Bersama GHOSTY’s COMIC, Universitas Darma Persada Adakan Workshop Komik Strip 4 PanelDibutuhkan waktu 5 menit untuk membaca artikel ini

Perkembangan industri kreatif lokal di Indonesia semakin lama semakin membesar.

Sekarang ini, semakin banyak platform yang bisa digunakan untuk para pelaku industri kreatif dalam memasarkan hasil karya mereka. Salah satunya adalah platform digital yang biasa kita kenal dengan media sosial. Apa yang anda pikirkan jika bicara tentang industri kreatif lokal dan media sosial? Industri kreatif lokal yang mudah kita temui di berbagai media sosial salah satunya adalah komik.

Dalam hal ini, komik yang dimaksud bukanlah komik berseri panjang dengan cerita yang begitu kompleks, melainkan komik yang hanya berjumlah 4 panel pada setiap episodenya. Komik media sosial dengan jumlah hanya 4 panel seperti itulah yang disebut komik strip 4 panel.

Saat ini, sudah banyak sekali para pelaku komik strip 4 panel di media sosial. Komik-komik jenis ini sudah banyak sekali menjamur di dunia maya tanpa kita sadari. Kadang terbesit pertanyaan, dari mana datangnya penulis komik-komik ini? Bagaimana bisa komik yang terbatas hanya sampai 4 panel ini bisa digemari pembacanya? Dan bagi para pemula juga mungkin banyak yang berpikir bagaimana caranya memulai dan memilih konten yang sesuai dengan komik strip 4 panel.

Apa yang para penulis komik pemula ini cari bukanlah cara menggambar, melainkan cara memulai karir komik 4 panel ini agar bisa menjangkau pasarnya dengan tepat, bagaimana membuat konten yang sesuai dan tentunya mudah diterima melalui tempat penyebarannya.

Melihat semaraknya komik strip 4 panel, tentunya persaingan didalamnya akan semakin sengit. BEM Fakultas Sastra dari Universitas Darma Persada, sebagai pihak yang sadar akan perkembangan industri kreatif lokal berinisiatif ingin membantu dunia komik strip 4 panel di Indonesia agar lebih berwarna lagi dengan menggelar seminar dan workshop dengan tema “Merintis Karir Melalui 4 Panel” yang bertajuk Seminar Kreasi Komik (KRAMIK).

Acara seminar dan workshop ini diselenggarakan dengan harapan agar para pemula industri kreatif khususnya penulis komik bisa menjadikan hobinya membuat komik menjadi sebuah karir yang bisa bersaing dengan jenis karya kreatif lainnya.

Tidak tanggung-tanggung, pembicara yang dipercayai untuk membimbing seminar dan workshop ini datang dari tokoh yang sudah tidak diragukan lagi kredibilitas dan pengalamannya dalam merintis karir komik strip 4 panel. Siapa yang tidak tahu dengan GHOSTY’s COMIC, salah satu judul komik strip 4 panel paling terkenal di Indonesia ini akan berbagi pengalaman dan pengarahan mengenai dunia komik 4 panel untuk kalian yang ingin memulai karir industri kreatif ini.

Dalam acara Seminar KRAMIK ini GHOSTY’s COMIC akan membawa penulis komiknya langsung, yaitu Raden Fajar Hadria Putra sebagai pembicara utama. Mendapatkan ilmu langsung dari penulis komik yang judulnya sudah sangat terkenal, tentunya ini adalah kesempatan emas yang tidak boleh dilewatkan bagi kalian yang ingin memulai karir komik dengan baik.

“Melihat prestasi yang sudah ia capai hingga saat ini, saya yakin mas Fajar dari GHOSTY’s COMIC ini bisa memberi ilmu dan berbagi segudang pengalaman yang bermanfaat sebagai bekal para tokoh pemula industri kreatif ini memulai karir komik 4 panelnya”, Ujar Bramantyo Wibisono, ketua pelaksana acara Seminar KRAMIK yang dipercayai BEM Fakultas Sastra Universitas Darma Persada.

Lalu, kapan dan di mana Seminar KRAMIK ini diselenggarakan? Tidak perlu menunggu terlalu lama, pasalnya seminar komik yang dibintangi author dari GHOSTY’s COMIC ini dijadwalkan terselenggara pada Sabtu, 9 Maret 2019. Lokasi acaranya pun bisa dibilang cukup strategis dan mudah dijangkau dengan transportasi baik umum maupun pribadi, yaitu di lokasi Universitas Darma Persada itu sendiri, tepatnya di gedung Fakultas Teknologi Kelautan, ruang seminar lantai 3 dengan nomor ruang K309.

