[Liputan] Seru-seruan Sebelum Ramadan di J-Chosokai 4 MalangDibutuhkan waktu 2 menit untuk membaca artikel ini

Gawat! Tim liputan kami sempat dicegat oleh preman dari Suzuran ketika meliput acara ini!

Hai-hai Riscomrades! Kembali lagi dengan liputan dari Kota Malang, Jawa Timur. Kali ini tim Risa Media meliput sebuah acara yang bernama J-Chosokai. Acara ini rutin diadakan setiap tahun oleh komunitas Japan Corner Politeknik Negeri Malang.

Pada tahun ini, penyelenggaraan J-Chosokai memasuki tahun ke-4. Dengan mengusung tema Hibana no Utopia, acara ini telah diselenggarakan pada hari Minggu, 28 April 2019 yang lalu dan bertempat di gedung Graha Polinema, Politeknik Negeri Malang.

Acara ini memang masih tergolong baru. Namun, tiap tahunnya selalu ramai dan juga ada yang menjadi ciri khas tersendiri yaitu acara ini selalu diadakan: acara ini berlangsung tepat sebelum bulan suci Ramadhan tiba. Berbeda dengan tahun lalu, pada tahun ini J-Chosokai diadakan di gedung Graha Polinema yang baru saja selesai dipugar. Tempatnya luas, megah, dan tentu saja adem karena full-AC.

Panitia acara juga menyediakan karpet sehingga pengunjung yang lelah berdiri bisa duduk-duduk di karpet. Tiket masuk yang sangat murah (hanya Rp.15.000 saja) dan dapat dibeli jauh sebelum acara berlangsung juga menjadi salah satu faktor acara ini tetap ramai meskipun diadakan pada akhir bulan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tentu saja selain harga tiket yang murah dan gedung yang megah, kehadiran bintang tamu dan perfomer juga menarik bagi peminat acara jejepangan di kota Malang. Tahun ini J-Chosokai mengundang 2 cosplayer yang terkenal yaitu, Takiya Edi yang beberapa waktu yang lalu sempat viral di media sosial karena cosplaynya sebagai Takiya Genji dari serial Crows Zero dan Nekonoi Katsu, cosplayer cantik asal kota Surabaya yang menjadi perwakilan Jawa Timur di kontes ICGP (Indonesia Cosplay Grand Prix). Kehadiran dua bintang tamu ini tentu membuat suasana acara ini menjadi makin ramai. Banyak sekali pengunjung yang meminta foto bareng bersama Takiya Edi dan Nekonoi Katsu.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, acara ini kembali mengadakan lomba-lomba seperti lomba coswalk, cosplay team, tabetakai, fotografi, dan Tik-tok cosplay. Selain itu hiburan di atas panggung juga selalu menarik animo pengunjung untuk melihat dan ikut meramaikan penampilan perfomer diatas panggung.

Banyak sekali band-band dan dance cover lokal mengisi acara ini dari awal hingga akhir. Lapar dan haus juga tidak jadi masalah di acara ini karena ada banyak stan makanan dan minuman disini, bahkan di dalam venue ada gerobak soto ayam dan bakso kikil yang jarang sekali ditemui di acara Jejepangan di kota Malang. stan merchandise  juga tersedia bagi para pengunjung yang hobi mengoleksi berbagai merchandise jejepangan.

Sekian liputan tim Risa Media Divisi Jawa Timur di acara J-chosokai 4. Sampai jumpa di lain kesempatan dan juga selamat menunaikan ibadah puasa selama bulan Ramadhan bagi yang merayakan. Bagi komunitas dan event di Jawa Timur yang ingin komunitasnya atau acaranya diliput bisa menghubungi kami di surel [email protected].

Liputan dan foto oleh Giovanni Yano dan Karsa Septiansyah


Tinggalkan Balasan