[Liputan] Jebret! Semangat Kreativitas di Comic Frontier 11!Dibutuhkan waktu 3 menit untuk membaca artikel ini

Jebret! CF kali ini terasa sangat spesial karena bertepatan dengan diselenggarakannya Asian Games ke-18 di Jakarta!

Hai Hai Riscomrades! Kali ini kami akan menghadirkan kepada Anda keseruan dari Comic Frontier 11 yang diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada 18 dan 19 Agustus 2018 di Kartika Expo (Balai Kartini). Ribuan pencinta industri kreatif beserta para eksibitor sudah siap untuk meramaikan Comic Frontier 11 sedari pagi hari. Antrean pengunjung sudah terlihat sejak pagi hari. Pewara (MC) yang akan memandu CF pada kesempatan kali ini adalah Naocchi, Lutfhi, dan Chenmei.

Pada hari pertama, acara dimulai di Main Stage pada pukul 10.00 dengan sesi Utattemita. Pada sesi ini, para pengunjung diberikan kesempatan untuk maju ke atas panggung Comifuro untuk menunjukkan kebolehannya berkaraoke ria dengan lagu pilihan mereka. Setelah itu, ada bincang dengan Ponimu Indonesia yang membawakan layanan penyediaan anime legal di Indonesia yang dapat disaksikan melalui situs web mereka. Acara lalu dilanjutkan dengan sesi bincang-bincang bersama Yozhman.

Comico Indonesia turut mengisi sesi bincang di panggung utama disusul dengan Kisai Entertainment yang turut memberikan kiat untuk menulis dan menggarap sebuah naskah sebelum masuk ke tangan editor. Setelah itu, GHOSTY’s Comics memberikan jamuan ampuhnya kepada para sultan yang menyambangi Comifuro 11.

Sesi di panggung utama dilanjutkan dengan kedatangan Si Timoon yang beraksi dengan begitu cerdas lagi absurd untuk menggetarkan panggung Comifuro 11. Tak mau ketinggalan, CIAYO Comics sebagai salah satu platform komik daring untuk para insan kreatif di tanah air juga turut naik panggung dalam kesempatan ini. Tidak hanya menghadirkan bincang-bincang dari para tokoh dan berbagai platform dari belantika industri kreatif lokal, panggung utama juga diisi oleh sesi live drawing yang dibawakan oleh Iwan Nazif (Bumi Langit). Hari sudah semakin sore, tetapi keseruan di panggung masih lengkap dengan hadirnya Doujin Dalam Botol yang membahas mengenai hal terbaru dari lingkar karya (circle) mereka.

Nah, ini dia bagian yang paling ditunggu-tunggu: saatnya penampilan dari Risa Comics ke atas panggung! Hari boleh semakin senja, tetapi semangat para pengunjung Comifuro terus selalu terjaga, apalagi menjelang Acara Pembukaan Asian Games 2018 yang akan dilangsungkan beberapa saat lagi! Excel selaku pembuat dari Risa Comics tampil dengan begitu membuat gelak tawa saling bersahut-sahutan di Comic Frontier 11 pada magrib itu. Tidak hanya menghibur para penonton, tetapi juga para pewara yang sudah menyiapkan sejurus pertanyaan kepadanya juga dibuat geger lantaran berbagai jawaban Excel yang selalu saja disisipi dengan unsur kelucuan seperti apa yang selama ini disampaikannya melalui Risa Comics. Pada akhir dari sesi ini, Excel turut mempromosikan Lingkarya Moesia sebagai circle utama yang menanungi Risa Comics dan berbagai komik lainnya. Risa Media merupakan bagian dari Lingkarya Moesia.

Sesi terakhir di panggung utama Comifuro 11 pada hari pertama ini ditutup dengan penampilan DJ Sunamori yang siap menggoyang Comifuro 11 pada malam harinya.

Sementara itu, untuk hari keduanya masih diawali dengan sesi Utattemita yang dipenuhi dengan aksi para pengunjung. Setelah itu, dilanjutkan dengan penampilan grup utaite yang terkenal asal Indonesia, Nanairo Symphony di Main Stage. Acara dilanjutkan dengan kehadiran Comico Indonesia, RE:ON Comics, dan Scrambled by Rosalina Lintang. Ada pula penampilan dari Well+Done.

Kehebohan semakin tidak terbendung saat tiba giliran Komik MS Paint yang maju ke atas panggung. Komik MS Paint adalah salah satu komik daring yang terkenal karena “filosofis” dan juga dibuat dengan menggunakan aplikasi Paint. Disusul dengan kemeriahan dari Naobun Project dan juga Wibuverse yang merupakan sebuah situs web untuk para artist untuk memasarkan karyanya secara daring.

Acara dilanjutkan dengan Editorial Talkshow dengan Bumi Langit, setelahnya ada Kat Story, dan acara pada sore hari ditutup dengan penyelanggaraan final turnamen Shadowverse di atas panggung. Hari terakhir Comifuro 11 ditutup dengan penampilan DJ Lazurite yang membuat acara ini berakhir dengan begitu meriah.

Selain di panggung utama, Comifuro 11 juga menghadirkan berbagai keseruan di berbagai booth para circle dan para insan kreatif lainnya. Banyak sekali karya-karya menarik yang dapat dijumpai di sini seperti buku komik sebagai komoditas utamanya, disusul dengan poster dan juga gantungan kunci. Tidak hanya itu saja, tidak afdal rasanya Comifuro tanpa kehadiran para cosplayer! Sangat jebret pokoknya!

Nah, berikut adalah momen-momen pilihan dari perhelatan Comifuro 11 dalam salindia (slideshow) ini!

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sekian liputan dari Comifuro kali ini! Terima kasih kepada para panitia Comifuro yang telah mengadakan event yang telah berlangsung dengan meriah dan penuh semangat kreativitas ini. Sampai jumpa di liputan Risa Media berikutnya, ya!

Rahmat Maulana Koto

Suka bahasa Indonesia dan lagu-lagu YUC’e.

Tinggalkan Balasan