[Guide Corner] Episentrum Moe di Manga Time KiraraDibutuhkan waktu 11 menit untuk membaca artikel ini

Mari mengenal lebih dekat penyedia komik 4-koma untuk berbagai kalangan!

Pernah nonton K-ON!, Gochiusa, atau Blend S? Apakah anda menyukainya?

Anime yang disebutkan diatas memiliki unsur moe dan kehidupan sehari-hari yang nyaman untuk diikuti. Jika anda menyukai cerita ringan dan karakter moe yang dapat memenangkan hati anda saat membaca atau menontonnya, mungkin anda harus mengenal seri majalah Manga Time Kirara tempat berkumpulnya serial tersebut.

Dalam artikel ini, penulis akan mengenalkan kalian kepada serial majalah komik Manga Time Kirara dan beberapa seri komik di dalamnya serta komunitasnya di Indonesia.

Selayang Pandang

Manga Time Kirara adalah majalah komik terbitan Houbunsha. Majalah komik ini pertama kali terbit sebagai edisi spesial komik gag Manga Time pada tahun 2003. Berkat kepopularannya, edisi komik ini berkembang menjadi satu majalah komik sendiri yang khusus menampilkan komik 4-koma dengan gaya karakter moe.

Pada awal tahun 2000-an, popularitas gaya moe meroket, sehingga menyebabkan Houbunsha mengembangkan Manga Time Kirara menjadi satu lini majalah komik sendiri dengan beberapa “sister magazine”-nya sebagai berikut:

  • Manga Time Kirara (2002)
  • Manga Time Kirara Carat (2003)
  • Manga Time Kirara Max (2004)
  • Manga Time Kirara Forward (2006)
  • Manga Time Kirara Miracle (2011)
  • Manga Time Kirara Carino (2012)
  • Manga Time Kirara Magica (2012)

Karakteristik Manga Time Kirara

Secara umum, walaupun tidak semuanya, serial yang terbit pada majalah Manga Time Kirara memilki karakteristik sebagai berikut:

  • Iyashikei (Healing), serial pada Manga Time Kirara banyak yang memiliki cerita iyashikei yaitu mempunyai efek “amnis dan “menenangkan kepada pembacanya.
  • Slice Of Life, cerita pada serial Manga Time Kirara banyak yang menggunakan slice of life atau bisa disebut sebagai kisah kehidupan sehari-hari.
  • Cute Girls Doing Cute things, serial pada Manga Time Kirara banyak yang menampilkan tokoh perempuan dengan segala tingkah laku mereka.
  • The One Guy, serial pada Manga Time Kirara jarang menampilkan karakter pria, jika ditampilkan maka hanya beberapa dan akan mudah untuk dikenali.

Meskipun serial pada Manga Time Kirara kebanyakan komik 4-koma dan dipenuhi dengan moe serta slice of life, faktanya seluruh majalah Manga Time Kirara terbit dengan kategori pembaca seinen.

MANGA TIME KIRARA

Manga Time Kirara pertama kali terbit pada tahun 2002 sebagai edisi spesial dari Manga Time. Manga Time Kirara terbit pada tanggal 9 setiap bulan dengan harga jual 429 Yen. 113 seri komik sudah diterbitkan pada majalah komik ini. Berikut beberapa contoh seri komik yang terbit pada Manga Time Kirara:

K-ON!

K-ON! adalah komik 4-koma yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kakifly. Komik ini terbit dan diserialisasikan di Manga Time Kirara pada April 2007 hingga Oktober 2010. juga di Manga Time Kirara Carat pada 2008 hingga 2012.

K-ON! bercerita tentang  lima cewek SMA yang berada dalam klub musik di sekolahnya. Kelima cewek tersebut, Yui Hirasawa, Ritsu Tainaka, Mio Akiyama, Tsumugi Kotobuki dan Azusa Nakano membentuk sebuah band bernama Ho-kago Tea Time (HTT). Cerita K-ON tidak berfokus hanya pada aspek band saja, melainkan juga aspek kehidupan sehari-hari mereka.

