[Review Corner] Harukana ReceiveDibutuhkan waktu 3 menit untuk membaca artikel ini

Sebuah anime yang menceritakan perjuangan Haruka Oozora dan Kanata Higa untuk meraih gelar juara di turnamen voli pantai

Hai hai Riscomrades! Selamat datang di rubrik terbaru Review Corner, di mana rubrik ini berisi ulasan-ulasan menarik, baik dari anime, manga maupun J-Pop. Edisi perdana Review Corner kali ini membahas tentang anime musim panas yang baru saja tamat, yaitu Harukana Receive. Sebelum memulai impresi akhir dari penulis tentang Harukana Receive secara keseluruhan ada baiknya membaca informasi singkat berikut ini.

Harukana Receive merupakan yang diadaptasi dari seri manga karya Nyoijizai. Harukana Receive pertama kali diterbitkan di situs seinen manga Houbunsha dan Manga Time Kirara FowardAdaptasi animenya ditayangkan dari Juli hingga September 2018, dengan Toshiyuki Kubooka sebagai sutradara dan Touko Machida sebagai penulis.

Harukana Receive bercerita tentang Haruka Oozora yang pindah ke Okinawa dan tinggal bersama sepupunya, Kanata Higa. Haruka yang memiliki tubuh yang atletis mencoba berbagai aktivitas, seperti berenang maupun menyelam, tetapi olahraga yang menarik baginya adalah voli pantai. Haruka mengajak Kanata untuk membentuk tim, namun Kanata sendiri kurang percaya diri karena tubuhnya yang mungil.

Karakter

Haruka Oozora (CV: Yuki Kana) merupakan siswi SMA yang pindah ke Okinawa karena pekerjaan orang tua. Secara fisik ia memiliki tubuh yang tinggi dan atletis. Sementara untuk teknik, ia memiliki pukulan smash yang mematikan, jump serve yang bagus, ketepatan waktu saat memblok bola lawan yang pas bahkan berani mencoba top spin.

Kanata Higa (CV: Saki Miyashita) merupakan sepupu dari Haruka Oozora. Ia pernah mengikuti kompetisi voli pantai bersama Narumi Tooi, namun ia memilih berhenti dari dunia bola voli sebelum akhirnya aktif bermain lagi dengan rekan barunya, Haruka Oozora. Meski tubuhnya tidak terlalu tinggi, ia memiliki teknik pokey, yaitu melakukan tip bola dengan jari telunjuk dan jari tengah.

Claire Thomas (CV: Atsumi Tanezaki) merupakan kakak kembar dari Emily Thomas. Dia tergolong sangat ceria, suka bercanda dan peduli dengan teman-temannya. Dalam lapangan, ia dikenal dengan spike yang mematikan dan stamina yang luar biasa.

Emily Thomas (CV: Rie Suegara) merupakan adik kembar Claire Thomas. Sifatnya bertolak belakang dengan kakaknya, yaitu selalu menasihati Claire agar tidak berbuat sesuatu yang konyol. Tetapi di dalam lapangan, Claire bekerja keras dalam hal bertahan dan selalu memberikan bola kepada Claire agar bisa melakukan spike yang keras.

Akari Oshiro (CV: Chisa Kimura) merupakan gadis yang ingin menjadi pemain bola voli pantai agar bisa terkenal seperti sebelumnya. Ia sudah terlebih dahulu terkenal melalui iklan produk minuman lokal dan ingin lebih terkenal lagi lewat voli pantai, namun ia gagal menguasai teknik dasar bola voli pantai. Ia justru diterima sebagai manajer tim bola voli pantai. Dia memiliki sisi tsundere dan pemalu saat Claire mengingatkannya tentang berpartisipasi dalam sebuah iklan produk minuman lokal.

Alur Cerita

Harukana Receive memilih genre olahraga sebagai pakem utama dalam membawakan ceritanya. Anime tersebut menekankan cerita ringan yang mudah dipahami, sekaligus memberikan pengetahuan seputar olahraga voli pantai.

Perjalanan duo HaruKana dimulai dari Haruka Oozora yang tertarik pada voli pantai dan mulai melakukan latihan-latihan dasar. Setelah semuanya siap, kekompakan dari Haruka dan Kanata diuji melalui kompetisi tingkat junior. Perlahan tapi pasti, kerja keras mereka mempertemukannya dengan duet maut Thomas Bersaudara (Emily dan Claire) yang ulung dan difavoritkan di final. Partai puncak ini menjadi salah satu daya tarik penulis, menyuguhkan permainan yang sangat ketat dan lebih atraktif. Hasilnya berbuah manis. Haruka dan Kanata menjadi pemenang dalam pertandingan tersebut.

Cerita ini memberikan gambaran kepada kita, bahwa menguasai permainan voli pantai butuh latihan rutin dan kerjasama yang baik antara anggota tim. Jika semuanya dijalankan dengan baik, lawan unggulan pun bisa takluk dibuatnya.

Grafis

Grafis dari Harukana Receive terlihat penuh warna. Eksekusi pengambilan gambar pergerakan bola voli cukup baik, pemandangan dari tepi laut sangat bagus. Meskipun demikian, ada beberapa kekurangan pada perwarnaan, lebih tepatnya di bagian mata Kanata Higa. Secara keseluruhan, anime ini memiliki grafis yang cukup bagus.

Kesimpulan

Anime ini cocok untuk para penonton anime yang memiliki ketertarikan dengan voli pantai. Ceritanya yang ringan, menyuguhkan permainan-permainan yang atraktif dan menarik sekaligus pengetahuan mengenai permainan voli pantai.

Tulisan ini adalah opini pribadi dari penulis, tidak mencerminkan pandangan umum Risa Media. Penulisan oleh Deni Karisma.

Deni Karisma

Penggemar musik Jepang dan anime 🙂

Tinggalkan Balasan