[Retro Corner] ‘Spongebob Squarepants: Battle for Bikini Bottom’, Gim Yang Mengajak Kalian Menjelajahi Isi Kota Bikini Bottom!Dibutuhkan waktu 5 menit untuk membaca artikel ini

Di balik gameplay-nya yang tipikal action-adventure pada umumnya, segala keceriaan pada serial SpongeBob membuat gim ini menjadi sangat segar dan menghibur para gamer, terutama pada penggemar SpongeBob!

Selamat datang kembali di Retro Corner, tempat untuk para gamer yang ingin bernostalgia dengan segala yang berhubungan dengan gim lawas. Kalian sudah mendengar kabar mengenai proyek remaster dari gim Spongebob Squarepants: Battle for Bikini Bottom ini, kan? Tentunya hal ini pasti membuat kalian yang pernah bermain gim ini sangat gembira karena bisa bernostalgia dengan gim kesayangannya.

Barangkali di antara kalian ada yang belum tahu Spongebob Squarepants: BFBB seperti apa? Ya, pada Retro Corner kali ini penulis akan mengajak kalian untuk menelusuri isi pada gim ini!

Jadi… apa kalian merasa tua setelah melihat title screen ini?

Pengembang: Heavy Iron (PS2, Xbox, Gamecube), Vicarious Visions (GBA), AWE Games (PC)

Penerbit: THQ

Platform: PS2, Xbox, Gamecube, PC, GBA

Rilis Perdana: 2003

Genre: Action-adventure

Mode: Single-Player

Awal tahun 2000-an merupakan masa kejayaan dari serial kartun ternama, Spongebob Squarepants. Saat itu juga merupakan saat dimana PS2 masih sangat populer dimana – mana. Rupanya, Spongebob Squarepants BFBB merupakan salah satu gim yang lumayan banyak digemari oleh pemilik PS2, apalagi untuk penggemar Spongebob. Segala keceriaan dan humor santai yang ada pada kartun Spongebob membuat gim ini menjadi pilihan gamer sebagai gim selingan yang penuh warna.

Gameplay

Memberantas robot-robot Plankton demi kedamaian kota Bikini Bottom

Kalau di antara kalian mungkin ada yang pernah bermain seri 3D Mario seperti Super Mario 64, gameplay yang ditawarkan BFBB menghadirkan konsep yang menyerupai seri tersebut. Jika dalam Super Mario 64 kalian mengumpulkan bintang yang didapat dari setiap misi, untuk BFBB kalian harus mengumpulkan golden spatula, yang akan dipakai untuk membuka area tertentu yang ingin kita datangi.

Spongebob dan temannya Patrick dan Sandy, harus berpetualang untuk menghentikan robot-robot jahat ciptaan Plankton yang menjajah seluruh kota Bikini Bottom.

Menelusuri seisi kota Bikini Bottom demi membuat keinginan beberapa fans Spongebob terpenuhi!

BFBB akan mengajak kalian berkunjung keseluruh isi kota Bikini Bottom. Unsur gameplay utama BFBB adalah 3D platformer pada umumnya, dimana kalian menyerang musuh dan melompat sana sini melewati rintangan yang ada seperti lantai berduri atau penyembur api. Kalian harus mengumpulkan berbagai benda-benda pada gim ini demi memenuhi kebutuhan tertentu. Shiny objects berperan sebagai uang disini yang akan kalian pakai untuk membayar portal area tertentu, atau membayar golden spatula milik Mr. Krab.

Golden spatula merupakan benda terpenting untuk membuka area baru dan akan kalian dapatkan setiap melakukan misi utama, misi sampingan, dan misi tersembunyi. Kemudian, ada kaos kaki Patrick yang tersebar diseluruh area dan setiap terkumpul sepuluh buah, Patrick akan memberikan kalian golden spatula. Kalian bisa mengganti karakter setiap berada di halte, tergantung kebutuhan kalian terhadap karakter tersebut.

Jalan Cerita

Patrick meminta kepada kerang ajaib agar robot mainannya menjadi nyata.

