Kami akan mencoba memilihkan mobage yang cocok untuk Anda sesuai dengan seberapa senang Anda berjudi.

Inilah waktu yang paling indah dalam setahun bagi para pemain Granblue Fantasy. Setiap hari, 10 sampai 200 roll dibagikan secara cuma-cuma melalui Roulette kepada seluruh pemain. Ini menyebabkan pemain-pemain lama, nonaktif, maupun musiman kembali lagi: baik untuk kembali bermain maupun sekadar mencoba peruntungan untuk mendapatkan SSR.

Bagaimana tidak, tanpa melakukan misi atau grinding apapun, hanya dengan login, para pemain bisa melakukan roll gratisan setiap hari. Setiap hari! Cygames juga sering membagikan material secara cuma-cuma, apalagi kalau disebabkan oleh maintenance mendadak.

Bandingkan dengan: F/GO. Delight Works tahu kalau para pemain tak butuh insentif untuk menghabiskan uang dalam gacha. Dengan rate-up yang paling busuk di antara yang lain, waktu mengumpulkan Saint Quartz yang melelahkan, dan bagaimana DW jarang sekali membagikan freebies, gim ini tidak ramah bagi mereka yang alergi gacha.

Numpang selipin potongan komik strip, gan.

Bagaimanapun juga, mobage adalah salah satu aktivitas wibu yang paling ramai. Sama seperti teman-teman normies anda yang selalu main PUBG Mobile atau Mobile Legends, teman wibu Anda memiliki kemungkinan besar untuk bermain setidaknya salah satu mobage, baik itu genre RPG seperti F/GO, rhythm seperti LLSIF, atau strategi seperti Kancolle. Kalau misal Anda tertarik untuk memasuki neraka gacha, berikut panduan mobage apa yang cocok untuk Anda didasarkan dari beberapa kriteria.

Tahap demi tahap, penulis akan berusaha mengilustrasikan kategori mobage melalui dua kriteria: seberapa payah tingkat rate-upnya, dan seberapa sulit (serta lama) bagi para pemain untuk mendapatkan material (grinding) sampai bisa melakukan roll 10 kali. Meskipun penulis berusaha untuk mengukur kriteria seakurat mungkin, sangat minim metode saintifik yang benar-benar saintifik di artikel ini, dan kebanyakan sumber berasal dari staf kami sendiri.

Jadi, konten artikel akan cukup akurat, tapi saya tidak akan menjamin kualitasnya agar sama dengan paper jurnal ilmiah. (Sebab paper ilmiah butuh penelitian dan penelitian butuh biaya. Kalau mau, bayar saya.)

F/GO Bagi Mereka yang Suka Tantangan

Yang pertama: seberapa besar tingkat rate-upnya? Tetapi, pertama-tama, kita harus menjelaskan terminologi (artikel ini kan, artikel panduan). Tiap mobage biasanya punya tingkatan kelangkaan (rarity) bagi suatu karakter. Biasanya, jarak dari kelangkaan berkisar dari yang paling bawah (N, atau Normal) sampai SSR (Super, Super Rare, atau UR, Ultra Rare, di beberapa gim).

Nah, untuk mendapatkan karakter-karakter ini, kita harus roll ditukar dengan sejumlah material. Ketika kita melakukan roll, tingkat rate-up ini adalah kemungkinan kita untuk mendapatkan karakter dengan tingkat kelangkaan tertinggi. Persentasenya bisa berubah ketika ada event atau summoning campaign – tapi, tidak semua mobage memiliki ini, dan tidak semuanya memiliki penambahan rate-up yang signifikan.

Berikut tingkat rate-up yang kami himpun dari sejumlah mobage:

Astaghfirullah, FGO!

Untuk kemungkinan tertinggi mendapatkan karakter paling langka, Azur Lane meraihnya dengan kemungkinan setinggi 7%, disusul oleh LLSIFAS sebesar 5%. Selanjutnya, di tengah, terdapat Cinderella Girls: Starlight Stage (CGSS), Bang! Dream, Granblue Fantasy, dan Kantai Collection, semuanya di kisaran 3%. Namun, Bandori dan CGSS memiliki event rate-up-nya sendiri bernama Dorifest dan Cinfest, menaikkan tingkat rate-up sampai 6%.

Di posisi yang lebih menyedihkan, terdapat Pricon dengan tingkat 2,5%, meskipun bisa didongkrak sampai 5% ketika terdapat event tertentu. Dilanjutkan oleh Honkai Impact 3 pada tingkat 1,5% dan Revue Starlight pada 1,2%.

