kalian disini berperan sebagai CJ (Carl Johnson) yang harus pulang dari Liberty City ke kampung halamannya San Andreas setelah mendengar kabar ibunya wafat karena ditembak oleh kawanan geng.

Demi mencari penyebab kematian ibunya, CJ harus mengembangkan bisnisnya sebagai penguasa gang-nya diseluruh Los Santos bersama bantuan teman-temannya seperti Ryder, Big Smoke, kedua saudara kandungnya Sweet dan Kendl, dan karakter lain yang akan kalian temui sepanjang perjalanan.

CJ dan sekumpulan polisi korup: Tenpenny, Pulaski, Hernandez

Banyak sekali hal yang terkandung dalam cerita ini hingga menjadi cerita yang benar-benar kompleks. Mulai dari kronologi kematian ibunya yang membuat kalian ikut penasaran, menghadapi grup trio polisi korup yang menawarkan kerjasama dengan suatu ancaman, perjuangan CJ dan kawan-kawannya untuk mengembalikan masa keemasan dari gang-nya, sampai adegan pengkhianatan antar ekannya.

Improvisasi Gameplay Yang Luar Biasa

GTA San Andreas kembali memakai elemen gameplay yang dipakai pada kedua seri pendahulunya, GTA III dan GTA Vice City, yang menyajikan gameplay open world dengan sudut pandang third person. Hal yang membuat seri GTA ini sangat disukai banyak orang pada saat itu adalah kontrol yang lebih flexible, bisa manjat, bisa berenang, bisa melakukan stealth, plus banyak senjata dan variasi kendaraan baru dan bisa dimodifikasi, serta masih banyak lagi sehingga penulis akan membahasnya beberapa satu persatu.

Elemen RPG Demi Memantapkan Karakter CJ Versi Kalian

Khas RPG banget kan?

Rockstar benar-benar niat untuk memperdalam personalisasi karakter CJ yang kalian perankan ini dengan memberikan elemen RPG. Kalian bisa menaikan skill karakter seperti driving, firearms handling, stamina, dan lung capacity, sehingga akan membantu memudahkan permainan kalian saat melakukan sesuatu yang terkait dengan skill-skill tersebut.

Kalian juga harus memastikan CJ makan agar tidak lapar dan berolahraga dengan benar ketika kalian kebablasan makan sampai CJ kegemukan. Kalian juga bisa mempelajari tiga ilmu berantem tangan kosong (boxing, kickboxing, dan kung fu) yang berada di gym tertentu yang tersebar di tiga kota yang berbeda.

Pakaiannya tidak lagi beli paketan.

Kalian juga lebih bebas dalam memilihkan atribut yang dipakai CJ, dari baju, celana, aksesori, potongan rambut, tato, dan atribut lainnya. Beda dari seri GTA sebelumnya, atribut yang kalian berikan memberikan pengaruh terhadap NPC untuk memberikan reaksi terhadap penampilan CJ. Tingkat respect CJ di antara rekan-rekannya yang direkrut bervariasi sesuai dengan penampilan dan tindakannya, seperti halnya saat CJ melakukan dating bersama pacar yang kalian dapatkan. Ada NPC tertentu yang bisa diajak ngomong oleh CJ untuk menawarkan submisi, kalian akan disuruh memilih jawaban iya atau tidak.

Bisa Pacaran

So sweet…

Di GTA San Andreas, kalian bisa pacaran, dan bisa mendapatkan lebih dari satu pacar. Total ada enam perempuan yang bisa kalian pacarin, di antaranya karakter pendukung dan karakter minor. Aktivitas kalian dalam pacaran disini cukup ajak jalan-jalan ke tempat seperti restoran fast food, bar, strip club, atau bahkan berkeliling dengan kendaraan. Kalian harus menyesuaikan aktivitas yang pacar kalian sukai atau tidak akan mengurangi relationship statusnya. Beberapa pacar memiliki imbalannya yang berbeda satu sama lain, salah satunya jika pacar kalian adalah perawat di rumah sakit, kalian tidak akan kehilangan senjata kalian saat kalian mati.

Perang Gang

Rusuh banget!

Sesuai dengan tema gim ini, maka di GTA San Andreas kalian bisa mempelopori perang antar-gang di wilayah tertentu. Kalau kalian memenangkan tiga ronde dalam perang, maka gang kalian akan menjadi kudeta wilayah tersebut. Hati-hati terhadap gang lain yang menginvasi wilayah kalian, jika tidak segera dicegat maka wilayah gang kalian akan direbut oleh gang yang mengganggu gugat wilayah itu.

Surga Para Modder Berkreasi

Contoh hasil mod kreatif dari modder lokal. (Sumber: kincir.com)

Pada saat itu, GTA San Andreas versi PC termasuk gim yang sangat ramah spek, sehingga banyak juga yang memainkannya di PC. Semakin berkembangnya komunitas pecinta GTA San Andreas yang masih aktif, para modder pun juga semakin bertambah. Mulai dari mod model kendaraan, senjata, map, hingga berbagai suasana seperti tsunami, serangan alien, kiamat, meteor, dan lainnya.

Bahkan tersedia juga mod untuk bermain secara online.

Pencapaian GTA San Andreas

Guinness World Records 2009 Gamer’s Edition telah mencatat GTA San Andreas sebagai gim PS2 tersukses dengan penjualan sebanyak 17.33 juta kopi pada konsol itu sendiri, total 21,5 juta pada semua platform konsol. Gim ini juga dicantumkan sebagai gim dengan pengisi suara terbanyak, total ada 861 pengisi suara, termasuk 174 aktor dan 687 pemain tambahan.

Ramadhan tiba, selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang merayakan.

Itulah beberapa info terkait dari Retro Corner hari ini. Adakah teman-teman Riscomrades sekalian yang merasa ada pembahasan yang kurang? Atau punya masukan, saran, dan ide untuk bahasan Retro Corner berikutnya? Seperti biasa, silakan sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar di bawah ini ya!

Sampai ketemu di Retro Corner berikutnya!

Tulisan ini adalah opini pribadi dari penulis, tidak mencerminkan pandangan umum Risa Media. Penulisan oleh Ivan Mahendrawan.


Ivan Mahendrawan

Teman bermain dan berbagi meme bersama

Retro Game & RPG Freak

Tinggalkan Balasan