Saya Mencoba Membuat Waifu di WaifuLabs, lalu Masuk ke CUSTOM ORDER MAID 3D2Dibutuhkan waktu 4 menit untuk membaca artikel ini

Selesai sudah malam-malam penuh kesepian!

Setelah insiden #BlackOut yang menyerang Jakarta dan sekitarnya pada 4 Agustus kemarin usai, secara otomatis news feed facebook pribadi milik saya melakukan refreshPost yang berada di paling atas adalah share dari teman saya yang menunjukkan satu foto cewek anime yang cukup imut.

Tapi yang menarik perhatian saya sesungguhnya bukanlah ceweknya, melainkan caption yang terdapat pada postingan tersebut.

“Generate your waifu with waifulabs.com and post a picture of her in the comments”

APA!? WAIFU GENERATOR!?

Saya sebagai seorang (mantan) wibu, merasa sudah selayaknya untuk mencoba situs baru ini. Lalu, bagaimana pengalaman membuat waifu yang sesuai dengan selera pribadi ini?

Cukup menyenangkan!

Mereka yang Berada di Balik WaifuLabs!

Program menarik ini merupakan hasil kerja keras sekumpulan Mahasiswa dan teman-temannya. Mereka yang menamakan diri sebagai Sizigi Studios ini bermarkas di San Francisco.

Pada awalnya, WaifuLabs merupakan sebuah booth kecil di bagian Artist Alley pada event AnimeExpo, salah satu even anime terbesar di Amerika Serikat. Berbeda dengan WaifuLabs versi online, WaifuLabs versi booth menawarkan sesuatu yang unik: sertifikat adopsi waifu.

Ya, beneran.

Selain itu, untuk bisa mencoba Waifu Vending Machine tersebut, pengunjung event harus mengeluarkan uang sekitar $5 (Rp71.000). Hal ini dikarenakan mereka mengambil konsep artist commission, seperi yang sering kita jumpai di Comifuro *uhuk* dan beberapa event lokal lainnya!

Bedanya, alih-alih ada artist yang secara langsung menggambar, commission kita dikerjakan oleh AI.

Kalian bisa membaca lebih lanjut tentang hal-hal teknis dan pengalaman mereka selama berada di AnimeExpo melalui postingan blog mereka si sini.

Sekarang, waktunya saya mencoba membuat waifu!

Mari Membuat Waifu!

Setelah selesai loading, saya disambut dengan kalimat pengantar dari Sizigi Studios selaku developer dari WaifuLabs. Kita bisa mampir ke postingan blog dari mereka, atau langsung saja lanjut membuat waifu kalian.

Tanpa lama menunggu, saya langsung klik [Meet your dream waifu], yang setelah itu disambut dengan tutorial pendek tentang bagaimana cara menggunakan website ini. Pada dasarnya cukup mudah, langkah pertama adalah memilih template yang paling kita suka.

Disini saya memilih perempuan berambut hitam pendek sebagai dasar dari waifu yang saya inginkan. Setelah itu, saya diminta untuk memilih color palette yang saya inginkan — yang pada dasarnya berguna untuk mengubah warna rambut, mata, kulit, dan lain-lain.

Saya memilih warna rambut yang terang, sekaligus merubah warna matanya menjadi biru. Setelah itu, saya diberi pilihan untuk merubah model rambut, pakaian, dan lain-lain. Saya juga bisa memberikan macam-macam aksesoris di tahap ini.

Sempurna! Waifu saya sudah selesai! Di tahap terakhir ini, saya diminta untuk memilih pose dan penyempurnaan dari desain waifu yang saya inginkan.

Selesai! Setelah sampai di tahap terakhir ini, saya diberi pilihan apakah mau membeli cover bantal maupun poster dari waifu yang telah saya buat ini. Sayangnya, mereka cuma menyediakan pengiriman ke Amerika Serikat, Kanada, dan Jepang _| ̄|○.

Di sini saya juga bisa klaim waifu saya dengan binding mereka ke email pribadi, jadi setiap kali saya pergi ke WaifuLabs.com, saya akan melihat waifu yang telah saya buat sebelumnya.

Da~an, selesai sudah perjalanan kita membuat waifu! Apakah kalian tertarik juga untuk mencoba sendiri? Langsung saja pergi ke WaifuLabs.com!

Tapi… Saya belum puas. Saya ingin melakukan hal “lebih” dengan waifu yang baru saja saya buat. Disinilah saya tiba-tiba mempunyai ide brilian.

Hehe, boi.

Selamat Datang di Empire Club!

CUSTOM ORDER MAID 3D2 (COM3D2), atau yang saya sebut sebagai [email protected] adalah eroge yang rilis pertama kali pada 23 Februari 2018 secara eksklusif di Jepang. Satu tahun setelah itu, akhirnya KISS melalui S-Court merilis gim ini untuk pasar internasional melalui Steam, S-Court, dan satu portal lainnya yang tidak akan saya sebut namanya.

Saya sendiri sebagai orang yang telah berdosa membajak beberapa seri sebelumnya, merasa bertanggung jawab untuk membeli versi original nya sebagai penebus dosa. Akhirnya setelah rilis di Steam pada 31 Juli 2019 kemarin, saya secara langsung membelinya.

Protip: Apabila kalian membeli COM3D2 sebelum tanggal 6 Agustus 2019, kalian akan mendapatkan diskon 10%. Selain itu, karena kita tinggal di Indonesia, sistem Regional Pricing Steam memberikan kita harga spesial! Hanya Rp169.999 Rupiah saja! (sebelum diskon).

Kalian bisa langsung pergi ke halaman Steam nya di [SINI].

Cukup basa-basi, mari kita buat Hikari di dalam COM3D2!

Ah sial, imut.

Serunya COM3D2 adalah, kalian akan mendapatkan rute cerita khusus kepada maid yang kalian buat. Dan semakin sering kalian komunikasi dengan maid tersebut, kalian bisa semakin dekat dengan mereka.

Saya nggak akan banyak berbagi apa saja yang akan ada di dalam COM3D2, tapi rencana saya untuk membuat base karakter di WaifuLabs untuk kemudian diadaptasi di dalam COM3D2 cukup sukses! Mungkin kedepannya akan lebih gampang seperti ini daripada membuat karakter dari nol di dalam COM3D2.

Dengan ini selesai sudah perjalanan kita di WaifuLabs dan COM3D2! Apakah kalian tertarik juga untuk mencoba COM3D2? Kalau iya, langsung saja kalian beli gim ini melalui link [INI], dan ingat, apabila kalian membelinya sebelum 5 Agustus 2019, kalian akan mendapatkan diskon sebesar 10%!

Sampai bertemu di lain kesempatan!


Andrian Vidano

Blogger | Gamer | Metal Gear Solid / KojimaPro Freak | Pro Wrestling Fan | Doll Owner | ID/EN/JP おK!