[Vtuber Corner] Kolaborasi Massal Vtuberflower +62, Nyanyi Ost Mojacko!Dibutuhkan waktu 4 menit untuk membaca artikel ini

Istilah Vtuber Indonesia sudah basi, waktunya ganti ke Vtuberflower +62. Kolaborasi nyanyi bareng bersama lagu OST Anime Lawas Mojacko "Seandainya Sahabatku dari Dunia Nyata."

Tidak mau kalah (dan terinspirasi) dengan Evelyn yang sempat kolaborasi massal dengan Vtuber luar negeri. Sekelompok Vtuber Indonesia berkumpul dan membuat sebuah konten kolaborasi massal. Bertajuk Vtuberflower, konten kolaborasi tersebut telah terbit pada tanggal 28 Juni kemarin, diumumkan serentak kepada semua Vtuber yang terlibat dan mendukung kolaborasi tersebut.

Dikonfirmasikan oleh Vtuber lainnya, seperti Artesia Visca (Tessa), Mini Molly (Natsu Shoujo), dan Epel (Evelyn), konten video kolaborasi yang diunggah oleh tiap-tiap Vtuber memiliki sedikit perbedaan dalam isi kontennya. Kalau penasaran, kalian bisa mencari perbedaannya dengan mengecek masing-masing konten video yang diunggah masing-masing Vtuber. dapatkan kalian mencari perbedaan yang ada dari masing-masing konten unggahan tersebut?

Kolaborasi Sudah Direncanakan Sejak Lama

Dari hasil wawancara penulis, proyek Vtuberflower ini sudah direncanakan sejak lama, berawal dari sebuah chat dalam grup Discord yang berisikan Vtuber Indonesia. Pertama kali diusulkan oleh Vtuber Ipo-chan yang menyajikan video kolaborasi Vtuber Tiongkok yang secara tidak langsung mengusulkan untuk membuat konten kolaborasi. Usul tersebut disambut baik dan dikerjakan secara serius meski harus mengatur waktu. Tim dari Vtuber Tessa membantu menuntun proses pembuatan konten kolaborasi ini, juga mengoordinasi lancarnya proyek kolaborasi ini bersama VTMX.

Diceritakan oleh Vtuber Evelyn, perencanaan kolaborasi Vtuberflower sudah dimulai saat pertengahan Mei, namun eksekusi pembuatan konten kolaborasi sudah dimulai pada musim liburan bersama dan mulai rampung dan diunggah bertepatan dengan acara seminar Anifestkom di Unikom. Dalam proyek kolaborasi ini, Vtuber Evelyn mendapat amanat untuk mengajak Vtuber Indonesia lainnya untuk bergabung dalam grup tersebut dan ikut terlibat dalam kolaborasi tersebut. Vtuber Mini Molly juga ikut membantu mengajak Vtuber Pajryy.

Dengan selesainya konten kolaborasi ini, akan menjadi bahan evaluasi untuk konten kolaborasi selanjutnya dan memberikan baton kepemimpinan kepada Vtuber lainnya dalam untuk konten kolaborasi selanjutnya.

Vtuber Yang Terlibat Dalam Konten Kolaborasi

Berikut Vtuber-Vtuber yang terlibat dalam kolaborasi cover lagu OST Mojacko: Seandainya Teman dari Dunia Nyata.

Lahirnya Vtuberflower +62

Seperti hendak mengubah perspektif yang negatif, konotasi +62 di masyarakat umum diartikan negatif dan menyatakan keterbelakangnya kelakuan penduduk negara yang memiliki kode telepon tersebut. Namun tidak dengan kumpulan Vtuber-vtuber ini. Vtuber Mini Molly mengungkapkan penyebutan istilah Vtuberflower +62 berasal dari sebuah grup chat Discord. Andri Jin, perwakilan Vtuber Tessa sekaligus penggagas proyek ini, menjelaskan bahwa mereka adalah Vtuber berkembang yang berasal dari negara yang memiliki kode telepon +62, yakni Indonesia. Layaknya berkembang bagai bunga nan indah, Vtuber-vtuber Indonesia saling berkenalan, berteman dan saling mendukung masing-masing channel milik mereka di dalam grup tersebut.

