[Wawancara] Komunitas Aimer Indonesia, Menyebarkan Kecintaan akan Karya AimerDibutuhkan waktu 5 menit untuk membaca artikel ini

Aimer-Indonesia-Thumbnail

Berawal dari Komunitas Aimer Internasional, komunitas Aimer Indonesia ingin menyebarkan kecintaan akan karya Aimer melalui bahasa Indonesia.

Aimer (エメ dibaca Eme) adalah penyanyi Pop dan penulis lagu dari Jepang yang telah memiliki kontrak kerja dengan label musik SME Record. Nama Aimer diambil kata kerja bahasa Prancis “Aimer” yang berarti “Love” alias Cinta. Aimer sering tampil mengisi cover lagu Anime seperti yang baru-baru ini “I beg You’ untuk cover lagu di Film animasi Fate/Stay Night Heaven Feel.

Pada kesempatan kali ini, kru Risa Media mendapat kesempatan untuk mewawancarai perwakilan dari komunitas Aimer Indonesia yang memiliki kecintaan dan apresiasi luar biasa terhadap karya-karya dari Aimer.
Berikut hasil wawancara kru Risa Media:

Bisa dijelaskan apa itu Komunitas Aimer Indonesia menaungi dan mewadahi apa saja?

 

Kami adalah komunitas yang mewadahi,mereka-mereka yang menyukai karya-karya Aimer. Komunitas Aimer Indonesia menjadi wadah dimana kita bisa berkumpul, saling berbagi info- info dan konten-konten karya Aimer yang baru.

Sejak kapan kalian kepikiran untuk membentuk Komunitas Aimer Indonesia?

Komunitas ini pertama kalinya dibentuk oleh Rei Akira. Beliau bisa disebut sebagai ketua kami. Dulunya kami hanyalah Grup Facebook Aimer Indonesia, yang sebelumnya sudah dibentuk dari tahun 2016 silam. Pada awalnya grup Facebook Aimer Indonesia hanya untuk sekadar berbagi informasi, namun Akira menawarkan diri menjadi pengurus grup Aimer Indonesia karena banyak anggota awal Grup Aimer Indonesia tergabung dalam grup International mengalami keterbatasan dalam bahasa, sehingga dibentuklah Grup Aimer Indonesia

Berapa anggota awal Aimer Indonesia, kemudian sekarang berkembang sudah sampai berapa orang?

Pada mulanya Grup Aimer Indonesia hanya diurus oleh Akira, Namun kemudian Akira menunjuk Meng untuk menjadi Co-admin bersama akira. sekarang kepengurusan Grup Aimer Indonesia ada 3 orang, Akira sebagai ketua grup dan memegang grup resmi di Whatsapp; admin meng dan admin satu lagi mengurus platform lainnya, dimana ada Twitter, Youtube, Instagram dan Fanpage yang di pegang oleh Kevin.

Aimer-Indonesia-Thumbnail

Anggota grup sekarang terbilang sudah banyak, dengan grup LINE sudah mencapai 180-an orang, sementara di Whatsapp lebih banyak lagi hingga 280-an dan Instagram memiliki sekitar 207 followers. Grup twitter masih terbilang sangat baru karena memiliki 5 followers untuk sementara.

Dimana tempat kalian kalau kumpul-kumpul, kapan aja, dan dimana aja?

Meetup resmi pertama kami di Bebek Ginyo saat bulan puasa, kami merenacakan Meetup ini sebagai sarana untuk berbuka puasa bersama, kemudian Meetup kami yang kedua adalah ketika event Ennichisai tahun 2017 yang menjadi Meetup terbesar kami. Lalu kami juga mengadakan Meetup di Jak Japan Matsuri (JJM), dan yang terakhir di Kota Tua, dimana acaranya terbilang ramai karena kami mengadakan Karaoke lagu-lagu Aimer dan juga Tebak lagu yang berhadiah merchandise Aimer yang kami buat sendiri.

Terus kalau kalian lagi meetup gitu, acaranya selain games-games dan tebak lagu, ada apa lagi sih?

Acara kami sekadar diskusi mengenai Aimer dan lagu barunya. Kami membahas yang tentang lagu-lagunya yang menurut kami sangat menarik untuk kami bahas, lalu kami selalu have fun bersama dengan jalan-jalan bareng teman teman komunitas.  Intinya adalah, setiap meetup kami banyak berdiskusi tentang lagu-lagunya aimer yang telah di rilis, saling minta dan dengar pendapat teman-teman komunitas  mengenai album-album Aimer serta membantu Pre-Order Album baru Aimer, dan tentu saja selalu mengapresiasi karya-karya Aimer.

