[Retro Corner] ‘Pokemon Yellow’, Seri Pokemon Yang Memanjakan Hati Penggemar Pikachu!Dibutuhkan waktu 4 menit untuk membaca artikel ini

Sayang dengan suara "Pika - Pika" yang imut nan menggemaskan? Seri Pokemon ini termasuk gim pertama yang menampilkan suara tersebut lho!

Selamat datang kembali di Retro Corner, tempat untuk para gamer yang ingin bernostalgia dengan apapun yang berhubungan dengan gim lawas. Kalian sudah pada menonton film Pokemon: Detective Pikachu? Pasti setelah menonton film itu kalian pada merasa gemas dengan penampilan Pikachu yang fluffy bagaikan hewan peliharaan. Dalam Artikel ini, kita akan mentilas balik bagaimana Pikachu ini mendapatkan Gim edisi spesial yang didedikasikan kepadanya.

Pikachu, dan Ikue Otani sang pengisi suara imutnya

Pikachu merupakan Pokemon yang kita semua familar, digambarkan sebagai sosok yang menyerupai tikus kuning bertubuh mungil nan chubby. Berdasarkan pernyataan dari Satoshi Tajiri selaku kreator Pokemon, inspirasi penamaan Pikachu ini diambil dari kata “pika”, sebuah bentuk kata Jepang untuk mendeskripsikan suara listrik, dan “chu” yang merupakan bentuk kata Jepang untuk mendeskripsikan suara tikus. Kata “pika” sendiri juga diambil dari nama hewan mamalia sejenis tikus yang berada dikawasan Asia dan Amerika Serikat, yang kebetulan merupakan bentuk dasar yang dipilih sebagai sosok Pikachu.

Pika, bentuk dasar dari wujud Pikachu yang sudah lama kalian kenal

Sesuai dengan sifat asli Pika, Pikachu merupakan mahluk ramah yang senang dipeluk. Namun, jika merasa terancam atau marah, Pikachu bisa menjadi sangat agresif hingga mengeluarkan petir yang mengincar apapun disekitar dia. Pikachu memiliki perubahan selanjutnya, yaitu Raichu. Untuk berubah menjadi Raichu, kalian harus memaksimalkan happiness pada Pikachu dan memberinya Thunder Stone, sebuah item khusus untuk perubahan beberapa Pokemon tipe listrik tertentu.

 

Raichu, bentuk perubahan pada Pikachu

Pokemon Yellow Version: Gim Edisi Spesial bagi Pokemon Spesial

Pokemon Yellow Version: Special Pikachu Edition, atau lebih akrab disebut Pokemon Yellow, adalah gim RPG / Monster Breeding yang dirilis oleh Nintendo untuk platform Game Boy. Gim ini merupakan sebuah ekspansi dari Pokemon Red & Blue. Seri Pokemon ini juga ditargetkan untuk kalangan yang pertama kali kenal Pokemon dari serial anime yang pertama tayang pada tahun 1997. Selain itu, Pikachu menjadi satu – satunya Pokemon yang diperlakukan khusus pada gim ini, termasuk penambahan suara “Pika – Pika” yang biasa terdengar di animenya yang disuarai oleh Ikue Otani. Hal ini membuat penulis pada saat itu lumayan terkesan saat pertama kali memainkannya di Game Boy, karena tidak menyangka hardware konsol 8-bit pada saat itu bisa mengeluarkan suara orang sungguhan.

Gameplay Pada Pokemon Yellow

Untuk gameplay secara general masih memakai formula yang sama seperti gameplay serial Pokemon pada umumnya. Kalian menjadi poke-trainer, memilih Pokemon perdana kalian, dan memulai perjalanan untuk mengalahkan setiap gym leader yang ditemui. Hal yang berbeda pada Pokemon Yellow pada saat itu adalah kalian langsung mendapatkan Pikachu sebagai starter kalian ketimbang memilih tiga starter Bulbasaur, Charmander, dan Squirtle terlebih dahulu.

Karena dirancang sebagai memperingati penayangan anime, maka Pikachu ini menjadi satu – satunya Pokemon yang mendapat perlakuan khusus. Seperti pada animenya, Pikachu selalu mengikuti kalian sepanjang jalan ketimbang masuk kedalam Pokeball seperti Pokemon lain. Kalian bisa berinteraksi dengan Pikachu ketika berhadapan dengannya, kemudian kalian bisa menaikan tingkat happiness pada Pikachu tergantung dengan hasil pertarungan Pokemon kalian. Jika kalian memenangkan pertarungan dan menaikan level Pikachu, maka happiness-nya akan meningkat, dan akan menurun jika Pikachu kalian kalah bertarung. Tidak lupa dengan suara “pika – pika” yang terdengar khas pada anime Pokemon yang kini ditampilkan untuk gim ini.

Datang Dengan Game Boy Printer

Pokemon Yellow memiliki fitur spesial dimana kalian bisa print data Pokemon kalian yang muncul di Pokedex setiap setiap kalian menemuinya sepanjang jalan. Fitur tersebut tersedia jika kalian memiliki aksesoris Game Boy Printer. Game Boy Printer edisi Pikachu Yellow dirilis berbarengan dengan gim Pokemon Yellow khusus regional Jepang. Sayangnya fitur ini tidak tersedia untuk versi Virtual Console yang tersedia untuk 3DS.

Game Boy Printer edisi Pikachu Yellow

Peninggalan Untuk Pokemon Generasi Selanjutnya

Pokémon HeartGold & SoulSilver

Pokémon HeartGold & SoulSilver merupakan remake dari Pokemon Gold & Silver yang dirilis untuk platform NDS. Gim ini menambahkan fitur dimana Pokemon barisan pertama berada diluar Pokeball dan mengikuti kalian menyerupai mekanik gameplay Pokemon Yellow. Fitur ini tersedia untuk semua Pokemon yang ditempatkan pada barisan pertama. Kalian bisa memeriksa tingkat happiness pada Pokemon kalian melalui touchscreen NDS kalian.

Pokemon: Let’s Go, Pikachu! and Let’s Go, Eevee!

Pokemon: Let’s Go, Pikachu! and Let’s Go, Eevee! merupakan remake dari Pokemon Yellow. Disini untuk starternya kalian akan mendapatkan Pikachu jika memilih versi Pikachu, dan mendapatkan Eevee jika memilih versi Eevee. Fitur pada Pokemon Yellow disini dihadirkan kembali dengan improvisasi yang lebih besar seperti bisa mengelus – elus Pikachu kalian untuk menambah happiness-nya. Perlu diketahui gim ini lebih memperkuat slogan “gotta catch em’ all”, sehingga mekanik gameplay menangkap Pokemon ala Pokemon Go lebih diperkuat disini. Tidak ada pertarungan terhadap Pokemon liar, namun setiap kalian menangkap Pokemon, kalian mendapatkan Exp yang bisa dibagi rata ke seluruh Pokemon milik kalian.

Itulah beberapa info terkait dari Retro Corner hari ini. Seperti biasa, jika teman – teman Riscomrades sekalian punya masukan, saran, dan ide untuk bahasan Retro Corner berikutnya, silakan sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar di bawah ini, ya!

Sampai ketemu di Retro Corner berikutnya!

Tulisan ini adalah opini pribadi dari penulis, tidak mencerminkan pandangan umum Risa Media. Penulisan oleh Ivan Mahendrawan.


Ivan Mahendrawan

Teman bermain dan berbagi meme bersama

Retro Game & RPG Freak

Tinggalkan Balasan