[Fetish Corner] Kemonomimi, Telinga Hewan Penambah KeimutanDibutuhkan waktu 5 menit untuk membaca artikel ini

Singkatnya, kemonomimi adalah kombinasi manusia dengan karakteristik hewan.

Hai Hai Riscomrades! Berjumpa kembali di Fetish Corner, tempat dibahasnya berbagai macam jenis fetish yang menarik perhatian. Pada Fetish Corner sebelumnya, kita membahas tentang fetish di bagian kaki. Kali ini, kita akan membahas fetish yang berhubungan dengan hewan. Tidak, kita tidak membahas furry, melainkan kemonomimi.

Apa Itu Kemonomimi?

Image result for kemono friend

Kemonomimi (Áć£ŤÄ≥) bisa diartikan secara literal sebagai “telinga hewan”, yaitu merupakan sebuah istilah untuk karakter anime dan manga yang memiliki beberapa fitur atau karakteristik hewan pada tubuh mereka.

Jadi apa yang membedakan kemonomimi dengan yang lain seperti monster girls ataupun furry?

Walapupun berhubungan dengan hewan, karakteristik hewani pada kemonomimi biasanya sangatlah minim, sering kali hanya sebatas pada telinga dan ekor saja. Sisanya, karakter kemonomimi harus berbentuk manusia agar membuatnya tetap humanoid.

Selain itu, fitur hewani tersebut juga tidak harus selalu bagian asli dari tubuh mereka. Walaupun hanya menggunakan sebuah aksesoris seperti telinga kucing atau semacamnya, selama aksesoris tersebut memang mendeskripsikan karakteristik dari karakter tersebut, maka mereka dapat masuk dalam kategori karakter kemonomimi.

Jadi, dapat dikatakan bahwa kemonomimi adalah karakter bertubuh manusia yang memiliki karakteristik hewan, tanpa membuang atau mengubah secara keseluruhan bagian tubuh manusia mereka.

Kemonomimi, Penambah Unsur Moe

Image result for shinomiya kaguya

Hewan-hewan seperti kucing atau anjing memang identik dengan keimutan. Kunci dari kemonomimi adalah kombinasi antara tubuh manusia dengan keimutan hewan. Saat karakteristik yang menonjol dari hewan-hewan tersebut dimasukkan  ke dalam sebuah karakter anime, maka akan meningkatan keimutan karakter tersebut sehingga membuatnya lebih moe.

Secara garis besar, memang tidak ada batasan untuk jenis hewan apa yang bisa diaplikasikan pada kemonomimi. Akan tetapi, beberapa jenis kemonomimi tertentu sudah cukup umum untuk diketahui dengan istilah mereka sendiri. Berikut beberapa tipe kemonomimi yang umum diketahui:

Nekomimi

Nekomimi atau “telinga kucing” merupakan salah satu tipe kemonomimi yang paling populer. Bahkan, dapat dikatakan bahwa trend kemonomimi mungkin berawal dari sini. Kepopularan nekomimi sendiri juga didasari dengan rasa cinta masyrakat Jepang terhadap kucing.

Seperti namanya, nekomimi merupakan kemonomimi yang berbasis pada hewan kucing. Karakteristik yang biasa dipakai adalah telinga kucing, ekor kucing, atau karakteristik kucing lainnya, seperti cakar kucing, atau kumis kucing. Berikut merupakan beberapa karkter anime yang memiliki nekomimi:

Ichigo Momomiya (Tokyo Mew Mew)

Ichigo Momomiya adalah karakter utama dari seri Tokyo Mew Mew.  Ichigo memiliki rambut merah dengan gaya rambut twintail yang diikat dengan pita merah. Saat berubah menjadi Mew Mew, rambut Ichigo berubah menjadi warna pink yang disertai munculnya dua telinga kucing dan satu buah ekor kucing berwarna hitam.

Catherine (Gintama)

Image result for Catherine (Gintama)

Catherine merupakan seorang Amanto, yaitu istilah alien dalam serial Gintama. Ras Amanto Catherine adalah ras yang mempunyai karakteristik seperti kucing. Catherine sendiri memiliki dua buah telinga kucing berwarna coklat.

Tsubasa Hanekawa (Monogatari Series)

Tsubasa Hanekawa

Tsubasa Hanekawa adalah salah satu heroine pada seri Monogatari. Hanekawa aslinya berambut hitam, tapi saat sawarineko mengambil alih tubuhnya, maka ia akan berubah menjadi Black Hanekawa, mengubahnya menjadi seperi kucing.