Menurut kalian, Apa pendapat orang-orang sekitar tentang Komunitas Aimer Indonesia?

Kami kurang tahu pendapat masyarakat luas, Namun pada beberapa event Meetup kami seperti di kota tua dan Ennichisai, kami pernah kedatangan orang luar yang bukan dari komunitas kami namun mengetahui akan komunitas kami dari facebook atau media sosial lainnya. Mereka kemudian foto bersama komunitas kami. Ada juga temannya, dari Palembang, ia juga datang dan ikut gabung kumpul-kumpul bersama kita. Mungkin dari pembawaan komunitas kami yang have fun. Sehingga terbuka jika sedang Meetup, tidak hanya khusus anggota kami saja. Jika orang ingin ikut have fun, yah gabung ikut saja.

Sementara itu,  dari anggota kami sendiri; mereka senang aja, karena melalui komunitas ini mereka ada wadah untuk saling berbagi tentang aimer dengan menggunakan bahasa indonesia, tidak seperti saat mereka gabung di Aimer internasional karena harus berpikir untuk bicara menggunakan bahasa inggris. Jadi mereka yang dulunya pasif karena terhalang bahasa akhirnya jadi aktif di Grup Aimer Indonesia.

Apa saja kejadian menarik yang pernah terjadi di Aimer Indonesia selama berada di Komunitas Aimer Indonesia?

Kalau dari saya sendiri, saya kan tinggalnya di Palembang, sedangkan kebanyakan anggota Aimer lainnya Jabodetabek, jadi rasanya seperti dapat banyak teman. Walaupun kita berasal dari berbagai kota tapi kita tetap have fun gitu seperti melalui grup call, nyanyi-nyanyi di grup call Sayanya bersyukur bisa bertemu sama anggota-anggota Aimer lainnya dan merekanya bener-bener asyik, tidak jaim, sehingga rasanya asyik gitu dengan anak-anak aimer. Serasa lebih dari keluarga.

Bagaimana caranya bergabung dengan komunitas grup Aimer Indonesia?

Untuk bergabung dengan komunitas kami sangat gampang, Kami mempunyai di hampir semua sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan Youtube. Untuk bergabung di facebook group bisa di search “Grup Aimer Indonesia”, Di Instagram bisa memfollow Aimer_Indonesia dan untuk bergabung di grup LINE atau Whatsapp bisa mengontak salah satu Admin Kami.

Semisalnya, ada yang gabung di grup Aimer Indonesia tapi dia tidak tahu banyak tentang Aimer, bagaimana kalian menyikapinya?

Disana kami bimbing dia, kami kasih info segala macam perkembangan tentang Aimer, sehingga menimbulkan ketertarikan mendalam pada mereka yang tidak tahu pada Aimer sehingga merasa nyaman terjun dalam komunitas Aimer. kami welcome banget sama teman-teman cuman tahu sedikit tentang Aimer tapi mau gabung sama grup Aimer Indonesia. Jadi disana kami berbagi secara terbuka, baik perkembangan dan info terbaru tentang Aimer, lagu terbarunya, jadwal konsernya, cara pre-order albumnya, dan cara gabung resmi aimer di website resmi Aimer, Black and Noir.

Apa harapan dan keinginan dari komunitas Aimer Indonesia kedepannya?

Harapan dan keinginan komunitas selalu ingin mewujudkan Aimer bisa konser di indonesia. Karena di indonesia ada orang2 yang apresiasi karya-karya dia Aimer), mendukung karya-karya dia dan jumlah kami tidak sedikit dan amat ingin aimer untuk bisa tampil di indonesia.

Kenapa kalian mengharapkan Aimer bisa konser di Indonesia?

Karena banyak member Aimer Indonesia tidak bisa nonton aimer konser di luar negeri,  sehingga berharap Aimer bisa konser di indonesia. Aimer konser di Indonesia menjadi goal kami sebagai fans serta memperluas jangkauan mereka yang mengapresiasi dan menyukai karya Aimer.

Adakah yang mau kalian sampaikan kepada orang-orang  mengenai komunitas kalian?

Sesuai dengan tagline komunitas kami,  “Aimer is love Aimer is life”. Kalau Aimer benar-benar suka sama aimer dan karya-karyanya. Kami harus mengapresiasinya dengan membelinya secara legal. Tidak mendapatkan karya-karyanya melalui bajakan dan situs ilegal dan menonton konsernya kalau mampu.

 

Narasumber: Kevin, Emei, Akbar, dan Wahyu

Pewawancara : Aisyah Muz


Dimas Notowidjojo

Social Media Strategist and Editor at RIsamedia. Not A Weeb but Weeb

Tinggalkan Balasan