Gempa Mengguncang, Aqours Tak TergoyahkanDibutuhkan waktu 1 menit untuk membaca artikel ini

Anime Expo (AX), festival subkultur Jepang di daerah Los Angeles dan sekitarnya, diinterupsi oleh gempa besar berskala 7.1 SR saat Aquors sedang tampil di panggung utama.

Anime Expo atau yang sering disebut sebagai AX merupakan salah satu acara jejepangan terbesar di Amerika Serikat, dengan mengundang ratusan ribu otaku dari penjuru negeri yang luas itu. Diselenggarakan di Los Angeles tahun ini pada tanggal 4 sampai 7 Juli 2019, acara harian sempat tertunda oleh gempa berukuran 7.1 Skala Richter yang mengguncang LA dan sekitarnya selama beberapa puluh detik saat Aquors! dari Love Live tampil di panggung.

Anggota Aquors terus melakukan performanya dalam menyanyikan Brightest Melody! menembus gempa bumi sampai selesai, lalu berhenti sejenak sebelum menlanjutkan kembali dengan lagu Koi ni Naritai Aquarium. Tak ada gangguan serius dari gempa bumi terhadap pergelaran acara tahunan tersebut.

Gempa terjadi pada hari kedua acara, 5 Juli kemarin, pukul 16.41 waktu setempat dan dapat dirasakan oleh sebagian kawasan metropolitan Los Angeles. Satuan polisi dan pemadam kebakaran langsung bersiaga untuk mengamankan situasi dan mengantisipasi adanya gempa lanjutan.

Diperkirakan akan terjadi gempa tambahan beberapa hari ke depan, terbesar di antaranya dapat mencapai 6.0 SR. Negara Bagian California telah merasakan ribuan gempa berskala kecil akhir-akhir ini.

Selain Anime Expo, terdapat pemadaman lampu di beberapa tempat yang berdampak pada sekiranya 1.000 orang dan evakuasi dalam berbagai wahana Disneyland. Pertandingan bola basket pada liga lokal setempat tetap berlangsung tanpa adanya gangguan yang berarti.

Beberapa kerusakan dan kerugian finansial telah dilaporkan, namun tak ada korban jiwa maupun celaka dari kejadian ini.

Sumber: NBC, CBS, FOX, Los Angeles Times, Twitter