[Guide Corner] Panduan Lengkap Menonton ToaruDibutuhkan waktu 5 menit untuk membaca artikel ini

Pembahasan dan pengenalan seri Toaru bagi yang tertarik untuk mengikutinya.

Toaru Majutsu no Index, Toaru Kagaku no Railgun?, mungkin nama anime tersebut sudah tidak asing bagi beberapa orang. Ya, anime tersebut merupakan bagian dari serial Toaru. Serial Toaru memang memiliki beberapa cabang cerita dalam serinya. Walaupun tidak terlalu banyak, tetap dapat membingungkan bagi yang belum mengenal seri ini. Apalagi Toaru Majutsu no Index akan mendapatkan musim ketiganya pada tahun ini, sehingga beberapa orang mungkin ingin mencoba untuk mengikuti seri tersebut, tetapi tidak tahu harus memulainya dari mana.

Oleh karena itu, artikel ini akan mengupas seri Toaru sehingga dapat membantu kalian yang ingin mengikuti seri tersebut.

Latar Belakang Cerita Toaru

Cerita seri Toaru berlatar di dunia tempat terdapat sains dan sihir. Sebagian besar cerita berlatar tempat pada Academy City (Gakuen Toshi), kota futuristik yang berada di barat Tokyo sebagai pusat ilmu sains.

Di Academy City, ilmu sains jauh lebih maju dari dunia luar. Kota tersebut juga memiliki kurikulum khusus untuk meneliti dan mengembangkan kekuatan Esper. Jadi, siswa-siswi dalam kota tersebut dikategorikan dari level 0 -5 yang menandakan kekuatan esper mereka.

Sisi lainnya adalah dunia sihir. Akan tetapi, berbeda dengan dunia sains, dunia sihir ini dirahasiakan dari ranah publik. Dunia sihir ini meliputi ajaran kekristenan, berbagai macam mitos dan juga legenda.

Nah, Cerita dalam seri Toaru ini berputar di antara sisi sains dan sihir serta konflik yang terjadi antara kedua kubu tersebut.

 Toaru Majutsu no Index

Toaru Majutsu no Index atau A certain Magical Index merupakan serial utama pada serial ini. Toaru Majutsu no Index adalah serial yang berasal dari novel ringan dengan judul yang sama karya Kazuma Kamachi dan diterbitkan oleh ASCII Media Works. Novel ringan Index sudah terbit sebanyak 22 volume pada bagian Old Testament lalu 20 volume pada bagian New Testament dan masih berlanjut hingga sekarang.

Karakter utama pada serial Index adalah Kamijou Touma, seorang siswa pada Academy City. Touma merupakan siswa yang masuk dalam kategori esper level 0, yaitu siswa yang tidak memiliki kekuatan esper sama sekali. Akan tetap, pada tangan Kanan Touma terdapat kekuatan misterius bernama Imagine Breaker. Imagine Breaker dapat menetralkan fenomena supernatural mulai dari kekuatan esper ataupun sihir, bahkan sampai keberkahan tuhan sehingga membuat hidupnya penuh dengan kesialan.

Cerita bermula saat Touma bertemu dengan Index Librorum Prohibitorum, seorang biarawati dari gereja Inggris, yang dalam otaknya telah tertanam 103.000 buku-buku sihir terlarang. Pertemuannya dengan Index menyeret Touma ke dalam dunia sihir. Kekuatan misterius pada tangan kanan Touma yang tidak dapat dikategorikan sebagai ilmu sains ataupun sihir membuatnya menjadi penengah diantara konflik dua kubu tersebut.

Serial Index ini sudah mendapatkan adaptasi anime sebanyak dua musim dan satu film oleh J.C. Staff. Musim pertamanya tayang perdana pada 28 Oktober 2008 hingga 19 Maret 2009 sebanyak 24 episode yang mengadaptasi volume 1–6 novel ringannya. Selanjutnya, musim keduanya yang berjudul Toaru Majutsu no Index II tayang pada   8 oktober 2010 hingga 11 april 2011 sebanyak 24 epsiode yang mengadaptasi volume 7–13. Filmnya yang berjudul Toaru Majutsu no Index: Endyumion no Kiseki dengan cerita orisinal tayang di bioskop pada 23 Februari 2013. Lalu, musim ketiganya dikabarkan akan tayang pada tahun ini dan akan mengadaptasi novel ringannya hingga akhir volume 22 pada bagian Old Testament.

