[Liputan] Pertama Kali Creators Super Fest by AFA Hadir di Surabaya!Dibutuhkan waktu 2 menit untuk membaca artikel ini

Ayo kita mlaku-mlaku nang Tunjungan! Ndelok CSF by AFA!

Hai-hai Riscomrades! Pasti kalian sudah pada tau kalau AFAID (Anime Festival Asia Indonesia) sudah tidak ada lagi sejak tahun 2018 yang lalu. Walau demikian, AFA tetap ada di Indonesia dengan dengan skala yang lebih kecil. AFA tetap hadir di Indonesia tiap tahun dengan nama Creators Super Fest. Pada tahun ini Creators Super Fest diadakan di 2 kota berbeda yaitu Surabaya dan Jakarta. Pada tanggal 31 agustus dan 1 September 2019 yang lalu tim Risa Media Jawa Timur berkesempatan untuk meliput keseruan CSF ini loh.

CSF Surabaya diadakan di Chameleon Hall, Tunjungan Plaza, Surabaya. Selama 2 hari penuh. Walaupun dengan skala yang lebih kecil dari AFAID, CSF tetap seru dan ramai. Antusiasme penikmat acara jejepangan terutama yang berada di Jawa Timur sungguh besar sekali bahkan sejak hari diumumkan bahwa CSF bakal diadakan di Surabaya dan Jakarta. Ya! ini kali pertama CSF diadakan di Kota Surabaya. CSF Surabaya ini berlangsung meriah walaupun banyak teman-teman di Sosial Media yang sempat mengeluhkan harga tiket yang mahal. Tapi sepertinya harga tiket yang lumayan mahal tetap menarik antusiasme pengunjung yang ingin menikmati serunya event besutan AFA ini.

CSF Surabaya mengundang banyak guest star dari dalam dan luar negeri dimulai dari Guest  Cosplayer, Heyleydia dari Thailand, Mon dari Taiwan, dan Nekonoi Katsu dari Indonesia. Lalu ada Guest Musician, DJ D-Yama dari Jepang, DJ Soba, dan Vibetronic. Selain cosplayer dan Musisi CSF juga mengundang seorang illustrator dari Taiwan, Loiza. Oh iya ada yang berbeda dengan CSF kali ini yaitu hadirnya juga Guest Star virtual Seperti KMNZ, Maya Putri, Fujima Sakura (22/7) C.V Amaki Sally, dan Mintchan. Semua Guest Star Virtual hadir menyapa fans mereka pada hari pertama melalui layar megatron di atas panggung.

Selain penampilan Guest Star, CSF juga mengadakan berbagai kompetisi seperti kompetisi cosplay, art duel, dan game Tournaments. CSF juga memberikan kesempatan bagi circle dan komunitas lokal untuk memamerkan dan menjual karya mereka. Seperti namanya acara ini memang ditujukan selain untuk bersenang-senang juga memberikan ruang berkarya bagi Content Creator lokal. Banyak sekali circle dan komunitas yang turut hadir meramaikan acara ini. Semoga tahun depan CSF bisa kembali hadir lagi di kota Surabaya karena peminat budaya Pop dan industri kreatif di Jawa Timur juga tidak kalah besar dibandingkan dengan ibu kota. Banyak sekali karya-karya yang dipamerkan di CSF Surabaya ini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sekian liputan kami di Creators Super Fest by AFA di Surabaya tunggu liputan kami di Creators Super Fest by AFA di Jakarta pada tanggal 26-27 oktober 2019 ini di SMESCO Exhibition Hall. Yang pastinya tidak kalah seru dengan CSF Surabaya. Terima kasih semuanya!

Liputan oleh Canang Cita dan Giovanni Yano
Penyuntingan oleh Rahmat