Komik K-ON! sudah mendapatkan adaptasi anime sebanyak dua musim oleh studio Kyoto Animation. Musim pertama tayang pada 3 April 2009 hingga 26 Juni 2009 sebanyak 13 episode. Musim keduanya tayang pada 7 April 2010 hingga 29 September 2010 sebanyak 26 episode. K-ON! juga mendapatkan adaptasi movie yang tayang pada 3 Desember 2011.

Doujin Work

Doujin Work adalah komik 4-koma buatan Hiroyuki. Komik ini terbit pada Manga Time Kirara, Manga Time Kirara Carat, dan Manga Time Kirara Forward, diserialisaikan pada 2004 hingga 2008.

Doujin Work becerita tentang Najimi Osana yang mencoba menjadi doujin artist, setelah terpukau akan keuntungan yang bisa dihasilkan melalui penjualan doujin. Setelah mencobanya, ia menemukan bahwa hal tersebut tidak semudah yang ia kira.

Doujin Work sudah mendapatkan adaptasi anime oleh studio Remic, ditayangkan pada 4 Juli 2007 hingga 19 September 2007 sebanyak 12 episode.    

Slow Start

Slow Start merupakan komik 4-koma buatan Yuiko Tokumi yang terbit dalam Manga Time Kirara pada tahun 2013.

Slow Start menceritakan kisah Hana Ichinose yang telat masuk SMA selama satu tahun. Selama bersekolah Hana berusaha mengejar ketinggalannya dan menjaga rahasia tersebut dari teman-teman barunya.

Slow Start telah mendapatkan adaptasi oleh studio CloverWorks, tayang pada 7 Januari 2018 hingga 25 Maret 2018 sebanyak 12 episode.

MANGA TIME KIRARA CARAT

Manga Time Kirara Carat pertama kali terbit pada tahun 2003. Majalah ini terbit pada tanggal 28 setiap bulannya dengan harga jual 333 yen. 112 seri komik sudah diterbitkan pada majalah komik ini. Berikut beberapa contoh seri komik yang diserialisasikan pada Manga Time Kirara Carat

Kill Me Baby

Kill Me Baby adalah komik 4-koma buatan Kaduho, diserialisasikan pada Manga Time Kirara Carat sejak 2008 hingga sekarang.

Kill Me Baby bercerita tentang Yasuna Oribe dan temannya, Sonya sang assassin beserta Agiri Goshiki yang merupakan seorang ninja. Cerita Kill Me Baby berputar pada kehidupan sehari-sehari yang dipengaruhi oleh kebiasan-kebiasan unik mereka.

Kill Me Baby telah mendapatkan adaptasi anime oleh J.C. Staff, tayang pada 6 Januari 2012 hingga 30 Maret 2012 sebanyak 12 episode.

Blend S

Blend S merupakan komik 4-koma buatan Miyuki Nakayama, diserialisasikan dalam Manga Time Kirara Carat pada Oktober 2013 hingga sekarang.

Blend S bercerita tentang cewek SMA bernama Maika Sakuranomiya yang sulit medapatkan pekerjan sampingan, karena wajahnya yang seram saat tersenyum. Akhirnya, ia direkrut untuk bekerja sebagai pelayan oleh Stile, kafe di mana pelayannya diberikan keunikan khusus seperti tsundere dan Adik perempuan.

Blend S diadaptasi menjadi anime oleh studio A-1 Pictures, tayang pada 8 Oktober 2017 hingga 24 Dsember 2017 sebanyak 12 episode.

New Game!

New Game! adalah komik 4-koma buatan Shōtarō Tokunō, terbit pada Januari 2013 dalam Manga Time Kirara Carat.

New Game! bercerita tentang Aoba Suzukaze yang baru bekerja sebagai desainer karakter pada perusahaan gim Eagle Jump. Aoba bertemu dengan berbagai macam orang, sebut saja Yun Iijima spesialis desainer monster; Hifumi Takimoto yang pemalu; Hajime Shinoda sang pengoleksi figurin, Rin Tooyama, direktur seni yang tertib; Shizuku Hazuki, direktur game yang membawa kucingnya bekerja, dan Umiko Ahagon, kepala programmer pemarah.

