Comic Frontier 14 sudah di depan mata! Pagelaran akbar bagi kreator dan penggemar pop kultur jejepangan yang diadakan dua kali dalam setahun ini tentunya akan menghadirkan suasana yang tidak terlupakan bagi pengunjungnya. Membeli barang-barang di booth (dari merch karakter favorit hingga rumah yang terletak di daerah suburban Jakarta), bertemu dengan kawan-kawan komunitas, hingga berfoto dengan cosplayer impian semakin menambah keseruan bagi pengunjung Comifuro 14.

Namun, bagi kalian yang berasal dari luar Jabodetabek, keseruan yang ada di venue Comifuro tentunya ingin dilengkapi dengan mengunjungi tempat-tempat nongkrong yang menarik di Jakarta. Terutama terdapat jeda waktu kosong di malam minggu antara Day 1 dengan Day 2 yang dapat digunakan untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Bahkan, kalian juga dapat melengkapi jiwa-jiwa kewibuan kalian dengan mengunjungi tempat yang kental dengan vibes jejepangan di Jakarta.

Penulis dan rekan-rekan lainnya berhasil mengumpulkan beberapa daftar tempat yang dapat menjadi tujuan hangout kalian selama di Jakarta. Penasaran? Inilah daftar tempatnya:

1. Little Tokyo Blok M

Little Tokyo menghadirkan suasana urban Tokyo (sumber: Geotimes)

Kalian yang pernah ikut Ennichisai tentunya sudah tahu betul mengenai tempat ini. Komplek ruko yang berada di sebelah Blok M Square ini merupakan salah satu tempat yang paling kental dengan nuansa urban Jejepangan. Bagaimana tidak, tempat yang awalnya memang dibangun untuk hiburan ekspatriat Jepang ini memiliki beragam bisnis khas warga Jepang, seperti klub eksekutif, kuliner Jepang, dan lainnya sehingga sangat menyerupai daerah urban di Tokyo. Anda dapat menghabiskan malam Anda di sini dengan makan di restoran bergaya izakaya atau sekadar menghabiskan malam dengan berfoto-foto di tempat ini.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini, Anda dapat mengaksesnya melalui Transjakarta atau MRT Jakarta

Transjakarta: dari venue Comifuro naik dari halte Gatot Subroto Jamsostek/BPJS, ambil TJ ke arah Semanggi/Pluit, transit di halte Semanggi, pindah ke halte Bendungan Hilir melalui skybridge, ambil TJ ke arah Blok M, turun di halte Blok M, berjalan kaki keluar basement Blok M Square.

MRT Jakarta: dari venue Comifuro naik TJ terlebih dahulu dari halte Kuningan Timur, ambil TJ ke arah Dukuh Atas 2, turun di halte Dukuh Atas 2, berjalan kaki di pinggir Jalan Sudirman menyeberangi sungai, naik dari stasiun MRT Dukuh Atas, ambil MRT ke arah Lebak Bulus Grab, turun di stasiun MRT Blok M, keluar ke arah Blok M Square.

Lokasi: -6.244706,106.7994709

2. FX Sudirman

Mabes para Wota (sumber: IPP)

Hayo ngaku siapa yang suka nge-wota di sini? FX Sudirman sudah umum dikenal sebagai tempat termasyhur bagi para wota karena mal ini menaungi JKT48 Theatre. Setelah ber-event ria di Comifuro, Anda dapat melepas penat Anda di sini dengan menonton penampilan oshi favorit anda.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini, Anda dapat mengaksesnya melalui Transjakarta

Transjakarta : dari venue Comifuro naik dari halte Gatot Subroto Jamsostek/BPJS, ambil TJ ke arah Semanggi/Pluit, transit di halte Semanggi, pindah ke halte Bendungan Hilir melalui skybridge, ambil TJ ke arah Blok M, turun di halte Gelora Bung Karno, berjalan kaki ke arah FX Sudirman.

Lokasi: -6.2246842,106.8040319

3. Little Osaka Food Town (LOFT)

Salah satu tempat makan di LOFT (sumber: Eatigo)

Little Osaka Food Town (LOFT) merupakan komplek makanan Jepang terbaru di Jakarta. Serupa dengan Little Tokyo di Blok M, tempat makan yang berada di Fatmawati ini menyajikan kuliner Jepang yang tak kalah komplit dibandingkan pendahulunya. Selain itu, halte MRT yang dekat dengan tempat makan ini (Cipete Raya) juga menghadirkan suasana yang “a e s t h e t i c”

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini, Anda dapat mengaksesnya melalui MRT Jakarta

MRT Jakarta : dari venue Comifuro naik TJ terlebih dahulu dari halte Kuningan Timur, ambil TJ ke arah Dukuh Atas 2, turun di halte Dukuh Atas 2, berjalan kaki di pinggir Jalan Sudirman menyeberangi sungai, naik dari stasiun MRT Dukuh Atas, ambil MRT ke arah Lebak Bulus Grab, turun di stasiun MRT Cipete Raya, jalan kaki ke arah selatan kira-kira 300 m.

Lokasi: -6.2809491,106.7960842

4. Lime Light Karaoke

Ayo utattemita lagi di sini (sumber: Foursquare)

Kalau Anda tidak sempat atau kurang puas bernyanyi di Utattemita Comifuro 14, Anda dapat bernyanyi sepuas hati Anda di Lime Light Karaoke. Karaoke yang terletak di daerah Tanjung Duren ini terkenal akan lagu-lagu pilihannya yang banyak berasal dari OST anime. Dengan menyanyi di sini, jiwa kewibuan Anda dijamin akan semakin komplit.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini, Anda dapat mengaksesnya melalui Transjakarta

Transjakarta : dari venue Comifuro naik dari halte Gatot Subroto Jamsostek/BPJS, ambil TJ ke arah Semanggi/Pluit, Turun di halte S. Parman Podomoro City, naik ojol ke Lime Light Karaoke.

Lokasi: -6.1737788,106.7820425

5. Asobi Cafe

Yang ngepost foto ini bukan Heru

Siapa yang belum pernah memantau akun media sosial kafe ini? Kafe yang terkenal dengan admin media sosialnya yang ngegas dan chef andalannya yang bernama Heru ini tentunya akan menarik perhatian Anda untuk datang dan mencicipi cita rasa masakan Chef Heru dan kawan-kawan. Untuk lebih lengkapnya, klik judul "Asobi Cafe".

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini, Anda dapat mengaksesnya melalui Transjakarta

Transjakarta : dari venue Comifuro naik dari halte Gatot Subroto Jamsostek/BPJS, ambil TJ ke arah Semanggi/Pluit, transit di halte Semanggi, pindah ke halte Bendungan Hilir melalui skybridge, ambil TJ ke arah Kota, turun di halte Harmoni Sentral Busway, naik ojol ke Asobi Cafe.

Lokasi: -6.1648295,106.8082586


Setelah melihat daftar tempat-tempat di atas, bagaimana? Sudah tertarik untuk melengkapi jiwa kewibuan anda di Jakarta?