[Guide Corner] Panduan Lengkap Menonton Seri FateDibutuhkan waktu 8 menit untuk membaca artikel ini

Penjelasan dan panduan lengkap untuk menonton serta mengikuti seri Fate

Fate merupakan sebuah franchise yang sangat popular. Franchise ini memiliki berbagai macam seri dengan berbagai macam media. Tentu saja, beberapa seri tersebut sudah mendapatkan adaptasi anime.

Seri Fate ini memang memiliki beberapa cabang cerita dan spin-off yang cukup banyak. Bagi orang baru yang ingin mencoba masuk ke dalam seri ini mungkin akan kesulitan. Oleh karena itu artikel ini akan membahas secara singkat seri Fate yang telah diadaptasi menjadi anime dan panduan untuk mengikutinya.

Latar Belakang seri Fate

Seri Fate bercerita tetang persitiwa bernama Holy Grail War (Perang Cawan Suci). Perang tersebut meliputi master dan servant. Master terdiri dari penyihir-penyihir terpilih, sedangkan Servant adalah pahlawan dari berbagai jaman dan legenda yang dipanggil dengan ritual khusus untuk dijadikan mitra para master dalam perang tersebut. Para master dan servant harus bertarung antara satu sama lain untuk memperebutkan cawan suci yang dapat mengabulkan segala permintaan pemiliknya.

Seri Fate dimulai dari novel visual berjudul Fate/Stay Night, bercerita tentang Holy Grail War kelima, di mana karakter utamanya adalah Emiya Shirou, seorang penyihir amatir yang tinggal di kota Fuyuki.  Emiya Shiro terseret kedalam Holy Grail War setelah tidak sengaja menyaksikan pertarungan antara dua orang servant yang membuatnya terpaksa memanggil servant Saber untuk menyelamatkan nyawanya.

Dalam VN Fate/Stay Night, terdapat tiga rute cerita yang memiliki tema berbeda-beda berdasarkan 3 heroine, yaitu rute Fate, rute Unlimited Blade Works, dan rute Heaven’s Feel. Setelah seri utama tersebut berbagai macam spin-off dan cerita alternatif mulai bermunculan hingga menjadi seri yang cukup besar seperti sekarang.

Fate/Stay Night

Adaptasi pertama datang dari studio Deen. Fate/Stay Night dari studio Deen ini mengadaptasi rute Fate, di mana heroine utamanya adalah Saber, servant yang dipanggil oleh Emiya Shiro. Rute Fate ini lebih menekankan pada world building yang memperkenalkan isi cerita secara garis besarnya. Tema utama pada rute ini adalah “diri sendiri sebagai ideal”.

Waktu tayang seri ini 7 Januari 2006 hingga 17 Juni 2006, dengan jumlah episode sebanyak 26.

Fate/Stay Night Unlimited Blade Works (Movie)

Adaptasi yang datang dari studio Deen ini berbentuk dalam sebuah film yang berdurasi 1 jam 40 menit. Tayang pada 23 Januari 2010, adaptasi ini mengambil rute kedua dari Fate/Stay Night, yaitu Unlimted Blade Works.

Dalam rute ini heroine utamanya adalah Rin Tohsaka, teman satu sekolah Emiya. Rute ini lebih berfokus pada perkembangan karakter Emiya dalam mewujudkan idealismenya. Tema pada Rute ini adalah “berjuang dengan diri sendiri sebagai ideal”.

Karena durasi film yang hanya sekitar 2 jam, adaptasi ini bisa dikatakan tidak dapat mengambarkan isi cerita dari rute Unlimited Blade Works secara mendetail.

Fate/Zero

Fate/Zero merupakan prekuel dari Fate/Stay Night.  Bersumber dari novel ringan yang ditulis oleh Gen Urobuchi, Fate/Zero berlatar pada 10 tahun sebelum peristiwa pada Fate/Stay Night terjadi. Bercerita tentang Emiya Kiritsugu, ayah angkat Emiya Shiro, yang berpartisipasi dalam Holy Grail War keempat.

Anime Fate/Zero diadaptasi oleh Ufotable sebanyak 26 episode. Dibagi menjadi 2 musim, musim pertamanya tayang pada 2 Oktober 2011 hingga 25 Desember 2011, disusul musim keduanya pada 8 April 2012 hingga 24 Juni 2012, masing-masing memiliki 12 episode.

Fate/Stay Night Unlimited Blade Works (TV Series)

Selain adapatsi film dari studio Deen, rute Unlimited Blade Works juga diadaptasi menjadi serial TV oleh studio Ufotable sebanyak 26 episode dalam 2 musim. Musim pertama tayang pada 5 Oktober 2014 hingga 28 Desember 2014 sebanyak 12 episode, bonus episode prolog spesial yang berdurasi 51 menit. Musim keduanya tayang pada 5 April 2015 hingga 28 Juni 2015 sebanyak 13 episode.

