[Guide Corner] Tak Ribet Menonton Seri MonogatariDibutuhkan waktu 6 menit untuk membaca artikel ini

Panduan singkat dan lengkap bagi kalian yang ingin menonton seri Monogatari

Seri Monogatari memang merupakan seri yang cukup membingungkan. Jumlahnya yang banyak dan lini masa nya yang rumit membuat seri ini sulit  untuk diiikuti untuk pertama kali. Seri ini memiliki keunikan dalam mempresentasikan ceritanya mulai dari visual, musik dan dialognya.

Banyak orang yang ingin megikuti seri ini tapi tidak tahu harus dimulai dari mana. Oleh karena itu dalam artikel ini akan menjelas kan seri Monogatari secara singkat dan panduan cara menontonnya.

Latar Belakang Seri Monogatari

Monogatari merupakan seri yang berasal dari novel ringan yang di tulis oleh Niso Isin dan di illustrasikan oleh Vofan. Dan seri ini telah diadaptasi menjadi anime oleh studio Shaft.

Seri Monogatari bercerita tentang Koyomi Araragi, siswa kelas tiga SMA yang berhasil selamat dari serangan vampir.  Selama seri berlangsung  Koyomi Araragi menemukan dirinya terlibat dengan berbagai macam gadis yang memiliki keanehan-keanehan tersendiri seperti, dewa, hantu, binatang mitologi, dan roh. Jadi cerita monogatari berfokus bagaimana Koyomi Aragi mencoba untuk membantu mereka yang memiliki masalah supranatural.

Seri novel ringan Monogatari  terorganisir dari 5 bagian atau season (berbeda dengan season yang digunakan pada anime) yaitu First Season, Second Season, Final Season, Off Season, dan Monster Season. Animenya sendiri telah mengadaptasi first Season sampai Final Season, dan Adaptasi anime Off Season dan Monster Season belum diumumkan secara resmi.

First Season: Bakemonogatari

Bakemonogatari merupakan adaptasi pertama dari studio Shaft yang mencakup novel Bakemonogatari volume satu dan dua. Adaptasi ini berjumlah 15 episode dan tayang pada 3 Juli 2009 hingga 25 Juni 2010.

Bakemonogatari bermula ketika teman sekelas bernama Hitagi Senjougahara jatuh dari tangga dan ditangkap oleh Araragi, dan dia menyadari bahwa gadis itu tidak memiliki berat badan. Setelah itu Araragi bersikeras untuk membantu menyelesaikan masalah anehnya.

Selain itu Bakemonogatari sendiri terdiri dari lima arc dengan focus cerita yang berbeda yaitu Hitagi Crab, Mayoi Snail, Suruga Monkey, Nadeko Snake dan Tsubasa Cat.

First Season: Nisemonogatari

Nisemonogatari yang merupakan adaptasi kedua dari studio Shaft. Anime Nisemonogatari berjumlah 11 episode yang tayang pada 8 Januari 2012 hingga 18 Maret 2012.

Nisemonogatari bercerita sebulan setelah kejadian pada Bakemonogatari. Cerita berawal dengan Araragi terbangun dan menemukan dirinya telah diculik dan diikat oleh Hitagi Senjougahara.

Nisemonogatari terdiri dari dua arc yang berfokus kepada kedua adiknya yaitu Karen Bee dan Tsukihi Phoenix

First Season: Nekomonagatari (Kuro)

Nekomonogatari (Kuro) adalah adapatasi ketiga dari studio Shaft. Anime ini hanya berjumlah 4 episode yang mengadaptasi bagian pertama dari novel Nekomonogatari. Anime ini tayang pada 31 Desember 2012.

Nekomonogatari (Kuro) hanya mempunyai satu arc dan merupakan prekuel dari Bakomonogatari yang memperluas cerita di balik arc Tsubasa Cat pada Bakemonogatari.

Second Season: Monogatari Series Second Season

Monogatari Series Second Season adalah adaptasi keempat dari Studio Shaft. Seri ini merupakan Second Season dari seri novel ringannya. Adaptasi ini mencakup novel volume tujuh sampai dua belas dangan pengecualian novel ke sembilan. Anime ini berjumlah 26 episode dan tayang pada 7 Juli 2013 hingga 29 Desember 2013.

Berbeda dengan adaptasi sebelumnya yang diadaptasi sesuai dengan spesifik judul novelnya, Monogatrai Series Second Season diadaptasi langsung dari Second Season novel ringannya yang berisi kompilasi arc pada setiap volume novel yang diadaptasi. Terdapat lima arc pada seri ini yaitu Tsubasa Tiger, Mayoi Jiangshi, Nadeko Medusa, Shinobu Time, Hitagi End.

Monogatari Series Second Season masih mengikuti peristiwa setelah Nisemonogatari, seri ini masih berputar di sekitar individual yang memiliki keanehan. Diawali dengan semester baru dan kelulusan yang mendekati Araragi. Tapi ketika kejadian aneh mulai terungkap, Araragi hilang tidak bisa ditemukan, dan penampakan harimau ganas telah muncul tanpa kehadirannya.

