[Vtuber Corner] Benarkah Kizuna Ai Orisinil Akan Digantikan Oleh Para Kloningannya?Dibutuhkan waktu 6 menit untuk membaca artikel ini

Kizuna Ai Orisinil makin jarang tampil seiring mulai makin seringnya #2 (Kizuna Ai Onee-san) dan #3 (Kizuna Ai Imouto). Benarkah Kizuna Ai orisinil akan menghilang, digantikan oleh para kloningannya?

Sejak peluncuran album rilisan terbaru Kizuna Ai yang berjudul “Sky High”, kemunculan suara asli Kizuna Ai perlahan mulai berkurang dan digantikan oleh para juniornya yang merupakan kloning dari Kizuna Ai sendiri.

Awalnya banyak yang percaya bahwa Kizuna Ai sedang sibuk mempersiapkan kejutan untuk event menarik lainnya, sehingga para kloningan yang merupakan junior dari Kizuna Ai mulai mengisi konten di kanal miliknya. Hal tersebut dilakukan agar sosok Kizuna Ai tetap hadir dan dapat menghibur para penggemarnya.

Namun, dari desas-desus yang beredar… Benarkah demikian?

Latar Belakang Masalah

Kizuna Ai adalah Vtuber terbesar dengan jumlah subscriber terbanyak untuk kategori Vtuber. Ia bernaung di bawah upd8 (dibaca “update”), sebuah perusahaan yang dibangun pada 31 Mei 2018 dengan perusahaan induk Activ8 (dibaca “activate”), yang merupakan perusahaan untuk mendukung proyek bisnis di bidang Virtual Youtuber.

Kizuna Ai telah memiliki lima avatar yang merupakan kloningan dirinya sendiri, termasuk Kizuna Ai (asli), #2, dan #3. Selain itu, ada Kizuna Ai (Black) dan Kizuna Ai versi Tiongkok.

Seiyuu untuk avatar Kizuna Ai (asli) sama dengan Kizuna Ai Black. Namun, untuk #2, #3, dan Kizuna Ai Tiongkok tidaklah sama.

Kizuna Ai Black terakhir muncul dengan membawakan cover lagu spirit of the sea, detilnya dapat Anda baca di sini.

Kizuna Ai Tiongkok tidak begitu dipermasalahkan oleh penggemarnya karena penampilannya dan bahasa yang ia gunakan (bahasa Mandarin) sangat berbeda dengan Kizuna Ai yang asli.

Namun, yang menjadi masalah adalah kehadiran #2 dan #3. Awalnya para fans melihat kehadiran #2 dan #3 untuk mengcover kesibukan Kizuna Ai yang asli, sehingga kanal YouTube Kizuna Ai tetap bisa aktif.

Berdasarkan desas-desus yang beredar, ada sebuah kepentingan dari perusahaan untuk menggantikan Kizuna Ai yang asli dengan #2 dan #3 secara perlahan. Diasumsikan pihak direksi ingin avatar Kizuna Ai bisa independen dari seiyuu Kizuna Ai. Bisa saja Kizuna Ai yang asli jatuh sakit, atau berhenti dari pekerjaannya, siapa yang tahu.

Berawal Dari Sebuah Diskusi Wacana Konten Khusus

Pada tanggal 25 Mei 2019, berawal dari video <キズナアイが4人いるって言ったら信じますか? #1>, Kizuna Ai mengusulkan konsep akan apa yang terjadi kalau ada 4 kloningan dari dirinya sendiri.

Dalam video tersebut, Kizuna Ai berbicara tentang Apa yang akan terjadi jikalau “Kizuna Ai menjadi memperbanyak diri (Kloning)”, “Berbagai macam peran suara dari Kizuna Ai”, “Mempertanyakan eksistensi Kizuna Ai” dan lain-lainnya. Hal ini membuat para fans berdiskusi akan maksud yang ingin disampaikan melalui seri konten yang terkesan unik tersebut.