Tiket acara Seminar KRAMIK bisa terbilang cukup terjangkau. Penjualan tiket dibagi menjadi 2 yaitu tiket pre-sale dan On the spot. Tiket pre-sale dijual sebesar Rp50.000,- rupiah dan On The Spot sebesar Rp60.000,-. Selain mendapat akses mengikuti seminar dan workshop selama 3 jam, peserta juga mendapat benefit lainnya berupa sertifikat telah mengikuti seminar dan workshop, Free snack, Totebag eksklusif dan kertas yang digunakan untuk mengikuti workshop.

Penjualan tiket pre-sale dibuka dari Rabu, 27 Februari hingga Kamis, 7 Maret 2019. Sementara tiket On The Spot bisa dibeli di hari acara berlangsung di depan ruang seminar yang telah ditentukan selama persediaan masih ada.

Tata cara pembelian tiket pre-sale seminar KRAMIK:

  1. Buka form pembelian tiket di sini: https://goo.gl/forms/BhTrHJJrAaYaWGSy1. Jika form masih bisa diisi, artinya tiket masih tersedia. Harap diingat bahwa pengisian form wajib login gmail.
  2. Lakukan pembayaran transfer bank atau ATM senilai Rp50.000,- ke MANDIRI 1190007019282 atas nama Wisnu Satrio Nugroho atau BNI 0417318352 atas nama Yuli Roro Angreani.
  3. Foto bukti pembayaran/transfer dan upload ke form di atas yang tersedia.
  4. Jika semua bagian form telah diisi dan bukti pembayaran berhasil di-upload, klik submit.
  5. Dalam 1×24 jam anda akan mendapat email konfirmasi dari [email protected] bahwa pembayaran berhasil diterima. Jika lewat dari waktu yang ditentukan belum mendapat email konfirmasi, hubungi contact person acara yang tertera di akhir artikel.
  6. E-ticket akan dikirimkan kepada seluruh peserta yang telah membeli ticket pre-sale melalui email yang telah didaftarkan di form pembayaran pada H-2 Acara (Rabu, 7 Maret 2019).
  7. Tunjukkan email yang berisi e-ticket pada hari acara di depan ruang seminar untuk memasuki ruangan.

Bagi kamu yang ingin membeli tiket secara offline, bisa datang langsung ke ruang sekretariat BEM Fakultas Sastra Unsada di Gedung Fakultas Sastra lt. 1 ruang S104, Universitas Darma Persada pada hari Senin-Jumat pukul 08:00-16:00 WIB. Hubungi kontak CP yang tertera di akhir artikel untuk melakukan perjanjian.

Berikut panduan transportasi umum ke Universitas Darma Persada dari berbagai moda dan daerah:

Transjakarta: Dari Halte Transit Kampung Melayu, naik koridor 11Q jurusan Kampung Melayu – Pulo Gebang, turun di halte pengumpan Giant Buaran. Universitas Darma Persada berada 100 meter ke arah tenggara, tepatnya di seberang sungai BKT.

Kereta Commuter: Naik jurusan Jakarta Kota – Cikarang, turun di stasiun Buaran Baru. Disambung naik angkot nomor 22A atau 23 turun di McDonald’s Buaran. Universitas Darma Persada berada 100 meter ke arah tenggara, tepatnya di seberang sungai BKT.

Tentang Seminar Kreasi Komik (KRAMIK)

Penyelenggara: BEM Fakultas Sastra Universitas Darma Persada

Hari/tanggal acara: Sabtu, 9 Maret 2019

Pukul: 13:00 WIB hingga selesai

Lokasi acara: Ruang seminar K309 Gedung Fakultas Teknologi Kelautan lt. 3, Universitas Darma Persada, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Pre-sale ticket (buka dari 27 Februari hingga 7 Maret 2019: https://goo.gl/forms/BhTrHJJrAaYaWGSy1

Contact person:

  1. Aghil:
    • WA: 08567870528
    • LINE: aghilkp
  2. Rani:
    • WA: 085775031492
    • LINE: dwiayumaharani

Rahmat Maulana Koto

Suka bahasa Indonesia dan lagu-lagu YUC’e.

Tinggalkan Balasan