New Game! diadaptasi menjadi anime oleh studio Doga Kobo sebanyak 2 musim. Musim pertama tayang pada 4 Juli 2016 hingga 19 September 2016 sebanyak 12 episode. Musim Kedua tayang pada 11 Juli 2017 hingga 26 September 2017 sebanyak 12 episode.

MANGA TIME KIRARA MAX

Manga Time Kirara Max pertama kali terbit pada tahun 2003. Majalah ini terbit pada tanggal 19 setiap bulannya dengan harga jual 426 yen. 114 seri komik telah berhasil diterbitkan pada majalah komik ini. Berikut beberapa contoh seri komik yang diserialisasikan pada Manga Time Kirara Max

Kiniro Mosaic

Kiniro Mosaic merupakan komik 4-koma buatan Yui Hara, diserialisasikan dalam Manga Time Kirara Max pada Juni 2010.

Kiniro Mosaic bercerita tentang Shinobu Omiya, seorang gadis SMP yang pernah homestay di Inggris dengan seorang gadis bernama Alice Cartelet. Suatu hari, Shinobu menerima surat dari Alice bahwa dia akan datang ke Jepang. Alice muncul dan bergabung dengan Shinobu dan lingkaran temannya yaitu Aya Komichi dan Yoko Inokuma di sekolahnya, juga diikuti oleh temannya dari Inggris bernama Karen Kujo.

Kiniro Mosaic diadaptasi menjadi anime oleh studio Gokumi sebanyak dua musim. Musim pertama tayang pada  6 Juli 2013 hingga 21 September 2013. Musim keduanya tayang pada 6 April 2015 hingga 22 Juni 2015. Keduanya sama-sama berjumlah 12 episode.

Gochuumon wa Usagi desu ka?

Gochuumon wa Usagi desu ka?, atau biasa disebut Gochiusa, adalah komik 4-koma buatan Koi yang diserialisasikan dalam majalah Manga Time Kirara Max pada Maret 2011 hingga sekarang.

Gochiusa menceritakan kisah lima cewek pelayan Cocoa Hoto, Chino Kafu, Rize Tedeza, Chiya dan Syaro Kirima dalam menjalani pekerjaan serta kehidupan sehari-hari mereka.

Gochiusa diadaptasi oleh studio White Fox sebanyak dua musim, dengan masing-masing berjumlah 12 episode. Musim pertama tayang pada 10 April 2014 hingga 26 Juni 2014. Musim keduanya tayang pada 10 Oktober 2015 hingga 26 Desember 2015.

Comic Girls

Comic Girls adalah komik 4-koma buatan Kaori Hanzawa dan diserialisasikan dalam Manga Time Kirara Max pada Mei 2014.

Comic Girls bercerita tentang Kaoruko Moeta, seorang pembuat komik yang masuk ke dalam asrama wanita untuk pengarang komik setelah mendapatkan posisi terbawah pada survei pembaca. Teman sekamar Kaoruko adalah Koyume Koizuka, seorang pengarang komik shoujo, Ruki Irokawa seorang pengarang manga romansa remaja, dan Tsubasa Katsuki seorang pengarang komik shounen. Para gadis saling mendukung saat mereka bekerja untuk menjadi pengarang komik yang lebih baik.

Comic Girls diadaptasi menjadi anime oleh studio Nexus, tayang pada 5 April 2018 hingga 21 Juni 2018 sebanyak 12 episode.

MANGA TIME KIRARA FORWARD

Manga Time Kirara Forward pertama kali terbit pada tahun 2006. Majalah ini terbit pada tanggal 24 setiap bulannya dengan harga jual 528 yen. Berbeda dengan majalah komik Kirara lainnya, Manga Time Kirara Forward tidak menampilkan komik 4-koma, melainkan komik dalam format biasa. 109 seri komik telah diterbitkan pada majalah komik ini. Berikut beberapa contoh seri komik yang diserialisasikan pada Manga Time Kirara Forward

Hanayamata

Hanayamata adalah komik buatan Sō Hamayumiba. Komik ini diserialisasikan dalam Manga Time Kirara Forward pada Juni 2007 hingga April 2018.

Hanyamata menceritakan gadis biasa bernama Naru Sekiya yang masuk kedunia tarian yosakoi setelah bertemu dengan seorang gadis asing bernama Hana N. Fountainstand.