Secara keseluruhan, adaptasi serial TV ini bisa dikatakan lebih baik dari pada adaptasi filmya. Hal ini dikarenakan serial TV ini memiliki jam tayang yang lebih panjang, sehingga dapat mengantarkan jalan cerita rute ini dengan lebih jelas. Belum lagi ditambah dengan animasi Ufotable yang cukup eksotis dalam memanjakan mata.

Fate/ Stay Night Heaven’s Feel

Berbeda dengan dua rute sebelumnya, rute Heaven’s Feel mendapatkan adaptasi berupa trilogi film oleh Ufotable.

Rute Heaven’s Feel merupakan rute ketiga pada Fate/Stay Night. Heroine utama pada rute ini adalah Mato Sakura, adik kelas Emiya Shirou. Rute ini merupakan rute tergelap dari ketiga rute pada Fate/Stay Nightkarena mencakup seluruh sisi gelap cerita dengan tema utama “konflik antara kenyataan dan ideal”.

Film pertamanya yang berjudul Fate/Stay Night Movie: Heaven’s Feel – I. Presage Flower sudah tayang pada 14 Oktober 2017. Film keduanya, Fate/Stay Night Movie: Heaven’s Feel – II. Lost Butterfly dijadwalkan akan tayang pada 21 Januari 2019.

Fate/Kaleid Liner PRISMAILLYA

Fate/Kaleid Liner Prisma ILLYA merupakan spin-off yang berlatar pada dunia alternatif dari seri utamanya. Di sini bercerita Illyasviel von Einsbern yang menjadi mahou shoujo setelah dipilih oleh Kaleidostick Ruby untuk menggantikan masternya, Rin Tohsaka. Diawasi oleh Rin, Illya ditugaskan untuk mengumpulkan 7 buah kartu servant  yang tersebar di kotanya.

Seri ini bersumber dari manga dan sudah mendapatkan adaptasi anime sebanyak 4 musim serta 1 film. Musim pertama tayang pada 13 Juli 2013 hingga 24 September 2014 sebanyak 10 episode. Musim keduanya yang berjudul Fate/Kaleid Liner Prisma☆Illya 2wei! tayang pada 10 Juli 2014 hingga 11 September 2014 sebanyak 10 episode. Musim ketiganya yang berjudul Fate/Kaleid Liner Prisma☆Illya 2wei Herz! tayang pada 25 Juli 2015 hingga 26 Spetember 2015 sebanyak 10 episode.

Musim keempatnya Fate/Kaleid Liner Prisma☆Illya 3rei!! tayang pada 6 Juli 2016 hingga 21 September 2016 sebanyak 12 episode. Tidak lupa filmnya yang berjudul Fate/Kaleid Liner Prisma☆Illya Movie: Sekka no Chikai yang baru saja tayang 26 Agustus 2017.

Fate/ Grand Order: First Order

Fate/ Grand Order: First Order merupakan adaptasi dari gim mobile ternama Fate/Grand Order.  Berlatar pada dunia alternatif di mana terdapat organisasi bernama Chaldea untuk memantau masa depan dan menjamin kelangsungan hidup umat manusia. Chaldea memanggil para master dan servant mereka untuk menangani krisis yang dapat memusnahkan umat manusia.

Anime ini tayang pada 31 Desember 2016 dan merupakan adaptasi spesial yang hanya bejumlah 1 episode dengan durasi 51 menit.

Fate/Apocrypha

Fate/Apocrypha bertempat di dunia paralel, di mana cawan suci yang ada di kota Fuyuki hilang dicuri setelah Holy Grail War ketiga, sehingga membuat persistiwa pada Fate/Zero dan Fate/Stay Night tidak pernah terjadi.

Setelah lama hilang, klan penyihir Yggdmillennia mengumumkan bahwa mereka memiliki cawan suci dan mendeklarasikan perang terhadap asosiasi penyihir. Fate/Apocrypha bercerita tentang konflik antara dua kubu, yaitu Hitam dan Merah, dalam memperebutkan cawan suci.

Fate/Apocrypha ini bersumber dari novel ringan dan dianimasikan oleh studio A-1 Pictures sebanyak 26 episode yang tayang pada 2 Juli 2017 hingga 31 Desember 2017.

Fate/Extra: Last Encore

Fate/Extra: Last Encore merupakan adaptasi anime dari gim RPG Fate/Extra, bertempat di dunia alternatif di mana di bumi telah mengering. Fate/Extra: Last Encore bercerita tentang petualangan Hakuno Kishinami dan servantnya, Saber di Akademi Tsukumihara, tempat fiktif yang ada dalam lingkungan buatan yang disebut moon cell.

