[Risa Gaming] Rekap Square Enix E3 2019: ‘Avengers’, Gameplay ‘Final Fantasy VII Remake’, dan Masih Banyak Lagi!Dibutuhkan waktu 4 menit untuk membaca artikel ini

Square Enix mengumumkan teaser Avengers terbaru beserta castnya, diumumkan juga Final Fantasy VII 1st Class Edition dimana kalian akan mendapatkan figur Cloud naik Fenrir!

Pada tahun ini, Square Enix sukses membuat para pengunjung E3 2019 pada heboh di mana-mana. Hampir segala gim yang dipresentasikan lengkap dengan trailer gameplaynya ketimbang hanya teaser cinematic saja.

Square Enix membuka presentasi E3 dengan trailer terbaru Final Fantasy VII berupa gameplay, promosi 1st Class Edition, dan tanggal rilis. Kemudian, ekspansi ketiga Final Fantasy XIV, DLC Kingdom Hearts 3, hingga gim Avengers dari Crystal Dynamic. Mari kita cek lebih lanjut apa saja yang diberikan Square Enix untuk E3 tahun ini.

Final Fantasy VII Remake

Sebelum E3, Square Enix sudah mengumumkan tanggal rilisnya terlebih dahulu. Tentu saja banyak detil yang diberikan untuk presentasi E3 2019 ini. Yoshinori Kitase mengungkapkan bahwa gim ini akan terbagi dalam 2 Blu Ray. Disket kedua akan mencangkup bagian Midgar; disket pertama mencakup semuanya selain bagian dari disket kedua.

Final Fantasy VII Remake akan memakai sistem hybrid combat di mana kalian akan ditawarkan gameplay real-time action dipadu oleh tactical mode. Kalian akan mengatur penggunaan magic, item, dan limit break. Kalian juga bisa memasang shortcut command seperti pada Kingdom Hearts.

Gim ini akan dirilis secara eksklusif untuk PS4 pada tanggal 3 Maret 2020. Tersedia juga Final Fantasy VII 1st Class Edition dimana kalian akan mendapatkan Soundtrack CD, artbook, dan figur Cloud naik Fenrir.

Final Fantasy XIV Shadowbringers

Naoki Yoshida, produser dari Final Fantasy XIV mengungkapkan ekspansi ketiganya, yaitu Shadowbringers. Ekspansi ketiga ini dikemas seolah terlihat seperti gim standalone, dengan tambahan dua pilihan job dan ras terbaru. Final Fantasy XIV Shadowbringers akan dirilis pada tanggal 12 Juli tahun ini.

Avengers

Avengers adalah gim terbaru dari serial komik Marvel yang ditangani oleh Crystal Dynamics, yang kita kenal sebagai developer Tomb Raider. Shaun Escayg mengungkapkan bahwa gim Avengers ini mengambil cerita original, tidak berdasarkan cerita dari versi Marvel Cinematic Universe. Gim ini akan memiliki online multiplayer hingga 4 pemain, dan roster disini akan terus update seiring waktu. Namun, Avengers dijanjikan tidak akan ada loot boxes atau sistem pay-to-win.

Pemeran untuk karakter-karakter Avengers juga telah diumumkan. Nolan North sebagai Iron Man, Troy Baker sebagai Bruce Banner, Laura Bailey sebagai Black Widow, Jeff Schine sebagai Captain America, dan Travis Willingham sebagai Thor.

Avengers akan dirilis pada tanggal 15 Mei 2020 untuk PS4, Xbox One, PC dan bahkan Google Stadia.

Kingdom Hearts III ReMind

Trailer pada DLC Kingdom Hearts 3 ini ditampilkan pada E3 2019. ReMind direncanakan akan dirilis pada akhir tahun ini. Belum ada kepastian apakah setelah ini akan ada DLC lagi atau tidak, namun cukup membuat fans merasa lega setelah melihat ending dari seri utamanya. Pada DLC ini, diperlihatkan bahwa Riku, Aqua, dan Roxas akan bisa dimainkan dalam gim ini.

Final Fantasy VIII Remastered

Meskipun hanya remaster, tetapi hal ini cukup membuat beberapa fans setia Final Fantasy terkejut. Bagaimana tidak, karena selama ini Final Fantasy VIII merupakan satu – satunya seri Final Fantasy yang tidak pernah mendapatkan remaster di manapun. Hal tersebut disebabkan karena pihak Square sendiri dulu sempat menghilangkan source code dari gim tersebut.

Entah bagaimana caranya gim ini mendapatkan source code-nya kembali, setidaknya sudah membuat fans merasa lega bisa melihat semua gim Final Fantasy klasik mendapatkan versi remaster.

Final Fantasy VIII akan dirilis untuk PS4, Xbox One, Switch, dan PC. Belum ada tanggal lengkapnya namun gim ini akan dirilis pada tahun 2019.

Romancing SaGa 3 & SaGa Scarlet Grace: Ambitions

Tidak lupa Square Enix mempromosikan serial JRPG klasik mereka, Romancing SaGa. Pertama, remaster dari Romancing SaGa 3 yang sebelumnya dirilis untuk PS4, PS Vita, Xbox One, Switch, Smartphone, dan PC kini akan mendapatkan versi baratnya. Kemudian, SaGa Scarlet Grace: Ambitions, yang merupakan versi enhanced dari SaGa Scarlet Grace untuk PS Vita. Gim ini juga akan mendapatkan versi baratnya untuk PS4, Switch, Smartphone, dan PC.

Dragon Quest Builders 2

Trailer gameplay terbaru Dragon Quest Builders 2 juga hadir pada E3 2019. Gim ini merupakan sekuel dari Dragon Quest Builders yang merupakan gim RPG dengan unsur open world dan survival ala Minecraft. Dragon Quest Builders 2 akan dirilis pada tanggal 12 Juli 2019 untuk PS4 dan Switch.

Dragon Quest XI S

Dragon Quest XI S adalah port dari Dragon Quest XI PS4 yang dirilis untuk Switch. Port ini menghadirkan berbagai fitur seperti dual audio, mode 16-bit, musik orkestra, dan plot tambahan. Gim ini akan dirilis pada musim gugur tahun ini.

Outriders

Outriders adalah gim shooter bertema sci-fi besutan People Can Fly, kreator Gears of Wars dan Bulletstorm. Pada E3 2019, diumumkan bahwa gim ini akan mendukung solo player dan co-op yang bisa dimainkan 3 orang. Outriders akan dirilis pada musim panas 2020 untuk PS4, Xbox One, dan PC.

Itulah semua rekap dari presentasi Square Enix pagi hari tadi. Jadi, dari yang diatas apakah ada yang menarik bagi kalian? Silahkan komen di bawah untuk pendapat masing-masing sekarang juga.

Sumber: Konferensi Pers E3
Penulisan oleh Ivan Mahendrawan


Ivan Mahendrawan

Teman bermain dan berbagi meme bersama

Retro Game & RPG Freak