Kitsunemimi

Kitsunemimi atau “telinga rubah”, adalah istilah karakter anime yang memiliki karakteristik rubah pada tubuhnya. Kitsunemimi biasanya berhubungan dengan kitsune, yaitu yokai rubah pada mitologi jepang yang biasa menjelma menyerupai manusia. Hubungan tersebut mungkin juga menjadi salah satu hal yang mengangkat kepopuleran kitsunemimi itu sendiri. Berikut merupakan beberapa karkter anime yang memiliki kitsunemimi:

Senko-san (Sewayaki Kitsune no Senko-san)

Image result for Sewayaki Kitsune no Senko-san

Senko-san merupakan kitsune berumur 800 tahun dalam wujud gadis kecil bertelinga dan berkeror rubah. Dia dikirim dari dunia roh untuk membebaskan Nakano, seorang pegawai kantoran, dari kehidupannya yang terlalu banyak bekerja dan penuh tekanan.

Yuel (Granblue Fantasy)

Npc zoom 3040138000 02.png

Yuel adalah salah satu karakter dari serial Granblue Fantasy. Yuel berasal dari ras Erune, yaitu ras yang memiliki karakteristik hewan berbulu. Yuel sendiri identik dengan hewan rubah,

Hatsuse Izuna (No Game No Life)

Hatsuse Izuna adalah gadis Werebeast dari serial No Game No Life. Werebeast adalah ras dengan kombinasi karakteristik manusia dan hewan, Hatsune sendiri memiliki karakteristik telinga dan ekor rubah. Hatsune adalaha mantan duta besar Werebeast sebelum dikalahkan oleh Sora dan Shiro.

Usagimimi

Usagimi atau “telinga kelinci” adalah kemonomimi yang berbasis pada hewan kelinci. Kemonomimi sendiri cukup populer, juga sangat identik dengan keimutan atau bahkan keseksian. Berikut merupakan beberapa karkter anime yang memiliki usagimimi:

Black Rabbit (Mondaiji)

Related image

Black Rabbit merupakan penghuni Little Garden dari seri Mondaiji. Ia memiliki rambut biru panjang, mata merah, dan dua telinga kelinci yang merupakan karakteristik unik dari rasnya, “Moon Rabbit”. Saat dalam mode bertarung, rambutnya akan berubah warna menjadi merah muda cerah.

Nana Abe ([email protected] Cinderella Girls)

Nana_SSR+.png (1280×824)

Nana Abe adalah salah satu idol pada seri Idolmaster Cinderella Girls. Kelinci merupakan karakter yang diterapkan oleh Nana untuk imejnya sebagai idol. Dalam setiap konsernya, ia selalu berpenampilan seperti bunny girl, dengan dua buah telinga kelinci sebagai karakteristiknya.

Nashetania Loei (Rokka No Yuusha)

Related image

Nashetania adalah salah satu dari enam pahlawan pada seri Rokka No Yuusha. Ia adalah putri pertama negeri Piena. Ia memiliki rambut panjang berwarna kuning muda, dan selalu mengenakan aksesori berupa dua buah telinga kelinci.

Inumimi

Inumimi atau “telinga anjing” merupakan kemonomimi yang memikiliki karakteristik hewan anjing. Seperti pada dunia nyata, inumimi sering menjadi saingan nekomimi.

Inuyasha (Inuyasha)

Related image

Sebagai karakter utama dalam serinya, Inuyasha memang mudah dikenali. Ia memiliki rambut putih dan dua buah telinga anjing, karena ia berdarah campuran, setengah manusia dan setengah yokai.

Millhiore Firianno Biscotti (Dog Days)

latest (636×356)

Millhiore Firianno Biscotti dari seri Dog Days adalah seorang putri raja berusia 13 tahun dan perwakilan dari Republik Biscotti. Millhiore memiliki rambut merah muda panjang dan telinga serta ekor anjing dengan warna yang sama.

Pochi (Death March)

Image result for Pochi death march

Pochi dari seri Death March merupakan seorang budak yang dibeli oleh Satou. Pochi terlihat seperti anak manusia normal berambut coklat bob dengan tambahan telinga dan ekor anjing.

Selain tipe-tipe kemonomimi yang umum diatas, masih banyak juga tipe kemonomimi yang lain. Berikut ini list berbagai karakter kemonomimi lainnya yang mungkin kalian kenal:

Holo (Spice and Wolf)

Related image

Raphtalia (Tate no Yuusha)

Image result for raphtalia screenshot

Tamamo (Fate Series)

No photo description available.

Special Week (Uma Musume: Pretty Derby)

Image result for special week uma musume

Serval dkk (Kemono Friends)

Image result for kemono friends

Jadi itulah fetish corner untuk kali ini. Apakah anda dapat menebak jenis kemonomimi apa saja karakter-karakter di atas? Mungkin kalian juga memiliki waifu dengan kemonomimi yang belum disebutkan di atas.

Tulisan ini adalah opini pribadi dari penulis, tidak mencerminkan pandangan umum Risa Media. Penulisan oleh Allen Saputra.


Aji Kurniawan Saputra

Tinggalkan Balasan