[Fella ke Jepang] Tokyo Game Show 2019, Seperti Apa Sih?Dibutuhkan waktu 2 menit untuk membaca artikel ini

Ya, Fella benar-benar mengunjungi Tokyo Game Show 2019, setelah sekian lama melihat beritanya di media daring.

Hai, hai, Riscomrades! Fella kembali lagi memberitakan pengalaman Fella di sini! Minggu lalu, kita tahu di Jepang ada pameran gim terbesar bernama Tokyo Game Show (TGS) 2019. Berkenaan dengan TGS, Fella mau kasih tahu kalian satu fakta menarik yang singkat. Meskipun namanya “Tokyo”, tetapi acara ini dilangsungkan di Chiba! Ya, masih satu daerah sih.

Perjalanan dari Osaka ke Chiba sangat melelahkan, karena harus memakai bus malam. Sesampainya di sana, waktu menunjukkan jam enam pagi hari esoknya (Minggu), sedangkan pintu saja baru dibuka jam sepuluh. Teriknya sinar matahari musim panas sangat tidak bersahabat sehingga Fella merasa hampir pingsan selama mengantri di sana. Namun, kelelahan itu semua rasanya hilang begitu bisa memasukki venue TGS!

Pamerannya sendiri dibagi menjadi dua bagian hall: 1-8 dan 9-11. Hall 1-8 berisikan booth-booth besar dari perusahaan hardware maupun game. Di TGS ini jugalah ada berbagai perilisan game yang dapat kita coba di tempat. Sebutlah Project Resistance dari Capcom. Selain itu, game yang memang pengumuman rilisnya dari lama juga bisa kita coba di sana (termasuk yang memang baru-baru ini rilis), contohnya Monster Hunter World: Iceborne, Minecraft Dungeons, dan Persona 5 Royal. Di beberapa booth pun terletak patung-patung yang menyerupai karakter dalam gamenya! Sebuah hal yang jarang Fella temui di Indonesia dan membuat Fella merasakan euforia ketika pulang sekalipun!

Salah satu pajangan megah di TGS 2019.

 

Selain itu juga, di beberapa booth ada lomba cosplay, contohnya yang dimenangkan oleh Lola Zieta di Cyberpunk 2077. Selamat! Sayangnya, karena Fella datang hari Minggu, Fella tidak bisa melihat kak Larissa Rochefort saat ber-cosplay­ di panggung. Namun, melihat foto-fotonya saja, Fella sudah tahu cosplayer yang diundang di TGS dari negara-negara lain memang sangat ciamik!

Tokyo Game Show, Segalanya Tentang Game

Berbeda dari hall 1-8, hall 9-11 berisikan kompetisi e-sports, zona VR, booth game indie, dan merchandise resmi dari berbagai franchise. Untuk pindah hall, Fella harus melewati jembatan penyeberangan dulu, karena memang berbeda gedung. Dari atas jembatan itu, Fella bisa melihat ada beberapa cosplayer yang melaksanakan photoshoot di luar venue. Arena cosplay berada di hall 9-11 ini, tetapi bila Riscomrades mau ber-cosplay di hall 1-8 juga tidak masalah.

Masuk ke hall 9-11, booth yang terbesar tentunya adalah e-sports. Booth e-sports dipisahkan menjadi dua berdasarkan platformnya. Saat Fella ke situ, bukan League of Legends dan game-game PC lainnya yang dilombakan. Melainkan mobile game seperti Dragon Quest Rivals dan Tekken. Melihat tempatnya pun, Fella memang menyadari tidak mungkin ada pertandingan game PC di situ.

Kurang lebih seperti itulah pengalaman Fella selama ke Tokyo Game Show 2019! Memang asyik sih saat berada di tempatnya, tetapi perjalanan jauh yang membuat Fella tepar sampai ke hari-hari berikutnya juga. Sampai juga di artikel selanjutnya, Riscomrades!

Tulisan ini adalah opini pribadi dari penulis, tidak mencerminkan pandangan umum Risa Media. Penulisan oleh Dewi Pannadhika.


Dewi Pannadhika