Nah, untuk posisi yang paling menyulitkan, yaitu gim-gim yang benar-benar harus dihindari untuk mereka yang tidak ingin judi, adalah LLSIF dan F/GO. Hanya terdapat 1% kemungkinan untuk mendapatkan karakter paling langka.

Ya, 1%. Untuk karakter-karakter terbatas, F/GO memang sering menaikkan persentase rate-up, tapi cukup menyedihkan: dari 1% menjadi 1,8%. Karakter terbatas ini berarti bahwa anda tidak bisa mendapatkannya di luar summoning campaign dalam waktu tertentu, dan tidak ada kepastian kalau campaign tersebut bakal kembali. Abbygale Williams, misalnya, dari rilis sampai sekarang belum mendapatkan bannernya kembali.

Jadi, dari segi gacha, gim yang anda pilih (terlepas dari jalan cerita atau gameplay) cukup jelas: Azur Lane cukup gacha-friendly, sedangkan F/GO akan lebih banyak membuat anda menangis. Tetapi ini baru satu bagian. Bagian lain adalah seberapa lama grinding yang perlu anda lakukan.

Anda Tidak Punya Waktu untuk Grinding? Mainkan Azur Lane!

Yang kedua kriterinya cukup gampang dipahami, tapi data yang diambil jelas bisa subjektif: seberapa lama waktu yang dibutuhkan bagi para pemain agar bisa mendapatkan material yang cukup untuk 10 kali roll (kecuali Azur Lane dan Kantai Collection)?

Jawabannya beragam, dan untungnya tim redaksi Risa Media memainkan cukup banyak mobage. Berikut data yang kami himpun:

Ya Ampun, FGO!

Seminggu untuk Kancolle dan Azur Lane, dua minggu untuk GBF, tiga minggu untuk Bandori, CGSS, dan LLSIFAS, serta sebulan untuk Pricon, HI3, Starira, dan FGO. Cukup sederhana, kan?

Tidak, sayangnya. Upaya standardisasi mulai sulit di sini, karena sifat gim yang berbeda (Kancolle yang strategi, LLSIF yang rhythm, dan GBF yang RPG) dan bagaimana 10 kali roll cukup berguna untuk sebagian besar gim (FGO, GBF, LLSIF) tapi jelas tidak terlalu berguna untuk gim lain (Kancolle dan Azur Lane). Jadi, bagaimana menjustifikasi grafik di atas?

Pertama-tama, untuk Kancolle dan Azur Lane.

Azur Lane cukup sederhana (dan cukup mudah). Anda dapat dengan mudah mencari peruntungan untuk mendapatkan UR (dan ingat, rate-up nya paling tinggi, 7%) setiap hari, dan hanya dalam beberapa hari saja, jika Anda hanya mengambil bonus login atau bermain dengan usaha yang tidak banyak-banyak amat.

Yang jelas menyulitkan adalah Kancolle. Rate-up tidak selalu berbanding lurus dengan material: jika Anda ingin mendapatkan destroyer kelas-atas, Anda hanya membutuhkan sedikit material, berbeda dengan battleship yang membutuhkan LSC (Large Ship Construction). Lebih payah lagi, berbeda dengan gim lain, rate-up dan material yang dibutuhkan di Kancolle berbeda setiap kapal. Ya, antara Yamato dan Nagato, Prinz Eugen sampai Bismarck, Zuikaku sampai Graf Zeppelin, semuanya memiliki rate-up dan jumlah material yang berbeda — dan bukan informasi resmi.

Jika anda ingin melihat seberapa berdedikasinya basis penggemar mobage, silahkan mengunjungi situs fandom Kancolle, di mana suatu analisis statistika yang koheren dan terpadu dari penggemar menghasilkan tingkat rate-up dan material yang akurat bagi semua kapal yang ada di sana. Karena tingkat material dan rate-up berbeda, penulis mengambil rata-rata kasar untuk kapal-kapal terbaiknya: seminggu kiranya cukup jika anda rajin melakukan sortie.

Granblue Fantasy juga merupakan kasus yang unik. Meskipun butuh waktu yang cukup lama (sekitar dua-tiga minggu) untuk mendapatkan material sampai bisa melakukan 10x roll, namun Cygames merupakan developer baik hati: pemain cukup sering diberikan material gratisan. Tidak hanya itu, pada minggu-minggu sekarang, pemain akan mendapatkan kesempatan gacha gratisan setiap hari (Roulette), 10 sampai 200 kali. Ada juga Gachapin Frenzy, di mana Anda bebas gacha sebanyak apapun sampai mendapatkan SSR.

Terdapat juga gim lain yang sering memberikan event maupun material gratis, rata-rata gim rhythm seperti Bandori dan LLSIF.

