Menonton Konser Love Live! dari Sisi Seorang AwamDibutuhkan waktu 4 menit untuk membaca artikel ini

Penulis mendapatkan kesempatan untuk menonton konser "Aqours 5th LoveLive! ~Next SPARKLING!!~" oleh komunitas "Love Live! School Idol Project" Indonesian Nakama.

Bayangkan apabila Anda diberikan kesempatan untuk menonton sebuah konser dari grup idola yang sama sekali tidak pernah Anda dengarkan lagunya. Ya, itulah yang penulis alami pada hari Sabtu (6 Juli 2019) kemarin.

Pada hari Kamis (4 Juli 2019), penulis dihubungi oleh salah satu tim redaksi untuk menonton konser Love Live! “Aqours 5th LoveLive! ~Next SPARKLING!!~” pada hari Sabtu (6 Juli 2019) di CGV Grand Indonesia.

Mulanya penulis berpikir karena secara pribadi jarang mendengarkan semua lagu dari grup Love Live! (bahkan hingga Sunshine!! sekali pun) dan takut akan “diasingkan” karena bukan bagian dari mereka. Namun, penulis tetap memberanikan diri untuk ikut demi mencari tahu lebih dalam mengenai Love Live! secara keseluruhan.

Hari H

Setelah tiba di CGV Grand Indonesia, penulis bertemu dengan seseorang yang bernama Rio Vitoni. Ia merupakan anggota dari komunitas “Love Live! School Idol Project” Indonesian Nakama dan ternyata ia pula yang mengajak penulis untuk menonton konser bersama dengan anggota komunitas lainnya.

Ia juga sempat bercerita bahwa hidupnya mulai merasakan perubahan ketika dirinya mengenal Love Live! pada tahun 2013. Bahkan ia menyempatkan diri untuk mengikuti konsernya di Jepang secara langsung pada tahun 2019 ini.

Tak lama setelah bertemu dengan Rio Vitoni, penulis bertemu dengan beberapa anggota lainnya. Mereka semua sangat ramah dan terbuka terhadap orang lain di luar anggota komunitas. Bahkan penulis dipinjamkan light stick Aqours agar bisa ikut meramaikan konsernya.

Ketika sebagian besar anggota telah berkumpul, saatnya mereka membagikan tiket masuk. Penulis mendapatkan tempat duduk di bagian belakang dan Rio Vitoni di bagian terdepan. Awalnya agak ragu karena harus berkumpul dengan mereka yang tak penulis kenal, tetapi demi mendapatkan pengalamannya maka penulis tetap memberanikan diri.

Tiket konsernya (bukan milik penulis)
Tiket masuk menonton konser (dokumentasi pribadi)

Pada pukul 12.30 kami semua bergegas memasuki ruang bioskop untuk segera menonton konsernya. Ya, sebenarnya ini bukan menonton konser secara langsung, melainkan kami menonton rekaman dari konser yang sesungguhnya telah dilaksanakan pada 8-9 Juni 2019 di Metlife Dome, Saitama.

Lagu pertama yang dibawakan oleh Aqours dalam konser adalah Bokura no Hashiketta Michi wa… dan seketika itu pula semua penonton yang hadir langsung bersorak kegirangan. Penulis juga merasakan hal yang sama, meskipun sebelumnya tidak pernah mendengar lagu tersebut.

Setelah dua lagu lainnya yaitu Thrilling・One Way dan Aozora Jumping Heart, para pengisi suara dari karakter Aqours mulai memperkenalkan dirinya satu persatu. Penulis melihat hal yang menarik yaitu ketika semua penonton mengganti warna di light stick mereka ketika para pengisi suara bergantian berbicara. Sayangnya penulis tidak terlalu paham warna-warnanya, jadinya penulis melihat orang di sekitar dan sedikit bertanya kepada anggota komunitas.

Para penonton bersorak ketika idolanya bernyanyi.
Para penonton bersorak ketika idolanya bernyanyi.

Selama konser berlangsung, penulis cenderung lebih memilih untuk duduk dibandingkan berdiri seperti anggota lainnya. Bukannya tidak menarik, tetapi penulis canggung untuk berdiri dan bersorak seperti yang lain. Meskipun demikian, penulis tetap melambaikan light stick untuk meramaikan konsernya.

Ketika sedang intermission, penulis tidak merasa bosan karena diputarkan animasi singkat yang lucu dan menghibur. Setidaknya penulis bisa mengikuti sedikit momen seperti penonton yang lainnya.

Penulis menitikkan air mata ketika lagu Next SPARKLING!! dinyanyikan, dan semua penonton yang hadir juga ikut bersorak dengan kencangnya. Momen di mana semua pengisi suaranya mengakhiri konser dan layar menampilkan tulisan “Aqours” di pinggir pantai adalah momen terbaik menurut penulis.

Sebenarnya penulis bisa saja menangis karena itu sangat bagus, tetapi penulis memilih untuk menahannya.

Kesimpulan

Awalnya penulis berpikir bahwa sepanjang konser berlangsung akan diam dan tidak terbawa keseruan dari anggota komunitas (berhubung penulis jarang mendengarkan lagu dari serial Love Live!), tetapi pada akhirnya penulis merasakan emosi dari setiap penonton dan bahkan sampai menangis.

Meskipun mereka hanya menonton rekaman dari konser yang telah berlangsung, tetapi antusiasme semua anggota komunitas membuat penulis menjadi merasa kagum akan loyalitas mereka terhadap grup idola yang mereka cintai.

Semua orang yang penulis temui sangat terbuka dan sangat senang menjelaskan seluruh serial Love Live! (terkhusus serial Sunshine!!) kepada penulis. Mereka juga mengharapkan agar penulis mengikuti kegiatan seperti ini pada lain kesempatan bersama anggota komunitas.

Sehari setelah acara tersebut berlangsung, penulis mulai mencoba untuk mendengarkan lagu-lagu dari Aqours. Meskipun penulis lebih senang mendengarkan lagu mainstream, tetapi ini juga menjadi lagu wajib yang tak boleh ditinggalkan dalam daftar putar lagu penulis.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota komunitas “Love Live! School Idol Project” Indonesian Nakama yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk merasakan konser Aqours 5th LoveLive! ~Next SPARKLING!!~ secara langsung.

Semua anggota komunitas berfoto setelah konser usai.
Semua anggota komunitas berfoto setelah konser usai.
Penulis berfoto bersama dengan anggota komunitas.
Penulis berfoto bersama dengan anggota komunitas.

Semua dokumentasi (kecuali dinyatakan lain) berasal dari komunitas “Love Live! School Idol Project” Indonesian Nakama.

Tulisan ini adalah opini pribadi dari penulis, tidak mencerminkan pandangan umum Risa Media.


Bonaventura Aditya Perdana

Social Media Officer di CIAYO Comics, pengelola media sosial Wikipedia bahasa Indonesia.