[Vtuber Corner] Klasifikasi Sisi Virtual YouTuber: Eksklusif dan MerakyatDibutuhkan waktu 6 menit untuk membaca artikel ini

Apakah kalian suka dengan sesuatu yang berharga karena keeksotisannya... atau kalian lebih suka dengan sesuatu yang selalu terasa dekat?

Setahun telah berlalu dan Vtuber Indonesia sudah semakin banyak mengikuti tren yang disebarkan oleh Vtuber kenamaan Kizuna Ai. Berdasarkan informasi yang didapatkan dari konten Vtuber Ipo-chan, lebih dari 33 Vtuber Indonesia yang telah meramaikan jagat dunia maya dengan konten-konten miliknya yang utamanya disebarkan ke khayalak umum melalui YouTube. Jumlah tersebut terus bertambah dengan munculnya beberapa Vtuber baru serta mulai aktifnya Vtuber-Vtuber yang menyebarkan teaser-nya.

Dari semua Vtuber yang telah hadir meramaikan jagat Vtuber Indonesia, kita bisa melihat aktivitas dari Vtuber ini dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis Vtuber, yaitu Vtuber Eksklusif dan Vtuber Merakyat. Klasifikasi ini lahir berdasarkan gambaran dari sikap serta perilaku Vtuber tersebut yang mencitrakan dirinya kepada para penggemarnya. Apa sajakah poin-poin pembeda antara Vtuber Ekskusif dengan Vtuber Merakyat?

1. Nilai dari Vtuber Eksklusif dan Keterjangkauan Vtuber Merakyat

  • Vtuber Eksklusif

Vtuber yang mengambil gaya dan kebijakan untuk mencitrakan dirinya sebagai Vtuber yang eksklusif akan terkesan sulit untuk dijangkau dan hanya dapat berinteraksi dengan para penggemarnya pada beberapa kesempatan terbatas dan khusus saja (misalnya saat melakukan konten siaran langsung).

Umumnya, hal ini disebabkan Vtuber Eksklusif memiliki afiliasi dengan perusahaan besar yang menjadi pihak penyokong utama Vtuber tersebut, sehingga dirinya cukup terbatasi karena harus mengikuti kebijakan dari pihak yang menyokong dirinya, termasuk memenuhi permintaan yang telah ditetapkan oleh pihak penyokong Vtuber eksklusif tersebut. Kalaupun Vtuber Eksklusif memiliki akun media sosial,  umumnya isi konten mereka lebih berupa pengumuman, pemberitahuan jadwal event, dan kegiatan Vtuber itu sehari-hari. Hal ini biasanya terjadi dikarenakan kesepakatan dari manajemen (dan produser) yang menaungi Vtuber tersebut, meski ada juga Vtuber independen yang membatasi interaksi tersebut terlepas dari afiliasinya dengan pihak penyokong yang menjadi patron. Pada intinya, hal ini dilakukan untuk menjaga privasi dan identitas dibalik Vtuber itu sendiri.

Adapun alasan memilih citra eksklusif adalah untuk membuat nilai (value) Vtuber tersebut menjadi tinggi karena tidak sembarang orang bisa melakukan interaksi dengan Vtuber idolanya dan hal ini dapat dilihat sebagai peluang ekonomi bagi mereka yang bisa memanfaatkan nilai tinggi yang dimiliki Vtuber tersebut.

Maya Putri, Kizuna Ai, Kaguya Luna, Nekomiya Hinata dan banyak Vtuber Jepang masuk dalam kategori ini.

  • Vtuber Merakyat

Vtuber yang merakyat adalah kebalikan dari Vtuber Eksklusif. Vtuber Merakyat secara suk arela hadir di kalangan para penggemarnya dan berinteraksi dengan para penggemarnya tanpa harus dikekang dalam kondisi hanya hadir dan berinteraksi pada saat-saat yang telah ditentukan. Umumnya, para Vtuber tersebut memiliki sebuah forum interaksi yang aktif seperti Discord atau berinteraksi secara langsung melalui laman penggemar Facebook atau akun sosial media pribadi milik mereka seperti akun pribadi Facebook dan Twitter.

Kesan keterjangkauan dan kedekatan bersama para penggemarnya membuat Vtuber Merakyat mudah dikenal dan memberikan stimulus untuk mengundang penggemar baru karena dapat berinteraksi dengan mereka. Citra menjadi Vtuber Merakyat merupakan citra yang cukup populer di kalangan Vtuber baru dan independen agar mereka mampu untuk terus dekat dengan para penggemarnya.

Vtuber Clarra Charlone, kawanan Tricukla, Kalyca dan Evelyn, termasuk dalam kategori ini.

2. Keuntungan Masing-Masing Sisi Citra

Vtuber Eksklusif

  • Pengisi Suara Sang Vtuber Bisa Lebih Rileks Menjaga Privasi Pribadi

Berkat menjaga citranya menjadi Vtuber Eksklusif, pengisi suara dari Vtuber tersebut dapat menjamin privasi dan identitas dirinya sehingga membuat identitasnya di dunia nyata tidak terusik. Vtuber Eksklusif juga tidak begitu terganggu bila ada penggemarnya yang berusaha memberikan masukan yang mengganggu dan bersifat memaksa. Mereka tidak perlu merasa tertekan karena mengabaikan permintaan tersebut dengan risiko menyakiti perasaan sang penggemar yang dapat mempengaruhi citra Vtuber tersebut.

