Akibat Kebakaran, Film Free! DibatalkanDibutuhkan waktu 1 menit untuk membaca artikel ini

UPDATE: Menurut update dari Twitternya, hanya pengumuman info anime terbarunya saja yang dibatalkan. Belum ada kabar terbaru mengenai rilis film itu sendiri.

Studio anime Kyoto Animation baru saja terbakar pagi tadi. Sampai artikel ini ditulis, 12 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka. Pelaku yang melakukan pembakaran gedung telah diamankan oleh pihak kepolisian.

Dampak dari kebakaran ini memantik kesedihan sekaligus amarah yang mendalam. Banyak yang mengecam pelaku yang telah tega melakukan demikian. Banyak pula yang khawatir dengan nasib anime kesayangan mereka. Ada yang simpati terhadap korban dan mengirimkan donasi. Satu hal yang pasti, kebakaran ini telah membuat rilis film anime Free! 2020 mendatang, dibatalkan.

Merambah Pasar Kaum Hawa

Free! Iwatobi Swimming Club, atau singkatnya disebut Free!, adalah serial anime yang bercerita tentang klub renang di sekolah Iwatobi. Tidak seperti rilisan Kyoto Animation biasanya, Free! menjadikan karakter pria ikemen sebagai nilai jual utamanya, tentu untuk menarik pasar kaum hawa.

Hingga saat ini, serial anime Free! telah membentang hingga tiga musim. Setelah anime pertamanya sukses di tahun 2013, musim kedua Free! Eternal Summer dirilis setahun kemudian. Musim ketiga Free! Dive to the Future tayang di tahun 2018. Tidak hanya serial anime, Free! juga mendapat adaptasi film sebanyak tiga kali. Sebut saja High Speed! Free! Starting Days (2015), Free! Timeless Medley (2017), dan Free! Take Your Marks (2017).

Setelah musim ketiga tamat, Kyoto Animation mengumumkan rencananya untuk merilis dua film untuk Free. Film pertama, Free! Road to the World – the Dream, adalah kompilasi dari anime musim ketiga. Film kedua rencananya akan dirilis pertengahan 2020, bertepatan dengan momentum Olimpiade 2020 di Tokyo. Sayangnya, kebakaran ini membuat proyek tersebut harus dihentikan. Meskipun disayangkan, keputusan ini lebih baik dibanding harus memaksakan diri dengan hasil yang tidak maksimal.

Sumber: Kotaku


Excel Coananda

Komikus Risa Comics, Penulis Risa Media
Hobi membuat dan membunuh meme.