[Liputan] UTSURU SX! Bersenang-senang Bersama Teman KomunitasDibutuhkan waktu 2 menit untuk membaca artikel ini

Meskipun cuaca Malang cukup dingin, namun semangat komunitas jejepangan tetap membara.

Hai-hai Riscomrades! Pada 4 Agustus kemarin, Tim Risa Media Jawa Timur kembali meliput sebuah acara seru di Kota Malang, Jawa Timur. Acara ini secara khusus diadakan agar para komunitas, circle, cosplayer, dan penggiat popkultur lainnya dapat berkumpul bersama. Acara yang kami liput kali ini adalah Utsuru SX!

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Utsuru SX diadakan di rooftop Mall Dinoyo City, Malang. Penyelenggaraannya diadakan oleh komunitas sekaligus event organizer, yaitu Japan Culture Daisuki. Utsuru memang secara khusus didesain bagi komunitas-komunitas penggemar popkultur Jepang. Dalam prosesnya, acara ini mengundang seluruh komunitas jejepangan yang berada di Malang dan daerah lain di Jawa Timur untuk berpartisipasi, bersenang-senang, dan berkarya.

Keramaian acara sudah dapat ditebak jauh sebelum hari H. Poster teaser dari acara ini disebarkan oleh banyak orang, utamanya karena desainnya yang tidak mainstream. Terlihat bahwa poster ini menampilkan karikatur bergaya manga shonen era 90an. Karakter yang dikarikaturkan tak lain adalah para anggota dari Japan Culture Daisuki yang cukup dikenal di kalangan penggiat jejepangan Kota Malang.

Ini poster event lho!

Japan Culture Daisuki juga memberikan banyak ruang bagi para komunitas dan sirkel yang ingin mengekspresikan diri. Banyak sekali booth yang didedikasikan khusus bagi para komunitas dan sirkel.

Menari dan Bernyanyi dalam Cuaca Dingin

Selain itu, hiburan di atas panggung juga tidak bisa dilewatkan begitu saja. Berbagai performer seperti band, dance cover, dan cosplay bergantian menghibur semua pengunjung yang sudah datang di acara ini. Para pengunjung yang datang tampak senang dan terhibur oleh semua hiburan yang diberikan oleh acara ini, padahal hari itu cuaca di Kota Malang agak tidak bersahabat karena angin yang cukup keras dan dingin. Tapi, sepertinya cuaca tidak mengganggu kesenangan di hari itu (meskipun penulis akhirnya masuk angin). Dari awal acara hingga akhir, tampak antusiasme dari pengunjung dan tidak ada gangguan yang berarti, kecuali sinyal ponsel yang sempat hilang beberapa kali akibat padamnya listrik di beberapa bagian Pulau Jawa.

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Setelah bersenang-senang seharian di Utsuru SX, pengunjung dihibur oleh penampilan pungkasan dari komunitas DJ, Vibetronic. Semua pengunjung berdansa mengikuti alunan lagu yang dimainkan di atas pangung. Kesenangan hari itu ditutup dengan berdansa bersama teman-teman sepermainan. Pengunjung yang masih bertahan hingga akhir terus berdansa seakan tidak peduli akan kemungkinan masuk angin, atau bahwa besoknya adalah hari senin.

Sekali lagi, Japan Culture Daisuki berhasil membuat acara yang sangat meriah bagi teman-teman komunitas penggemar budaya Jepang.

Sekian liputan Tim Risa Media Jawa Timur di acara Utsuru SX. Terima kasih bagi teman-teman dari Japan Culture Daisuki yang sudah memberikan kesempatan bagi Risa Media untuk meliput acara Utsuru SX. Semoga tahun depan Utsuru semakin ramai dan meriah lagi. Sampai jumpa di liputan berikutnya!

Liputan dan foto oleh Giovanni Yano dan Karsa Septiansyah