Toaru Kagaku no Railgun

Toaru Kagaku no Railgun atau A Certain Scientific Railgun merupakan spin-off dari seri utamanya. Railgun berasal dari manga yang ditulis oleh Kazuma Kamachi dan digambar oleh Motoi Fuyukawa serta diserialisasikan di Monthly Comic Dengeki Daioh.

Karakter utama pada serial Railgun adalah salah satu heroine dari seri utamanya yaitu Misaka Mikoto, seorang esper electromaster level 5. Ia menempati posisi ketiga dari tujuh orang yang memiliki kemampuan level 5 di Academy City. Berbeda dari seri utamanya yang mengulas sisi sains dan sihir, kisah yang ada di Railgun lebih berfokus pada sisi sains yang ada di Academy City. Railgun bercerita tentang petualangan Misaka dan kawan-kawannya dalam menghadapi berbagai macam masalah di Academy City.

Railgun memberikan sudut pandang lain serta pelengkap pada cerita Index. Beberapa arc dalam cerita Railgun saling bersimbungan dengan Index, tetapi diceritakan dalam sudut pandang Misaka, serta Railgun juga membahas sisi sains yang tidak dibahas pada Index.

Serial Railgun juga sudah diadaptasi menjadi anime sebanyak dua musim oleh J.C. Staff. Musim pertamanya tayang pada 3 Oktober 2009 hingga 20 Maret 2010 sebanyak 24 episode. Lalu, musim keduanya yang berjudul Toaru Kagaku no Railgun S tayang pada 12 April hingga 27 September 2014 sebanyak 24 episode.

 Toaru Kagaku no Accelerator

Toaru Kagaku no Accelrator atau A Certain Scientific Accelerator merupakan manga spin-off yang berfokus pada Accelerator. Manga ini ditulis oleh Kazuma Kamachi dan digambar oleh Yamaji Arata. Manga ini diserialisasikan di Monthly Comic Dengeki Daioh pada 27 Desember 2013 hingga sekarang. Serial ini belum mendapatkan adaptasi anime dan hanya sebatas manga saja.

Accelerator adalah esper level 5 terkuat yang menduduki peringkat pertama di Academy City dan ia juga merupakan villain utama pada salah satu arc dalam Index dan Railgun. Serial ini mengikuti kisah Accelerator setelah dikalahkan oleh Touma dan kehilangan sebagaian kekuatan espernya.

Selain seri utama Index dan dua spin-off besar di atas, terdapat juga beberapa cerita sampingan kecil lainnya seperti Toaru Majutsu no Index-tan, Toaru Idol no Accelerator-sama, Toaru Kagaku no Railgun Gaiden: Astral Buddy, dan lainnya.

Cara Mudah untuk Mengikuti Serial Toaru

Lini masa pada serial Toaru memang saling bersinggungan pada beberapa arc dalam setiap serialnya. Akan tetapi, untuk mengikuti seri Toaru sebenarnya sangatlah mudah. Bagi yang ingin mengikuti serial ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

Pertama: Anda bisa mengikutinya sesuai dengan urutuan tanggal seri tersebut keluar. Sehingga kalian akan menontonannya dengan urutan Toaru Majutsu no Index -> Toaru Kagaku no Railgun -> Taoru Majutsu no Index II -> Toaru Kagaku no Railgun S dan dilanjutkan dengan membaca manga Accelerator

Kedua: Anda bisa mengikutinya secara terpisah berdasarkan serialnya masing-masing. Disarankan untuk memulai dari seri utamanya yaitu dengan menonton Index dan Index II. Dengan begitu, maka Anda akan mendapatkan gambaran terhadap karakter-karakter yang akan muncul pada serial sampingannya. Lalu, dilanjutkan ke Railgun dan Railgun S yang akan membahas sudut panda Misaka pada beberapa arc Index. Kalau sudah, lanjutlah ke manga Accelerator bila Anda ingin melihat lebih banyak Accelerator beraksi.

Ketiga: Anda bisa mengikutinya dengan membaca langsung sumber adaptasinya yaitu novel ringan Toaru Majutsu no Index dari bagian Old Testament sampai New Testament. Lalu, lanjut membaca manga Toaru Kagaku no Railgun dan dilanjutkan dengan manga Toaru Kagaku no Accelerator.

Kesimpulan

Penggabungan konsep sains dan sihir membuat serial Toaru cukup menarik untuk diikuti. Semoga panduan ini dapat membantu Anda yang kebingungan dan ingin mencoba untuk mengikuti serial ini.

Tulisan ini adalah opini pribadi dari penulis, tidak mencerminkan pandangan umum Risa Media. Penulisan oleh Allen Saputra.


Aji Kurniawan Saputra

Tinggalkan Balasan