Hanayamata mendapatkan adaptasi anime oleh studio Madhouse, tayang pada 8 Juli 2014 hingga 23 September 2014 sebanyak 12 episode.

Yuru Camp

Yuru Camp merupakan  komik buatan Afro dan diserialisasikan dalam Manga Time Kirara Forward pada Juli 2015.

Yuru Camp menceritakan tentang kisah sekumpulan gadis SMA yang suka berkemah di gunung. Nadeshiko, yang berniat untuk melihat gunung, pingsan setengah jalan ke tujuannya. Nadeshiko diselamatkan ketika dia bertemu Rin, seorang gadis yang sedang berkemah sendiri.

Yuru Camp telah diadaptasi menjadi anime oleh studio C-Station, tayang pada 4 Maret 2018 hingga 22 Maret 2018 sebanyak 12 episode.

Yumekui Merry

Yumekui Merry adalah komik fantasi buatan Ushiki Yoshitaka, diserialisasikan dalam Manga Time Kirara Forward pada Agustus 2008.

Yumekui Merry bercerita tentang Yumeji Fujiwara yang memiliki kemampuan untuk melihat aura mimpi orang lain, memprediksi mimpi seperti apa yang akan mereka miliki selanjutnya. Suatu hari Yumeji menemukan dirinya dalam daydream dan bertemu dengan seorang gadis bernama Merry Nightmare yang mencari cara untuk kembali ke dunianya.

Yumekui Merry diadaptasi oleh studio J.C. Staff. Tayang pada 7 Januari 2018 hingga 8 April 2018 sebanyak 13 episode.

MANGA TIME KIRARA MIRACLE!

Manga Time Kirara Miracle! pertama kali terbit pada tahun 2011. Majalah ini terbit setiap bulannya dengan harga jual 333 yen. Sayangnya majalah ini telah berhenti terbit pada bulan Desember 2017 lalu, karena sebagian komik-komik di Manga Time Kirara Miracle! sudah tamat. Komik yang belum tamat dipindahkan ke majalah Manga Time Kirara lainnya. 48 seri komik telah diterbitkan selama majalah ini masih eksis. Berikut beberapa contoh seri komik yang diserialisasikan pada Manga Time Kirara Miracle!

Joukamachi no Dandelion

 

Joukamachi no Dandelion adalah komik 4-koma buatan Ayumu Kasuga, diserialisasikan dalam Manga Time Kirara Miracle! pada Juni 2012.

Dandelion becerita tentang keluarga Sakurada yang kelihatan seperti keluarga normal. Akan tetapi, mereka adalah keluarga kerajaan, di mana setiap anak memiliki kekuatan super yang unik. Lebih dari 2.000 kamera keamanan dipasang di seluruh kota untuk memantau mereka. Sembilan anak tersebut telah ditetapkan sebagai calon pengganti tahta dengan keputusan bahwa penguasa berikutnya akan dipilih melalui pemilihan. Akane Sakurada, yang merupakan putri ketiga, memutuskan akan menghilangkan seluruh kamera keamanan jika ia menjadi ratu.

Dandelion diadaptasi oleh studio Production IMS, tayang pada 3 Juli 2015 hingga 18 September 2015 sebanyak 12 episode.

Koufuku Graffiti

koufukuGraffiti

Koufuku Graffiti adalah komik 4-koma buatan Makoto Kawai dan diserialisasikan dalam Manga Time Kirara Miracle! pada 2012.

Koufuku Graffiti berceri tentang Ryo Machiko, seorang cewek SMA yang tinggal sendiri sejak neneknya meninggal. Meskipun memiliki keterampilan luar biasa dalam memasak, Ryo merasa masakannya belum terasa enak. Begitulah, sampai ia bertemu dengan sepupu keduanya, Kirin Morino, yang menunjukkan kepadanya kunci untuk membuat masakan menjadi enak.

Koufuku Graffiti diadaptasi oleh studio Shaft, tayang pada 9 Januari 2015 hingga 27 Maret 2015 sebanyak 12 episode.

Sakura Trick

Sakura Trick merupakan komik yuri 4-koma buatan Tachi dan diserialisasikan pada Manga Time Kirara Miracle! pada Maret 2011.