Belum diketahui secara pasti siapa saja Vtuber-Vtuber Indonesia yang sudah termasuk dalam grup tersebut selain Vtuber yang sudah penulis sebutkan, namun kemungkinan anggota Vtuber dari grup chat Discord tersebut akan bertambah kedepannya.

Pesan Kesan Vtuber Yang Terlibat Dalam Konten Kolaborasi Tersebut

Berikut pesan-kesan yang disampaikan para Vtuber melalui wawancara penulis dengan masing-masing Vtuber.

Tessa
Ternyata tidak mudah untuk membuat kolaborasi, tapi berkat kerjasama yang baik, jadilah kolab yang ternyata menyenangkan hati para penonton. Tessa pribadi sangat puas dengan hasilnya. Proses dan kerja keras gak bakal bertolak belakang dengan hasil.

Tessa juga amat berterima kasih kepada kak VTMX yang sudah buat lagu Mojako jadi seindah itu. Juga terima kasih kepada kakak-kakak animator dan produser yang sudah membuat animasi dengan baik,

Semoga kolaborasi cover song Mojacko ini bisa mengajak kita ke kenangan masa kecil yang Indah

 

Evelyn
Hemmm, kesan pesan mendalam, tentu aja ngerasa seneng karena bisa ngobrol lebih deket sama temen temen VTuber yang lain dan para atasannya

Becanda becanda, trus bisa belajar dan dengerin pengalaman masing masing~ sedih sih nggak bisa semuanya ikutan, tapi kami juga gak bisa maksa TwT
Yang penting kami tahu, yang nggak ikutan tetep ngedukung kami…

 

Millie Narry (Mintchan)
Bagus banget, bisa collab bareng dengan senpai-senpai vtuber Indonesia kita kak! masih menunggu next collab :3

 

Natsu Shoujo (Mini Molly)
Aku tinggal di Jepang, dek Ina di Padang, Tessa-senpai di Bandung, Rex & Djav di Lampung, Pajry di Bekasi, Mintchan & Evelyn di Jakarta. Ada yang 2D, ada yand 3D. Ada yang warna hijau, biru, coklat, hitam.

Kalian liat kan?
Walau kami berbeda-beda, tetap bersahabat dan rukun
Kalian juga ya, di dunia nyata
Tetap bersahabat dengan teman yang beda suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA)

Jangan berantem, perbedaan itu indah lho

 

Rexa dan Djaval (Tricukla)
Yang jelas untuk kesan dari saya sendiri (Rexa). Akhirnya kami berhasil menyajikan konten kolaborasi yang banyak diminta oleh audiens dari setiap kanal virtual youtuber walaupun di setiap konten yang diunggah di masing-masing kanal cukup nampak beberapa kekurangan di konten tersebut

 

Ina Sabrina
Ina suka sama semua Vtuber Indonesia, berkat ikut berpartisipasi dalam kolaborasi, Ina bisa ketemu sama semua Vtuber, utamanya sama kak Evelyn. Ina senang banget diajak sama mereka untuk kolab, Ina jadi punya amat banyak kakak senior. Terima kasih untuk kakak-kakak yang sudah menyambut baik Ina dalam Grup.

 

Pajryy
Aku sangat apresiasi sekali sama Vtuber-Vtuber Indonesia karena mereka bener-bener seirus untuk memperkenalkan Vtuber Indonesia. Aku juga sangat seneng bisa kenal dengan orang-orang ramah seperti mmereka dan saling share tentang Vtuber.

Sumber: Dokumentasi Wawancara dengan Masing-masing Vtuber


Kikitondo

Virtual Youtuber Observer| Content Writer | Self Proclaimed Story Writer | Mild Otaku |