Plankton, sang ilmuwan jahat pemilik restoran Chum Bucket, menciptakan mesin Duplicatotron 3000 untuk membantu memproduksi budak-budak robotnya. Para robot tersebut ingin ia pergunakan untuk menjajah Krusty Krab dan merebut resep rahasia krabby patty. Sayangnya, Plankton lupa mengatur Duplicatron 3000 agar robot-robotnya bisa diberi perintah. Akibatnya, robot-robot itu menjadi bebal dan membuat kekacauan di seluruh kota Bikini Bottom.

Di samping itu, Spongebob dan Patrick sedang bermain robot-robotan di rumah Spongebob. Mereka berdua mulai merasa bosan dan membayangkan kalau mainan robot milik mereka menjadi robot sungguhan. Kemudian Patrick punya ide untuk meminta kepada kerang ajaib agar robot mainannya menjadi robot sungguhan. Esok harinya, seisi rumah Spongebob telah diberantaki oleh robot milik Plankton. Kemudian Spongebob pergi keluar rumah dan membantu siapapun yang dibikin susah oleh robot ganas tersebut.

Playable Characters

Spongebob Squarepants adalah karakter utama sesuai dengan judul serial ini. Ia menggunakan kemampuan meniup gelembungnya yang bisa dibentuk macam-macam. Gelembungnya bisa dibentuk topi viking untuk menyundul, sepatu untuk menghantam, torpedo sebagai proyektil, dan bowling untuk serangan jarak jauh. Namun, tidak semua variasi bentuk tersebut bisa digunakan dari awal permainan. Bubble Buddy akan mengajarkan beberapa variasi gelembung seiring permainan.

Patrick Starfish adalah sahabat Spongebob yang menjadi salah satu playable character disini. Ia menggunakan perutnya untuk menyerang dan menghantam robot. Patrick bisa mengangkat benda-benda tertentu seperti semangka, kotak, dan bahkan robot untuk dilempar kearah tertentu. Patrick bisa membuat seisi air menjadi beku dengan melemparkan es ke arah air tersebut.

Sandy Cheeks adalah seekor tupai yang tinggal dibawah laut dan salah satu playable character disini. Ia menggunakan keahlian karatenya untuk menyerang robot. Sandy juga bisa menggunakan tali lassonya untuk berbagai keperluan seperti bergelantungan d ihanger, mengikat robot tertentu, dan menjadikannya baling-baling untuk terbang.

Versi GBA dan PC

Gameplay versi GBA

Selain versi konsol, untuk versi GBA dan PC memiliki gameplay yang berbeda. Versi GBA memiliki gameplay 2D Platformer yang disertai puzzle seperti gameplay Spongebob Squarepants Supersponge pada PS1. Sandy tidak hadir sebagai playable character di sini, kalian hanya bisa memainkan Spongebob dan Patrick.

Gameplay versi PC

Sedangkan untuk versi PC lebih menghadirkan gameplay minigame-base seperti Spongebob Squarepants: Lights, Camera, Pants!. Kalian harus mencapai skor yang menjadi patokan untuk menyelesaikan minigame tertentu.

Spongebob Squarepants: Battle for Bikini Bottom Rehydrated

Pada tanggal 5 Juni 2019, THQ Nordic telah mengumumkan bahwa BFBB akan mendapatkan proyek remake yang berjudul Spongebob Squarepants: Battle for Bikini Bottom Rehydrated. Gim ini akan memiliki fitur multiplayer dan beberapa konten yang dihilangkan pada gim originalnya, termasuk boss battle Robo-Squidward. Gim ini akan dirilis bada tahun 2020 untuk platform PS4, Switch, Xbox One, dan PC.

Itulah beberapa info terkait dari Retro Corner hari ini. Adakah teman-teman Riscomrades sekalian yang punya masukan, saran, dan ide untuk bahasan Retro Corner berikutnya? Seperti biasa, silakan sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar di bawah ini, ya!

Sampai ketemu di Retro Corner berikutnya!

Tulisan ini adalah opini pribadi dari penulis, tidak mencerminkan pandangan umum Risa Media. Penulisan oleh Ivan Mahendrawan.

 


Ivan Mahendrawan

Teman bermain dan berbagi meme bersama

Retro Game & RPG Freak