Doktor dari Italia gunakan Manga dan Anime untuk Mengajarkan Astronomi dan FisikaDibutuhkan waktu 1 menit untuk membaca artikel ini

Ternyata Anime dan Manga selain menjadi sarana hiburan, ternyata bisa digunakan untuk media pembelajaran lho!

Seorang lulusan Filosofi Doktor Universitas Teknologi Chalmer di Göteborg, Swedia. Asal Italia ini membawakan ilmu sains dengan menggunakan bantuan dari anime dan manga. Daria Dall’Olio meluncurkan sebuah program yang bernama “Manga Constellation” (Konseltasi Manga), merupakan sebuah program yang dikerjakan dengan sesama penggila Alessandro Montosi dan Piero Ranalli pada tahun 2011.

Program ini difokuskan untuk bidang astronomi dan melibatkan masyarakat mulai dari dasar – dasar dalam bidang angkasa luar hingga Astrofisika dengan mengambil beberapa contoh dari anime, Saint Seiya, Sailor Moon, Galaxy Project 999, dan beberapa contoh anime lainnya.

“Kami memberikan kepada mereka isyarat dari sebuah komik yang realistik sebagai ilustrasi tentang kenyataan buruk pada suatu perjalanan luar angkasa.” tulisnya.

“Sebaliknya kami menggunakannya untuk menjadikan contoh yang fantastis untuk mengenalkan beberapa topik umum : Perbedaan Bintang, Planet, dan galaxi, Kemungkinan menemukan kehidupan di planet lain, dan juga menjelaskan bagaiman sebuah bintang diartikan lain oleh budaya yang berbeda.”

Daria Dall’Olio, membawa hasil kerjanya ke Fukuoka, Jepang pada sebuah Konferensi “Communciating Astronomy with The Public” yang dilaksanakan oleh International Astronomical Union (IAU) pada bulan maret. Manga Constellation juga mnediskusikan dari anime yang tidak terlalu terkenal namun Fiksi Sains yang lebih akurat seperti Planetes dan 2001 nights.

Dall”Olio juga menggunakan Konsultasi Manga untuk penduduk luar dan juga mengamati bintang – bintang. Dia juga adalah seorang pemandu yang memegang Lisensi Lingkungan Alam dan menawarkan Konsultasi Manga ini pada kelas alam, dimana peserta tidak hanya akan belajar tentang anime, manga, astronomi, dan fisika. Namun juga bisa mengamati keindahan surga yang ada di habitat alami.

Sumber : Anime News Network and Myanimelist

Penulisan oleh Hilmy Oktoharitsa

HilmyOkto

Normal Student with Common Life. Journalist for Risa Media

Tinggalkan Balasan