Miku Melepaskan Diri Dari VOCALOID Milik YamahaDibutuhkan waktu 1 menit untuk membaca artikel ini

Crypton Future Media

Karakter-karakter Crypton akan memiliki sistem sendiri, terlepas dari VOCALOID milik Yamaha.

Pada Magical Mirai 2019 di Tokyo beberapa saat yang lalu, Wataru Sasaki dari Crypton Future Media mengumumkan hal-hal penting mengenai Hatsune Miku dan karakter-karakter vocal synth software lain dari Piapro, serta perkembangannya ke depan terkait hubungannya dengan sistem VOCALOID milik Yamaha.

 

Perubahan besar yang mengejutkan ini adalah: Hatsune Miku dan karakter-karakter Crypton lain akan memisahkan diri dari mesin VOCALOID milik Yamaha. Ini berarti, bank suara (voicebank) Miku beserta karakter lain akan dilepaskan ikatannya dari mesin VOCALOID, dan produk/mesin baru untuk karakter-karakter ini akan menggunakan algoritma dari Crypton sendiri, yang telah mengembangkannya selama dua tahun.

Meskipun begitu, ‘identitas’ dari Miku dan teman-temannya akan tetap sama.

Produk milik Crypton ini belum memiliki nama, dan 11 effector VST baru akan disertakan pada produk baru ini, termasuk Cherry Pie, HS Booster, dan Vocal Drive. Produk ini akan dirilis sebagai serial baru bersama generasi selanjutnya dari Studio Piapro pada tahun 2020.

Hubungan Crypton dengan Yamaha akan terus berjalan, namun tidak akan ada update baru terkait Miku dan teman-temannya terkait dengan mesin VOCALOID 5 milik Yamaha.

Dengan pembaharuan ini, Crypton digadang-gadang akan lebih memiliki fleksibilitas dan tambahan-tambahan baru pada perangkat lunak mereka, suatu hal yang akan diapresiasi oleh pelaku sekaligus penikmat pasar Vocaloid. Mengutip mikufan.com, bahkan mungkin akan terdapat penurunan harga, sebab tidak ada biaya royalti yang harus dibayarkan ke Yamaha setelah ini.

Informasi lebih lanjut akan diumumkan oleh Crypton Future Media dan Yamaha pada akhir tahun ini.

Sumber: Mikufan.com