[Liputan] Sambutlah Kartu Haikyu!, Permainan TCG Kompetitif yang Tetap Ramah untuk Pemula!Dibutuhkan waktu 2 menit untuk membaca artikel ini

Permainan kartu Haikyu! berbasis TCG diperkenalkan di Comic Frontier 12.

Haikyu! adalah komik Jepang karangan Haruichi Furudate yang saat ini merupakan salah satu komik dengan genre olah raga yang sangat digemari oleh para pencinta manga. Komik ini bercerita tentang perjuangan Hinata membuat tim bola voli di SMP-nya dan mengikuti kompetisi bergengsi dengan sekolah lainnya. Haikyu! sangat disenangi karena nuansa kompetitif dalam permainan bola voli yang didukung oleh karakter-karakter tampan yang siap mengambil hati para pembaca, terutama pembaca wanita.

Nah,  baru-baru ini permainan kartu berbasis Haikyu! dirilis oleh Brain Navi Indonesia untuk para penggemar Haikyu dan permainan TCG di tanah air. Permainan kartu ini diberi tajuk TCG HAIKYU! VOLLEYBALL CARD GAME. Apakah yang terjadi jika olah raga voli ini ditransformasikan menjadi TCG atau trading card game yang semakin terkenal di kalangan para penikmat Jejepangan? Berikut adalah laporan Risa Media mengenai peluncuran kartu Haikyu! di Comic Frontier 12 pada hari Minggu kemarin (26/2).

Kartu Haikyu! merupakan sebuah gim TCG yang unik dan mudah untuk dimainkan. Permainan ini sangat fast-paced dan 1 match bisa hanya 10 menit saja, berlangsung sangat kompetitif sehingga bermain berulang kali pun tidak terasa repetitif. Kartu Haikyu! mempunyai komposisi seperti permainan voli dimana ada serve, receive, pass, attack, dan block.

Jenis kartu ini terdiri dari 2 (dua) jenis yaitu kartu karakter yang dapat dimainkan dalam serve, receive, attack, dan block; dan kartu action yang dapat memberikan efek tambahan saat receive. Permainan dimulai dengan player 1 memberi serve dan player 2 harus me-receive serve tersebut, kemudian player 2 masuk ke fase pass dan attack untuk menyerang ke player 1.

Player 1 kemudian harus me-receive nilai attack ditambah nilai pass player 2 untuk sukses me-receive dan berlanjut ke pass dan attack. Jika tidak bisa, player 1 dapat mem-block attack-nya dengan men-stack kartu karakter di block. Banyaknya karakter yang dapat digunakan dalam block area adalah 3 karakter.

Bila bola berhasil di-block, maka giliran player 2 kembali untuk me-receive pass dan attack player 1 lagi. Ronde ini terus bergilir hingga salah satu player tidak bisa menghadang serangan player lainnya atau salah satu player kehabisan kartu karakter. Permainan Kartu Haikyu! menggunakan sistem best of three dimana pemain harus menang sebanyak 2 (dua) ronde.

Kartu Haikyu! terbilang cukup baru karena volume 1 dari permainan ini baru saja diluncurkan pada Desember 2018 yang starter deck-nya berisikan karakter pemain dari tim Karasuma. Sementara itu volume keduanya diluncurkan pada bulan Februari 2019 dan starter deck-nya berisi karakter pemain dari tim Aoba dan Nekoma.

Pengunjung yang menyempatkan diri untuk menjajal permainan kartu ini mengatakan bahwa permainan ini mudah untuk dimengerti karena menggunakan bahasa Indonesia dan sangat seru karena bisa bermain menggunakan para husbando mereka. TCG volume 1 dan 2 sudah dapat dibeli di toko Gramedia terdekat dengan harga untuk satu paknya seharga Rp.135.000 saja.

Tunggu apa lagi? Segera koleksi kartu Haikyu-mu sekarang dan tantang temanmu untuk bermain!

Liputan oleh Dimas Andaru K.

Dimas Notowidjojo

Tinggalkan Balasan