Sedangkan di tingkat sedang-berat adalah sisanya, dengan CGSS, Bandori, LLSIF dan LLSIFAS berkisar di antara 3-4 minggu, dan Honkai Impact 3 serta Revue Starlight di kisaran 1 bulan.

Kasus unik terakhir adalah F/GO. Jumlah material yang disebarkan terbatas, yang berarti, jika Anda telah menyelesaikan semua main quest dan free quest, Anda hanya bisa mendapatkan lebih banyak Saint Quartz dengan cara membelinya, cash. Tetapi, untuk pemula, jangan khawatir! Bonus quest cenderung cepat dan akun Anda yang naik level terus mengakibatkan Anda tidak akan menghabiskan energi, dan Anda dapat melakukan 10 kali roll per 1-2 minggu. Namun, jika babak cerita sudah mencapai tingkat tinggi (Lostbelt, misalnya), mendapatkan 30 SQ akan jauh lebih lama – satu chapter main quest yang tadinya hanya berisi satu pertandingan kini dapat berisi enam sampai tujuh. Jadi, saya (dengan bias saya sebagai pemain F/GO), tetap mematoknya pada kisaran 3 minggu sampai 1 bulan.

Kemudahan untuk pemula ini juga dirasakan oleh pemain LLSIFAS. Jika rajin, pemain dapat melakukan roll dengan interval yang cukup cepat.

Menghitung kedua faktor ini, bagaimana pad akhirnya menentukan mobage untuk dimainkan berdasarkan tingkat gacha?

Cygames yang Baik Hati dan Delight Works yang Jahat Sekali

Kita sudah tahu tingkat rate-up dari mobage yang ada, juga seberapa lama waktu yang harus didedikasikan di dalamnya. Paduan dari keduanya memiliki implikasi yang lumayan. Jika Anda ingin memasukkan kriteria 'gacha' sebagai salah satu alasan memilih mobage, diagram berikut perlu diperhatikan:

Ya Tuhan, FGO.

Oke, mari kita bahas satu-satu.

Kuadran III: Mudah Gacha, Mudah Dapat

Gim dalam kuadran ini enaknya ganda. Tidak hanya pemain mudah mendapatkan material yang dibutuhkan, dengan banyak daily quest dan login bonus, tak butuh banyak effort untuk mengumpulkan cube yang dibutuhkan untuk roll. Tak hanya itu, dibandingkan dengan gim lain, Anda bisa mendapatkan karakter paling kuat dengan kemungkinan tertinggi!

"Salah satu keuntungan memasuki Angkatan Laut adalah jika karirmu sangat, sangat, sangat, sangat, SANGAT bagus, 100 tahun kemudian seseorang akan membuat kapal dengan namamu, dan seseorang di Jepang akan membuatmu menjadi cewek anime moe, loli atau onee-san"

Jika Anda tak punya banyak waktu dan tak terlalu suka merasakan stres dari peruntungan, hanya ada satu mobage yang memenuhi kriteria ini: Azur Lane.

Kuadran IV: Mudah Gacha, Susah Dapat

Gacha adalah rempah-rempah mobage. Tanpa gacha, mobage jadi hambar. Jadi, jika Anda tak punya waktu mendedikasikan ribuan jam melakukan grinding dan menjalankan event, tetapi tetap ingin merasakan kerasnya gacha, pahitnya mendapat SSR ampas, atau bahagianya mendapatkan karakter limited, ada dua gim bagi Anda: Kantai Collection dan Granblue Fantasy.

Lebih bahagia lagi, GBF sedang melaksanakan roulette! Anda pasti dapat melakukan roll 10 sampai 200 kali, setiap hari, gratis, tetapi tetap dengan rate-up yang lumayan busuk. Anda dapat mencoba lagi, berkali-kali, sampai mendapatkan Korwa atau Belial, tanpa menguras dompet anda dalam-dalam.

DW, tolong perhatikan!

Cuma, memang, pemain veteran GBF akan protes keras kalau gimnya dibilang gampang grinding, sebab memang grinding bagi GBF membutuhkan waktu, tenaga, dan kesabaran yang sangat lama. Namun, jika Anda (seperti saya) tak menginginkan akun luar biasa dan hanya ingin bermain secara casual, gim ini bisa menjadi pilihan, sebab developernya sangat ramah terhadap beginner player.

Kuadran II: Susah Gacha, (Cenderung Lebih) Mudah Dapat

Gim dalam kuadran ini diperuntukkan untuk Anda yang punya sejumlah waktu luang, jadi tetap dapat mendedikasikan sejumlah waktu untuk grinding dan menjalankan event, tapi alergi dengan gacha. Hidup sudah cukup pahit, untuk apa menyakiti diri dengan tingkat rate-up yang kejam? Di kuadran ini, hanya ada satu gim, LLSIFAS, dan tiga gim pada saat tertentu: Princess Connect, Cinderella Girls:Starlight Stage, dan Bang! Dream.