Fate/Extra: Last Encore diadaptasi oleh studio Shaft sebanyak 10 epsiode, tayang pada 28 Januari 2018 hingga 1 April 2018.

Fate/Prototype

Fate/Prototype merupakan sebuah OVA satu episode yang pada 31 Desember 2011. Diadaptasi oleh studio Lerche, Fate/Prototype besumber dari konsep awal cerita Fate/Stay Night yang ditulis oleh Kinoko Nasu  jauh sebelum Fate/Stay Night diserialisasikan.

Disini karakter utamanya adalah seorang perempuan bernama Ayaka Sajyou. Selain itu, Fate/Prototype juga memperlihatkan konsep awal karakter-karakter yang ada pada Fate/Stay Night, seperti servant Saber yang diperlihatkan sebagai laki-laki.

Emiya-san Chi no Kyou no Gohan

Emiya-san Chi no Kyou no Gohan adalah spin-off dari Fate/Stay Night yang berfokus pada masakan. Spin-off ini bergenre slice of life yang bercerita tentang bagaimana Emiyou Shiro mempersiapkan dan menghidangkan makan malam serta kehidupan beberapa karakter Fate/Stay Night dalam kedamaian.

Bersumber dari manga, anime diadaptasi oleh Ufotable sebagai ONA yang tayang pada 27 Desember 2017 dengan durasi sekitar 13 menit.

Panduan Menonton

Untuk mengikuti seri Fate sebenarnya cukup mudah. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menonton seri utamanya, yaitu Fate/Stay Night.

Kenapa harus Fate/Stay Night terlebih dahulu dan tidak prekuelnya, Fate/Zero? Hal ini karena cerita pada Fate/Zero berasumsi bahwa penontonnya telah memiliki pengetahuan tentang seri Fate dan membuat Fate/Zero melompati segala penjelasan tentang bagaimana sistem Holy Grail War bekerja. Selain itu Fate/Zero juga akan memberikan beberapa bocoran tentang peristiwa yang akan terjadi pada Fate/Stay Night.

Seperti yang kalian ketahui, Fate/Stay Night terbagi menjadi tiga rute, oleh karena itu pertama kalian harus menonton Fate/Stay Night (2006) adaptasi dari studio Deen. Hal tersebut untuk memberikan gambaran bagaimana cerita Fate berputar pada Holy Grail War (Perang Cawan Suci).

Lalu kalian dapat melanjutkannya ke Unlimited Blade Works, adaptasi Ufotable. Karena sudah menonton Fate/Stay Night (2006), setidaknya kalian sudah mendapat gambaran bagaimana isi cerita di dalamnya. Kalian juga dapat menonton yang versi filmya jika kalian mau, tapi tidak di haruskan, karena seri TV-nya memberikan penceritaan yang lebih baik.

Selanjutnya anda dapat lanjut ke Fate/Zero. Kenapa tidak lanjut ke Heaven’s Feel? Sebenarnya hal itu dapat dilakukan, akan tetapi adaptasi Heaven’s Feel masih tergolong baru dan belum semuanya teradaptasi. Tapi tentu saja kalian tetap dapat lanjut ke Heaven’s Feel jika kalian mau.

Selain menonton, kalian juga memiliki pilihan untuk memainkan visual novelnya dan menyelesaikan ketiga rutenya sebelum melanjutkannya ke Fate/Zero.

Setelah mengikuti seri utamanya, kalian dapat menjelajah seri Fate lainnya. Tidak ada urutan khusus untuk mengikuti spin-off dan cerita alternatif lainnya, yang kalian perlukan hanyalah pengetahuan dari seri utamanya dan sipnosis dari seri yang ingin kalian tonton.

Secara singkat ini rekomendasi urutan untuk mengikuti seri Fate

Seri Utama

  1. Fate/Stay Night (2006)
  2. Fate/Stay Night Unlimited Blade Works (Ufotable)
  3. Fate/Stay Night Heaven’s Feel
  4. Fate/Zero

Spin-off dan cerita alternatif

  • Fate/kaleid liner PRISMA☆ILLYA
  • Fate/ Grand Order: First Order
  • Fate/Apocrypha
  • Fate/Extra: Last Encore
  • Fate/Prototype
  • Emiya-san Chi no Kyou no Gohan

Kesimpulan

Itulah penjelasan seri Fate yang sudah mendapatkan adaptasi anime serta panduan untuk cara mengikutinya. Seri Fate memang memiliki lore yang dalam. Jadi jika kalian menyukai seri ini, kalian dapat menjelajahinya lebih dalam lagi dengan berbagai media seperti visual novel, novel ringan, gim, manga, pada franchise Fate.

Tulisan ini adalah opini pribadi dari penulis, tidak mencerminkan pandangan umum Risa Media. Penulisan oleh Allen Saputra.

 

Aji Kurniawan Saputra

Tinggalkan Balasan