  • Nilai Diri Vtuber Eksklusif Jauh Lebih Tinggi Dibandingkan Vtuber Merakyat

Vtuber Eksklusif yang sukses juga dapat memanfaatkan nilai diri (self value) yang tinggi jika mereka berhasil meraih puncak ketenaran. Dengan adanya nilai diri tersebut, mereka akan memiliki nilai jual yang lebih bila dikonversikan menjadi sesuatu melalui hasil kreasi seni ataupun kesepakatan promosi atau iklan. Vtuber tersebut akan memiliki nilai ekonomi yang disebabkan oleh keeksotisan dan ke-eksklusifitas dirinya.

Vtuber Merakyat

  • Interaksi Langsung Vtuber Merakyat Menghemat Anggaran untuk Mengundang Penggemar Baru.

Dengan terjun langsung dan berinteraksi bersama para penggemarnya, Vtuber Merakyat mudah meraih ketenaran yang menstimulasi penggemar baru lain untuk datang dan ikut berinteraksi dengan dirinya. Belum lagi, hal ini akan lebih menghemat anggaran yang dimiliki Vtuber tersebut dibandingkan harus mengeluarkan dana lebih untuk membuat dirinya diketahui oleh para calon penggemarnya seperti kolaborasi dengan tokoh terkenal, atau menampilkan diri dalam iklan jikalau tidak mau hanya bergantung pada penambahan penggemar melalui perilisan konten-konten Vtuber tersebut.

  • Citra Positif Vtuber Merakyat Serta Masukan Membangun Lebih Mudah Terbangun

Dengan berinteraksi bersama para penggemarnya, Vtuber Merakyat lebih mudah membentuk citra positif langsung kepada para penggemarnya. Berbagai masukan yang kritis dan membangun juga lebih mudah diterima untuk ditelaaah demi pengembangan selanjutnya serta koneksi dan jaringan relasi maupun bisnis lebih mudah terbentuk.

3. Kerugian Masing-Masing Sisi Citra

Vtuber Eksklusif

  • Interaksi Kepada Para Fans Vtuber Ekslusif Terkesan Terbatasi

Sayangnya, dengan menjadi jauh dari jangkauan dan terbatas dalam berinteraksi, Vtuber Eksklusif akan terkesan sombong di mata pengamat maupun oleh penggemarnya sendiri, meski mungkin saja  ketidakmampuan usaha untuk berinteraksi dengan Vtuber tersebut disebabkan karena terhalang dari kebijakan citra yang telah dibangun.

  • Ada Harapan Yang Tinggi dan Wah, yang Harus Terus Dijaga Oleh Vtuber Eksklusif

Dengan menjadi Vtuber Eksklusif, maka ada harapan dan citra yang harus dijaga sehingga tetap terlihat wah, baik dari kualitas konten yang dimiliki maupun kemampuan menyelesaikan masalah teknis kalau terjadi masalah saat mengadakan siaran langsung. Intinya, Vtuber Eksklusif akan diekspektasikan sebagai Vtuber profesional dengan kru teknis yang profesional pula.

Vtuber Merakyat

  • Tuntutan Menjaga Kesan “Merakyat” 

Dengan terjun langsung berinteraksi bersama para penggemarnya, maka ekspektasi agar setiap penggemar diladeni oleh Vtuber tersebut amat tinggi. Jikalau penggemar Vtuber telah meningkat dan semakin banyak maka akan ada penggemar yang merasa tersisih dan tidak digubris, yang ujungnya akan menjadi riak kecil yang merusak citra positif Vtuber tersebut. Belum lagi jika ada penggemar dari Vtuber tersebut memberi masukan dan ajakan interaksi yang Vtuber tersebut tidak nyaman. serta Vtuber akan merasa memiliki tekanan untuk meladeni interaksi dari penggemar yang bermasalah tersebut.

  • Mudah Disusupi Troller dan Flamer

Mudahnya akses untuk berinteraksi dengan para Vtuber tersebut juga bisa mengundang para troller dan flamer yang memang berniat untuk mengganggu dan mengacaukan lingkungan interaksi (forum) milik Vtuber merakyat tersebut. Dibutuhkan tim kru dan sukarelawan yang baik untuk mengatasi permasalahan tersebut.

  • Tuntutan Menjaga Diri dari Interaksi yang Membocorkan Privasi dan Rahasia Produksi

Utamanya, saat berinteraksi dengan para penggemarnya, maka yang paling bekerja keras adalah sang Vtuber merakyat tersebut yang harus terus berinteraksi dengan para penggemarnya sembari terus membawa diri dan tidak keceplosan membocorkan hal-hal krusial di hadapan para penggemarnya. Hal ini juga selalu membuat privasi sang Vtuber selalu dalam ancaman jikalau bocor karena intensitas interaksi yang terjadi.

Pada akhirnya, semua tergantung dari Vtuber masing-masing ingin mencitrakan dirinya sebagai Vtuber Eksklusif atau Vtuber Merakyat. Jalan meniti ketenaran mereka ditentukan oleh para Vtuber tersebut demi dapat menghibur para penggemarnya.

Diharapkan artikel perspektif ini dapat melahirkan sebuah gagasan ataupun pendapat yang dapat menyempurnakan artikel perspektif ini sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dari para Vtuber Indonesia. Silakan sampaikan kritik dan saran yang membangun pada kolom komentar.

Keluku oleh Dwikipan

Tulisan ini adalah opini pribadi dari penulis, tidak mencerminkan pandangan umum Risa Media. Penulisan oleh Andi Muhammad Rizki

Kikitondo

Virtual Youtuber Observer| Content Writer | Self Proclaimed Story Writer | Mild Otaku |

Tinggalkan Balasan