Sebelum “Wibu Mangdu”, Ada “Wibu PRJ”Dibutuhkan waktu 2 menit untuk membaca artikel ini

Alkisah, ada sebuah event anime di PRJ dengan nama HobbyFest. Seperti apakah event anime "pendahulu Mangdu" ini?

Jika Anda membayangkan event anime menengah ke bawah saat ini, besar kemungkinan pikiran Anda langsung tertuju ke Mangga Dua, yang juga lazim disebut Mangdu. Bagaimana tidak, harga tiket masuk yang murah (kadang gratis), barang bootleg yang juga murah, dan wibunya yang benar-benar bau bawang, telah menjadi ciri khas dari setiap event anime yang dilaksanakan di tempat ini.

Rupanya, hal demikian bukanlah yang pertama kali. Jauh sebelum ada event Mangdu, ada sebuah event anime yang bernama HobbyFest. Acara tahunan yang diselenggarakan di JIExpo Kemayoran ini memiliki ciri khas yang tidak jauh berbeda dengan event Mangdu saat ini.

Kiblat “Wibu Zaman Then”

Jakarta HobbyFest adalah event anime yang diselenggarakan oleh Komunitas Harajuku Cosplay Indonesia (KHCI). Event ini diselenggarkan tiga kali, yaitu pada tahun 2013, 2014, dan 2015 di JIExpo Kemayoran.

Penulis adalah salah satu pengunjung pada saat HobbyFest pertama dibuka, yaitu tahun 2013. Saat itu, penulis berumur 15 tahun dan baru saja menjadi seorang otaku (karena zaman dulu tidak ada istilah wibu) dan ingin lebih mendalami kultur pop Jepang. Setelah berdiskusi dengan teman sesama otaku, penulis memutuskan untuk mengikuti acara ini, secara tiketnya murah dan tidak jauh dari rumah.

Sesaat setelah masuk, penulis dimanjakan dengan berbagai suguhan Jejepangan. Stan komunitas terletak di bagian depan, lengkap dengan tembok yang dapat Anda lukis untuk meninggalkan jejak. Komunitas yang dihadirkan bermacam-macam, mulai dari Yu-Gi-Oh, Cardfight Vanguard, Gundam, hingga para penakarir penggemar yang lebih dikenal dengan istilah fansub. Dua meja besar di tengah dapat menjadi tempat Anda untuk berdiskusi dengan teman, bersantap ria, atau bermain bersama.

Lomba, Lomba, dan Lomba

Salah satu nilai tambah dari event ini adalah lombanya. Mengingat penyelenggaranya adalah komunitas yang berkutat di bidang cosplay, lomba cosplay menjadi salah satu bagian yang tidak boleh dilewatkan dalam event ini. Puluhan cosplayer turut unjuk gigi menampilkan kostum dan akting sesuai karakter yang ia perankan.

Tidak tertarik cosplay? Masih ada lomba lainnya yang tak kalah menarik, seperti lomba Vanguard, lomba karaoke, lomba fanart, dan khusus untuk Anda yang lapar, lomba makan. Lomba-lomba seperti inilah yang tidak dapat kita temui di event Mangdu saat ini.

Tetap Dikenang

Pagelaran tahunan HobbyFest harus berakhir pada tahun 2015 karena suatu drama. Meskipun demikian, acara ini tetap meninggalkan kesan tersendiri bagi mereka yang hadir di sana.

Poster Jakarta HobbyFest 2015

Seorang warganet bernama Mathali al Anwar membuat sebuah pos, menyatakan nostalgianya akan event ini. Menurutnya, event buatan KHCI, salah satunya HobbyFest, masih lebih baik dibanding event anime sejenis saat ini. Warganet Arife Malakian pun setuju dengan pendapat ini, dan merasa event anime jaman sekarang membosankan dan tidak seseru dulu.

Kisah HobbyFest ini menjadi PR penting bagi penyelenggara event anime pada masa kini. Di tengah kejenuhan event anime yang “gitu-gitu aja”, mampukah mereka membawakan konsep yang berbeda dan tidak membosankan? Atau justru malah terjun bebas dalam kubangan drama? Biarlah mereka yang menentukan.

Tulisan ini adalah opini pribadi dari penulis, tidak mencerminkan pandangan umum Risa Media. Penulisan oleh Excel Coananda.

Excel Coananda

Komikus Risa Comics, Penulis Risa Media
Hobi membuat dan membunuh meme.

Tinggalkan Balasan