Pada tanggal 9 Juni 2019, video <【検証】2人のキズナアイはクイズで同じ回答が出来るのか?> terbit. Untuk pertama kalinya, Kloningan Kizuna Ai #2 memulai debutnya bersandingan dengan Kizuna Ai asli. Begitu pula di Video <キズナアイ VS キズナアイ 【マリオカート8 DX】> dimana Kizuna Ai dan kloningnya #2 main Mario Kart bersama, namun dari situ kemunculan Kizuna Ai orisinil mulai berkurang hingga akhirnya menghilang.

Sementara itu Kizuna Ai #3 mulai lebih sering ambil bagian. Video pertamanya terbit 11 Juli dan debut iklan pertamanya pada tanggal 25 Juli 2019.

Iklan Pertama Kizuna Ai #3

Salah satu opini yang beredar kalau proyek ini dilakukan untuk mengurangi beban kerja Kizuna Ai orisinil yang pamornya sudah semakin melejit dan semakin sibuk, sehingga Kizuna Ai orisinil bisa mendapatkan istirahat yang cukup. Namun insiden yang terjadi pada tanggal 30 Juni 2019, tepatnya pada perayaan ulang tahun Kizuna Ai sendiri cukup menuai kontroversi di kalangan para penggemarnya. Adapun pengakuan dari Kizuna Ai orisinil sendiri yang mengatakan bahwa dirinya menyetujui proyek bagi tugas dengan kloning ini. Kizuna Ai menyatakannya dengan nada hampir menangis. Beberapa mungkin mengatakan itu adalah tangis bahagia, namun dengan beredarnya rumor yang terjadi sekarang, para penggemar lebih menduga kalau dirinya menyetujui proyek tersebut dengan terpaksa karena tekanan. (Videonya bisa dilihat di sini)

 

Jeritan Tersembunyi Kasuga Nozomi

Kontroversi tersebut mereda, namun pada malam 26 Juli 2019. Fans menemukan sebuat twit yang dikeluarkan oleh Kasuga Nozomi. Para penggemar yakin kalau Kasuga Nozomi adalah pengisi suara dari Kizuna Ai yang asli.

 

Banyak hal yang terjadi! Semuanya menjadi sulit!

Aku suka Ramen!

Apa yang dapat kau lakukan adalah mengerjakan tugas yang diberi Apa yang dapat kau lakukan adalah merentangkan tanganmu sejauh mungkin.

Meskipun begitu, aku ingin melakukan yang terbaik dan itu penting untuk diriku, jadi apapun yang terjadi aku akan terus maju.

Aku suka ramen!

Ramen! Ramen!

Aku tidak ingin kalah dan disingkirkan oleh para idiot dan orang dewasa jahat, ataupun jatuh menjadi rendah bersama mereka. percaya dengan apa yang kamu lihat dan rasakan.

Aku mungkin tidak selalu melakukan dengan benar, namun selama aku bisa mencoba, percaya dengan hubungan antara orang. Aku akan berusaha sebaik mungkin untuk bertahan demi diriku sendiri dan konten milikku.

Aku pasti bisa! Yeah!

Aku aka berusaha sekali lagi setelah aku masuk kantor.

Saat artikel ini ditulis, twit tersebut telah dihapus. Untungnya, ada penggemar yang berhasil mengabadikannya. Alhasil, twit tersebut menunjukkan bahwa ada yang lain dari proyek kloningan tersebut. Peristiwa ini juga bertepatan hari dimana Kizuna Ai #3 memulai debut menjadi bintang iklan dan memulai gim live pertamanya. Kemungkinan besar pula, Kizuna Ai Orisinil dipaksa untuk menyetujui rencana tersebut. Namun tidak ada bukti yang dapat menguatkan kejadian ini.

Lirik Lagu Yang Mencurigakan

Petunjuk selanjutnya kemudian ditemukan dalam lagu rilisan Kizuna Ai terbaru, Sky High. 

