[Liputan] Meriahnya Para Penggemar Jejepangan dari Jawa Tengah di ORENJI 2018!Dibutuhkan waktu 2 menit untuk membaca artikel ini

Original Event of Japan In Indonesia atau disingkat ORENJI kembali untuk memberi hiburan bagi para enggemar budaya pop Jepang di Jawa Tengah dan sekitarnya.

Hai Hai Riscomrades! Risa Media divisi Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk pertama kalinya berkunjung ke Semarang, loh! Pada kesempatan ini, kami mengunjungi event ORENJI 2018 yang diadakan pada tanggal 4 November 2018 dan bertempat di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto No.1d, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

ORENJI 2018 adalah event tahunan yang diadakan oleh Mahasiswa D3 Bahasa Jepang dan S1 Bahasa dan Kebudayaan Jepang Universitas Diponegoro Semarang. ORENJI tahun ini mengangkat Tema “Yuujou no Tabi” atau Perjalanan Persahabatan. Event ini terkenal sebagai event yang paling ditunggu dan berhasil menarik perhatian para pencinta Jejepangan di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. Hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa ORENJI 2018 berhasil menarik lebih dari 7000 pengunjung dalam waktu sehari saja!

ORENJI juga mengadakan lomba akademik tingkat nasional pada tanggal 20 Oktober 2018. Lomba akademik ini dinamai ORENJI EDUKASI dan diikuti oleh puluhan siswa SMA/SMK/MA/sederajat se-Indonesia. ORENJI EDUKASI mengujikan berbagai lomba seperti Lomba Cerdas Cermat (LCC), Kanji dan Kana Challenge, Kamishibai, dan Speech Contest.

Untuk acara utamanya, ORENJI 2018 menawarkan berbagai lomba hiburan seperti Song Cover Solo dan Grup, Dance Cover, Cosplay, Cabaret, Band, Photography, dan Illustration. Selain itu, terdapat pula penampilan dari Benjiro Band, Cabaret Kouhai Kazahana ft. Haruko & Haruki (Maskot Orenji 2018), Harukaze Odori, dan NEaR.

Serangkaian acara bertema budaya Jepang juga terdapat seperti Kelas Memasak Masakan Jepang dan Kelas Minum Teh ala Jepang bersama Orang Jepang. Mengikuti seperti Festival di Jepang, ORENJI juga menghadirkan Obake Yashiki atau Rumah Berhantu yang menampilkan tema “Haru no Akumu” (Mimpi Buruk di Musim Semi).

Dalam rangka membuka pasar bagi industri kreatif di Jawa Tengah, ORENJI berkomitmen mengadakan Orenji Comic Market atau disingkat JICOMA. ORENJI mengklaim JICOMA adalah comic market pertama yang diadakan di Jawa Tengah. Berbagai lingkar karya (circle) dari Jawa Tengah turut hadir meramaikan JICOMA, bahkan ada juga beberapa lingkar karya dari luar Jawa Tengah mengisi stand di JICOMA.

Cosplayer Frea Mai dan Cylla dihadirkan sebagai Guest Star sekaligus Juri Lomba Cosplay pada ORENJI kali ini. Selain itu, event ini dimeriahkan juga oleh penampilan dari Band LUNA Gravity, Re”fier”, dan pertunjukan musik diakhiri oleh Band MEA. Acara ditutup dengan Pertunjukan Hanabi/Kembang Api.

Keseruan Event (foto: Rizaldy Firstky)
Antusiasme Pengunjung (foto: Rizaldy Firstky)
Sudut Sudut JICOMA (foto: Rizaldy Firstky)
Suasana JICOMA (foto: Rizaldy Firstky)
Penampilan LUNA Gravity (foto: Rizaldy Firstky)

Sekian liputan Tim Risa Media dari Semarang dan sampai bertemu kembali dengan kami di liputan selanjutnya!!

Liputan oleh Rizaldy Firstky. Penulisan oleh Aditya Putera Tanriawan.

Risa Media Divisi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta

Risa Media Divisi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta

Tinggalkan Balasan