[Vtuber Corner] Kizuna Ai Asli Kembali!Dibutuhkan waktu 3 menit untuk membaca artikel ini

Lama bungkam tanpa kabar, pengisi suara pertama Kizuna Ai Kembali melalui siaran langsung di kanal YouTube miliknya. Pihak perusahaan pun akhirnya merilis pernyataan resmi mengenai vakumnya pengisi suara pertama Kizuna Ai.

Pada tanggal 16 Agustus lalu,K Ai mengadakan live streaming di kanal miliknya. Meskipun demikian, polemik hilangnya pengisi suara Kizuna Ai pertama masih bergaung (info lebih lanjut bisa lihat di artikel ini). Kolom komentar siaran langsung masih menuntut agar pengisi suara pertama Kizuna Ai bisa kembali. Siaran langsung tersebut dikejutkan dengan kehadiran pengisi suara Kizuna Ai yang asli. Saking terkejutnya (atau mungkin karena adanya masalah teknis) chat siaran langsung Kizuna Ai langsung freeze untuk beberapa detik, tepatnya saat Kizuna Ai menyapa para fansnya seakan sedang mengagetkan para penggemarnya dengan kata ‘Baaa’. Kizuna Ai sendiri terlihat kaget melihat kejadian tersebut sembari cekikikan.

Dalam siaran langsung tersebut, Kizuna Ai juga menjelaskan alasan kenapa dirinya hilang tanpa alasan yang jelas. Dengan gaya penjelasan yang jenaka, Kizuna Ai menyatakan bahwa dirinya amat disibukkan dengan kegiatan latihan menari dan menyanyi untuk persiapan event Summer Sonic yang akan dilaksanakan pada 18 Agustus 2019. Oleh karena itu, para juniornya (Kizuna Ai #2 dan #3) mengambil alih beban kerja Kizuna Ai. Lebih lanjut, Kizuna Ai meminta maaf telah merepotkan banyak pihak serta berterima kasih kepada para penggemarnya yang telah mengkhawatirkan dirinya. Ia berjanji akan kembali membuat konten video usai konsernya di Summer Sonic nanti.

Pernyataan Resmi Mengenai Kizuna Ai Oleh Activ8

Berselang sehari dari siaran langsung kemunculan kembali pengisi suara asli Kizuna Ai. Pihak perusahaan yang menaungi Kizuna Ai, Activ8, akhirnya merilis pernyataan resmi mengenai keadaan Kizuna Ai. Salah satu pengguna Twitter yang yang fasih berbahasa Inggris serta Bahasa Jepang menerjemahkan pernyataan tersebut.

Inti dari Pernyataan tersebut menyatakan bahwa Kizuna Ai pertama akan berbagi tugas dengan #2 dan #3, di mana Kizuna Ai Pertama akan fokus di bidang produksi musik. Sementara itu, Kizuna Ai #2 dan #3 akan lebih fokus dalam pembuatan konten video di kanal YouTube.

Reaksi Para Penggemar

Reaksi para penggemar dari Vtuber Kizuna Ai cukup beragam. Beberapa dari mereka senang karena Kasuga Nozomi, pengisi suara yang dipercaya sebagai Kizuna Ai pertama, masih memiliki kesempatan untuk tetap ada menjadi pengisi suara Kizuna Ai. Mereka tetap percaya kalau Kasuga Nozomi adalah pengisi suara dari Kizuna Ai pertama.

Beberapa diantara mereka bahkan percaya bahwa kembalinya dirinya merupakan kemenangan dari kegigihan Kasuga Nozomi yang ingin tetap bertahan. Tentunya hal ini tidak memiliki bukti yang kuat hanya konspirasi semata.

Namun beberapa dari penggemar masih belum puas dengan perlakuan yang diterima oleh Pengisi suara pertama Kizuna Ai, karena melihat Peran dari Kizuna Ai makin dipangkas demi kepentingan perusahaan yang ingin memperluas jangkauan IP (Intelectual Property) dari Kizuna Ai. Kurang lebih, mengurangi peran utama dari pengisi suara pertama Kizuna Ai pertama dalam andil arah perkembangan IP Kizuna Ai dalam perusahaan.

Akhir Kata

Kemunculan pengisi suara Kizuna Ai asli mematahkan segala tuduhan bahwa pengisi suara Kizuna Ai yang asli akan didepak oleh Activ8. Para pengisi suara akan saling berbagi tugas dalam menjalankan channel Kizuna Ai dan tidak overwork.

Meski banyak juga pihak yang kecewa karena Kizuna Ai tidak lagi mendapat peran utama dalam kanal miliknya sendiri, kita bisa setuju bahwa pengisi suara asli yang membuat Kizuna Ai sendiri menjadi besar dan tenar, tetap hadir menghibur para penggemarnya. Dengan demikian,  fanart Kizuna Ai di bawah tidak lagi relevan dengan desas-desus yang ada.

Gambar Fan Art oleh “DrAnbu”
Sumber Reddit, Live Stream Kizuna Ai, Twitter, BiliBili


Kikitondo

Virtual Youtuber Observer| Content Writer | Self Proclaimed Story Writer | Mild Otaku |