Pendiri Studio Ghibli Isao Takahata Meninggal DuniaDibutuhkan waktu 1 menit untuk membaca artikel ini

isaotakahata

Sutradara sekaligus pendiri Studio Ghibli bersama dengan Hayao Miyazaki itu menghembuskan napas terkahirnya pada usia 82 tahun.

Sutradara anime dan pendiri Studio Ghibli Isao Takahata menghembuskan napas terakhirnya di sebuah rumah sakit yang terletak di Tokyo pada hari Kamis (5/4). Ia meninggal pada usia 82 tahun.

Situs web Jepang, Sanspo dan NTV News 24, melaporkan kabar ini, dan keduanya juga turut menyebutkan pihak terkait yang mengatakan bahwa Takahata telah berkurang kondisi kesehatannya sejak musim panas lalu (2017).

Takahata bergabung dengan Toei Douga (sekarang menjadi Toei Animation) pada tahun 1959 setelah lulus dari Universitas Tokyo. Beliau memiliki karier yang panjang dalam menyutradai berbagai karya anime klasik seperti Taiyō no Ōji – Hols no Daibōken, Alps no Shōjo Heidi, Anne of Green Gables, dan Panda! Go, Panda!. Setelah itu, bersama dengan Hayao Miyazaki, beliau mendirikan Studio Ghibli. Ia memulai untuk membuat film layar lebar: Grave of the Fireflies, Only Yesterday, Pom Poko, dan My Neighbors the Yamadas

Dengan demikian, film terakhir Takahata sebagai sutradara adalah The Tale of Princess Kaguya, yang pertama kali ditampilkan pada 2013. Sebelumnya, Takahata menceritakan kepada situs berita hiburan Variety dua tahun lalu,

“Aku memiliki beberapa proyek yang masih kupikirkan dan saat ini aku bekerja untuk lebih dekat lagi untuk merealisasikannya. Apakah itu semua akan berakhir menjadi sebuah film adalah sesuatu yang tak ada seorang pun, termasuk aku, yang bakal mengetahuinya.”

Selamat jalan Takahata-san, beristirahatlah dengan tenang.

Sumber: Anime News Network


Rahmat Maulana

Suka bahasa Indonesia ~

Tinggalkan Balasan