Banyak event, banyak rezeki...

Frasa 'cenderung lebih' ditambahkan karena penggemar dari gim-gim diatas jelas tidak akan terima kalau gim mereka dibilang memiliki gacha yang gampang, apalagi penggemar Pricon. Gim-gim ini tetap mempunyai rate-up yang kejam, tapi relatif tak lebih kejam daripada gim lain.

Kuadran I: Susah Dapat Material, Sekalinya Roll  Dapat Ampas

Gim dalam kuadran ini adalah peak mobage experience. Anda akan mendapatkan pengalaman bermain mobage kalau Anda menyentuh gim-gim ini. Anda menghabiskan tiga, satu bulan lebih mengumpulkan material, dengan susah payah dan begadang, menjalankan semua event, sampai anda mampu menekan tombol 10 kali roll — dan tidak mendapatkan apa-apa, sebab rate-up nya hanya 1-1,8%.

Tiada celebration karena saya tidak dapat apa-apa!

Meskipun begitu, beberapa gim di kuadran ini seperti Pricon, CGSS, dan Bandori (Starira juga (?)) memiliki rate-up campaign yang lumayan signifikan, jadi kesengsaraan bermain gim itu hanya sementara, dan Anda bisa saja hanya roll pada saat tertentu di mana nasib peruntungan Anda lebih baik.

Gim lain, seperti Honkai Impact 3, lebih menuntut Anda untuk bermain dengan ciamik, sehingga Anda tetap bisa lancar-lancar saja dengan gacha yang biasa-biasa saja.

Tersisa FGO dan LLSIF. LLSIF cukup mengesalkan: Anda dapat menghabiskan sampai 50 hari mengumpulkan material, tak mendapatkan apa-apa, dan kembali lagi ke awal.

Sedangkan Fate/Grand Order adalah pengalaman mobage yang sempurna. Kemudahan mendapatkan material waktu pemula namun menjadi sangat sulit di kemudian hari, jalan cerita yang menarik dan membuat Anda tetap ingin bermain, tetapi dengan tingkat gacha yang brengsek, developer yang tidak mengerti konsep rate-up (1% jadi 1,8%), tiada event untuk mendapatkan material yang dibutuhkan untuk roll, dan kebutuhan untuk memutar otak jika tak punya karakter-karakter mumpuni membuatnya menjadi gim ikonik di kuadran I ini.

Saya sungguh menyarankan Anda memainkan gim-gim di kuadran I ini, dengan basis penggemar yang kuat dan gameplay yang cukup seru. Namun, jika Anda tidak suka grinding, berjudi, maupun gabungan dari keduanya.. Saran saya, yah, tolong cari opsi lain, demi kesehatan dan kenyamanan Anda.

Kesimpulan: Pengalaman Bermain Pasti Bervariasi

Di bagian penutup ini, saya akan sekalian mengumumkan disclaimer: apa yang ada di artikel ini dapat bervariasi di setiap pemain. Belum tentu gacha F/GO Anda akan seampas itu, dan belum tentu gacha gratisan yang diberikan GBF akan membuahkan hasil. Jadi, tolong jangan repot-repot memberikan pengalaman pribadi Anda yang menyimpang, karena, yah, margin of error pasti ada.

Dan lagi, tentu saja gacha dan grinding hanya satu dimensi dari memainkan mobage. LLSIF dengan keseruan bermainnya, Bandori dengan kemampuannya untuk mabar, dan F/GO dengan jalan ceritanya yang semakin menegangkan adalah faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan juga.

Juga, tentu saja ada subjektifitas: dari seluruh gim di atas, hanya tiga yang saya seriusi: F/GO, GBF, dan Kancolle. Itulah kenapa deksripsi ketiganya lumayan mendetail. Artikel ini jelas akan terus diperbaharui jika ada input-input baru dari pemain-pemain yang keberatan atau merasa gimnya kurang lengkap dijelaskan.

Selamat bermain, dan jangan takut untuk menanyakan apapun — bahkan yang Anda anggap sebagai pertanyaan bodoh — ke dalam komunitas mobage, baik di Facebook maupun Reddit. Kami selalu membuka pintu untuk wajah baru, lalu tertawa pahit ketika wajah baru itu tak kunjung mendapatkan SSR yang ia inginkan.


Dengan bantuan segenap tim redaksi Risa Media: Dimas Notowidjojo, Aditya Putera, Kevin Akbar, Hilmy Rizky, Risyad Sadzikri, dan lainnya.

Artikel akan diperbaharui sesuai dengan masukan dari pembaca.