[Liputan] INOBU 12, Fantasi di Ujung IbukotaDibutuhkan waktu 3 menit untuk membaca artikel ini

Hai hai Riscomrades! Kali ini Risa Media berkesempatan datang meliput acara INOBU 12 pada hari Minggu ( 22/7) dan tentu juga ikut merasakan serunya atmosfer acara ini. INOBU (Ichi Gakuen no Bunkasai) merupakan acara wajib tahunan yang diselenggarakan oleh Nihon Club SMAN 1 Bekasi, mengambil tema “Otogibanashi no Kuni: Dive into The Wonderful World of Fairytale” untuk tahun ini.

Keseruan acara ini dimulai dengan penampilan peserta lomba dance cover, disusul dengan penampilan peserta lomba cosplay. Para peserta memberikan penampilan dengan totalitas tanpa batas, membuat awal acara ini menjadi sangat bersemangat. Sebelum ishoma terdapat pertunjukan aikido di dekat panggung, mendapat tepuk tangan yang meriah dari para pengunjung.

Seni bela diri Jepang ini dipertunjukkan di INOBU 12.

Di sela berbagai penampilan di panggung, ada juga nonton bareng dan seminar seiyuu di ruangan Auditorium SMAN 1 Bekasi. Berbagai film dan animasi diputar untuk ditonton bersama, suasana ruangan pun diatur sedemikian rupa sehingga terasa seperti bioskop pada umumnya. Tentu film yang ditayangkan adalah film yang layak untuk ditonton bersama ya!

Seminar ini diisi oleh Dewi Sartika, seorang dubber yang cukup legendaris dan terkenal dengan mengisi suara karakter Nobita dari animasi Doraemon. Kak Dewi memberikan berbagai materi yang menarik di dalam seminar ini, mulai dari lika-liku pengalamannya menjadi seorang seiyuu, penjelasan tentang dunia penyulihan suara (dubbing), hingga berbagai tips menjadi seiyuu pun diberikan oleh kak Dewi. Penyampaian materi yang sangat santai membuat para peserta seminar dengan luwes mengikuti alur seminar dan suara tawa dari para peserta seminar pun mengisi ruangan. Tak tertinggal, seminar ini diakhiri dengan foto bersama kak Dewi dengan para peserta seminar.

Pengisi suara Nobita (Doraemon)

Walau panasnya siang hari menyorot lapangan sekolah, acara ini tetap berjalan dengan meriah. Selepas ishoma, halaman panggung diisi oleh penampilan yosakoi dari Universitas Darma Persada, kemudian dilanjutkan dengan hiburan musik dari berbagai band seperti Egao, Niwakaraa, Kepik Terbang, Thousand Sunny, dan Lunatic Tokyo. Kerumunan pengunjung semakin bertambah mengisi halaman panggung untuk melihat berbagai penampilan.

Pertunjukan band memecah rasa penat di siang bolong.

Di sisi lain dalam acara ini, terdapat sebuah stand khusus ‘permainan rakyat’. Para pengunjung bisa mencoba berbagai macam permainan sederhana, seperti menembak balok dengan pistol, melempar tali hingga masuk ke tabung, serta menuliskan sesuatu di atas kayu. Tentu untuk pengunjung yang berhasil memainkan permainan tersebut akan mendapatkan hadiah. Ada pula komunitas itasha yang turut memamerkan kendaraan sepeda dan motor berhias karakter anime. Kendaraan tersebut tersusun secara berjajar dan rapi sehingga ikut menghiasi sisi lapangan menjadi lebih bervarian.

Acara belum selesai, panggung kembali diisi penampilan. Selanjutnya terdapat penampilan kabaret Shadow Cosplay, menceritakan kisah Naruto dan Hinata sebagai pemeran utama, penampilan ini mampu membuat para pengunjung antusias menontonnya. Alur yang ringan membuat pengunjung menyaksikan kabaret sambil duduk di lapangan hingga cerita selesai dan memberikan tepuk tangan yang sangat meriah.

Semakin sore, semakin banyak pengunjung yang berdatangan. Disambung dengan penampilan dari Shojo Complex dan Ren-Ai membuat para pengunjung bernyanyi dan mengayunkan tangan bersama meramaikan acara. Menjelang akhir, acara disisipkan pengumuman pemenang untuk lomba cosplay dan lomba dance cover dan akhirnya ditutup dengan bon odori.

Acara juga dimeriahkan oleh berbagai bintang tamu dan beraneka ragam karakter yang dibawakan oleh banyak cosplayer, juga oleh para panitia. Panitia dalam acara ini turut turun ke lapangan dengan memakai seragam yang cukup modis dan mudah dikenali, sehingga dapat dibedakan antara banyaknya pengunjung yang hadir.

Cukup sudah liputan dari tim Risa Media untuk acara INOBU 12. Terima kasih banyak untuk para partisipan acara ini karena sudah turut serta memeriahkannya. Sampai jumpa di acara INOBU selanjutnya!

Liputan oleh Hilmy Oktoharitsa, Rinaldi Xafort dan Aisyah Muza.

Excel Coananda

Komikus Risa Comics, Penulis Risa Media
Hobi membuat dan membunuh meme.

Tinggalkan Balasan