Sakura Trick bercerita tentang Haruka Takayama dan Yū Sonoda yang merupakan teman tidak terpisahkan selama SMP. Akan tetapi setelah memasuki SMA, mereka akhirnya duduk di sisi yang berlawanan dari kelas. Haruka cemburu pada Yuu saat membuat teman baru, oleh karena itu keduanya memutuskan untuk membuat hubungan mereka spesial dengan saling mencium satu sama lain secara rahasia.

Sakura Trick mendapatkan adaptasi anime oleh studio DEEN, tayang pada 10 Januri 2014 hingga 28 Maret 2014 sebanyak 12 episode.

Manga Time Kirara Carino

Manga Time Kirara Carino pertama kali terbit di tahun 2012 dengan harga 980 yen. Majalah ini adalah majalah antologi komik dari para komikus pada seri Manga Time Kirara.

Manga Time Kirara Magica

Manga Time Kirara Magica adalah majalah khusus untuk seri Puella Magica. Majalah ini berisi segala info tentang seri Puella Magica mulai dari wawancara staf sampai berbagai spin-off dari serinya.

Manga Time Kirara Magica terbit pada tahun 2012 dengan harga 639 yen. Pertama kali majalah ini terbitsecara dwi-bulanan, dan mulai terbit menjadi bulanan sejak Oktober 2013. Majalah ini terbit secara tidak rutin sejak Februari 2017. 

Kirara Fantasia

Kirara Fantasia adalah gim RPG fantasi pada ponsel pintar. Gim ini merupakan kolaborasi dari Hobunsha dan Aniplex yang menampilkan berbagai karakter dari komik Manga Time Kirara. Gim ini dirilis pada 11 Desember 2017 untuk iOS dan Android. Sayangnya, gim ini masih dalam bahasa jepang dan belum ada untuk bahasa lainnya.

Dalam gim ini pemain dapat menggunakan karakter asli di gim yaitu Kirara, Lamp, dan Match, atau berbagai macam karakterdari Manga Time Kirara dalam sebuah petualangan untuk menyelamatkan dunia. Gim ini menampilkan skenario utama, juga skenario karakter di mana pemain dapat meningkatkan “friendship level” mereka dengan berbagai macam karakter. Gim ini merupakan gim turn-based, di mana pemain menyerang secara bergantian.

Kirara Fantasia juga memiliki fitur town building dan room-customization. Berbagai fasilitas yang dibangun di kota seperti pusat perbelanjaan, tempat pelatihan, dan aula pemanggilan memiliki berbagai efek dalam game yang bermanfaat. Sementara itu pada “Kirara Room” pemain dapat mendokarasi dan megisi ruangan tersebut dengan karakter Manga Time Kirara favorit pemain.

Partai Kirara Indonesia

Aktivitas propaganda Partai Kirara Indonesia di Comifuro 11.

Partai Kirara Indonesia adalah komunitas yang menghimpun para penggemar karakter anime maupun komik dari majalah komik Manga Time Kirara. Komunitas ini memperkenalkan dan mensosialisasikan perihal Manga Time Kirara dan menghimbau warganet untuk membeli komiknya secara resmi, dengan harapan komik terbitan Kirara lainnya dapat masuk ke Indonesia.

Kegiatan terbaru dari komunitas ini adalah pada saat Comifuro 11 lalu, di mana mereka mendirikan stan untuk memperkenalkan hal-hal dasar mengenai Manga Time Kirara, dan memamerkan komik-komik Kirara yang secara resmi masuk ke Indonesia.

Kesimpulan

Manga Time Kirara memang cocok bagi yang ingin menikmati cerita ringan, santai dan menenangkan hati. Masih banyak lagi seri yang ada dalam Manga Time Kirara yang belum disebutkan diatas. Jangan lupa untuk bergabung dan menjadi kader dalam Partai Kirara Indonesia untuk mengetahui hal terupdate soal Manga Time Kirara!

Artikel ini juga merupakan kolaborasi bersama Partai Kirara Indonesia. Penulisan oleh Allen Saputra.

 

Aji Kurniawan Saputra

Tinggalkan Balasan