Sang orisinil telah tertidur (Lirik YouTube)
Dari Gene yang diwariskan tersebut
Meski itu bukan diriku, tak mengapa.

Lirik dari BiliBili sudah dihapus cepat. Mulai dari situ, para fans Kizuna Ai Orisinil mulai bertindak dan menanyakan kabar dan keadaan Kizuna Ai orisinil melalui Bilibili, Twitter dan YouTube di akun official Kizuna Ai.

Saat para penggemar semakin khawatir, Seiyuu yang dianggap sebagai Kizuna Ai Orisinil, Kasuga Nozomi membuat dua Tweet baru yang dipercaya untuk menenangkan para penggemar Kizuna Ai Orisinil.

Kalian nampak khawatir, Kasuga sedang kerja, aku sedang kerja keras seperti biasanya.

 

Aku akan tetap aktif bertahun-tahun kemudian, Tunggu aku!

Diduga Rilis Konten Cadangan Untuk Menenangkan Para Fans

Mendapat tekanan dan dan tuduhan bahwa Kizuna Ai orisinil akan “dihilangkan”. Kizuna Ai orisinil kembali tampil, namun diduga rilisan tersebut adalah konten cadangan yang mungkin sudah lewat hype-nya. Namun dapat diakui, strategi tersebut dapat menenangkan beberapa fans sehingga merasa bahwa Kizuna Ai Orisinil telah kembali. Namun banyak juga fans yang menuduh kalau konten rilisan tersebut adalah konten cadangan.

Hal ini sedikit terlihat pada model 3D Kizuna Ai yang terbaru terlihat berbeda antara #2 dan #3 sementara Kizuna Ai orisinil masih menggunakan model 3D lama. (sayangnya tidak ada penjelasan resmi mengenai model baru tersebut.)

#3 Mulai Diserang Penggemar

Tidak adanya informasi resmi mengenai Kizuna Ai Orisinil membuat para penggemar mulai menyerang Kizuna Ai #3. Serangan tersebut pertama kali muncul saat Kizuna Ai #3 memulai live kedua dalam bermain gim pada tanggal 31 July 2019. Dalam komentar chat, dirinya disebut sebagai Fake (Palsu) dan mayoritas penyerang berasal dari Tiongkok.

Mereka yang menonton Kizuna Ai mulai terbelah menjadi beberapa golongan: Golongan yang mendukung proyek kloningan ini, mendukung Kizuna Ai Orisinil, merundung Kizuna Ai #3, memprotes mereka yang menjalankan proyek kloningan ini, dan juga golongan yang menyatakan bahwa Kizuna Ai #2 dan #3 hanyalah korban korporasi.

 

Penutup

Hingga saat ini, belum ada pengumuman resmi dari pihak Kizuna Ai. Artikel ini merupakan laporan kronologis dan desas-desus yang terjadi dalam lingkaran penggemar Kizuna Ai. Risa Media akan terus memperbarui informasi terkait kasus ini.

Bagi sebagian orang, Kizuna Ai dan seiyuu aslinya adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Meskipun demikian, hal ini bukanlah jadi alasan untuk menyerang Kizuna Ai #2 dan #3. Apapun yang terjadi nantinya, kita semua hanya bisa berserah dan berharap. Semoga ditemukan keputusan yang dapat menjadi jalan tengah bagi kepentingan korporat, ketiga Kizuna Ai, dan penggemar.

Mengutip karya orang, sebuah karya tetaplah abadi. Sayangnya, orang yang terlibat di dalamnya tidak. Tak terkecuali Kizuna Ai.

Sumber: Bilibili forum, Kizuna Ai Clip, YoutubeSokuhou0

Tulisan ini adalah opini pribadi dari penulis, tidak mencerminkan pandangan umum Risa Media. Penulisan oleh Kikitondo.


Kikitondo

Virtual Youtuber Observer| Content Writer | Self Proclaimed Story Writer | Mild Otaku |