Second Season: Hanamonogatari

Hanamonogatari adalah adaptasi kelima dari studi Shaft. Hanamonogatari merupakan bagian dari Second Season yang tidak teradaptasi pada anime Monogatari Series Second Season. Anime ini mengadaptasi novel volume sembilan dengan jumlah  5 episode yang berisi satu arc yaitu Suruga Devil. Anime ini tayang pada 16 Agustus 2014.

Hanamonogatari bercerita setelah setelah Koyomi Araragi dan Hitagi Senjougahara lulus, Kanbaru Suruga, nurid yang masih tersisa dan pemegang Monkey’s Paw. Ia mulai mendengar pembicaraan tentang makhluk misterius yang dikenal sebagai “The Devil,” yang akan dengan ajaib memecahkan masalah apa pun. Dia segera berpikir bahwa rumor ini tentang dirinya dan memutuskan untuk menyelidikinya.

Final Season: Tsukimonogatari

Tsukimonogatari adalah adaptasi keenam dari studi Shaft. Mengadapatasi cerita pertama dari Final Season pada seri Monogatari. Berjumlah hanya 4 episode yang tayang pada 31 Desember 2014.

Tsukimonogatari hanya terdiri dari satu arc yaitu Yotsugi Doll. Cerita bermulai saat Koyomi Araragi sedang belajar keras dalam persiapan untuk ujian masuk perguruan tinggi. Lalu dia mulai sadar bahwa ada yang aneh yaitu bayangannya tidak lagi muncul di dalam cermin, yang merupakan sebuah karakteristik dari vampire. Khawatir tentang keadaan tubuhnya, ia meminta bantuan dari boneka mirip manusia Yotsugi Ononoki dan tuannya Yozuru Kagenui, spesialis keabadian.

Final Season: Owarimonogatari

Owarimonogatari adalah adaptasi ketujuh oleh studio Shaft. Owarimonogatari diadaptasi menjadi dua musim. Musim pertamanya tayang pada 3 Oktober2015 hingga 19 Desember 2015 sebanyak 12 episode. Lalu musim keduanya yang berjudul Owarimonogatari 2nd Season tayang pada 12 Agustus 2017 hingga 13 Agustus 2017 sebanyak 7 episode.

Musim pertamanya mengadaptasi dua volume pertama novel ringan Owarimonogatri dan memiliki empat arc didalamnya yaitu Ougi Formula, ‌Sodachi Riddle, ‌Sodachi Lost, Shinobu Mai

Cerita bermulai ketika  siswa transfer aneh bernama Ougi Oshino baru saja tiba di Naoetsu Private High School. Dia dengan cepat diperkenalkan kepada siswa senior Koyomi Araragi oleh teman mereka, Kanbaru Suruga, dengan harapan mendapatkan saran mengenai penemuan aneh yang telah dia buat. Setelah melihat tata letak sekolah, Ougi melihat bahwa ruang kelas telah muncul di area yang kosong, tempat yang seharusnya tidak ada. Araragi dan Ougi berusaha untuk mengungkap kebenaran di balik teka-teki ini

Musim keduanya mengadaptasi sisa tiga volume dari novelnya dan memiliki 3 arc di dalamnya yaitu Mayoi Hell, Hitagi Rendezvous, Ougi Dark.

Setelah bertemu dengan spesialis keanehan, Izuko Gaen dan Koyomi Araragi terbangun dalam kekosongan yang aneh dan sepi, hanya disambut oleh wajah yang sangat dikenalnya di tempat yang sangat asing. Araragi, dengan bantuan pacarnya, Hitagi Senjougahara, bergerak melalui jaring masa lalunya untuk mencari jawaban. Namun, takdir sekali lagi memberikannya kepada siswa transfer eksentrik Ougi Oshino, yang membawa keluar proposal yang tak terduga.

Final Season: Kizumonogatari

Kizumonogatari adalah adaptasi kedelapan dari studio Shaft. Berbeda dengan yang lain format dari adaptasi adalah film yang dibagi menjadi tiga bagian. Part1: Tekketsu tayang pada 8 Januari 2016, Part 2: Nekketsu tayang pada 19 Agustus 2016, dan Part 3: Rekeitsu tayang pada 6 Januari 2017.

Kizemonogatari merupakan prekuel dari seri-seri sebelumnya yang menceritakan awal mula Araragi bertemu dengan Kiss-shot Acerola-orion Heart-under-blade yang merubahnya menjadi vampir sebelum ia ditolong oleh spesialis keanehan Meme Oshino dan Tsubasa Hanekawa.

Final Season: Koyominogatari

Koyominogatari adalah adaptasi kesembilan dari studio Shaft. Koyominogatari tayang pada 10 Januari 2016 hingga 27 maret 2016 sebanyak 14 episode yang berdurasi sekitar 14 menit.

Koyominogatari bermula dari aplikasi mobile yang di buat khusus untuk adaptasi animenya. Koyominogatari merupakan 12 cerita pendek yang terjadi di sepanjang rangkaian waktu dari awal tahun ketiga Koyomi Araragi sebagai siswa SMA hingga hari ujian kuliahnya. Sebagian besar cerita tidak relevan dengan alur utama di samping dua episode terakhir yang memberikan konteks pada bagian kedua Owarimonogatari.

Panduan Menonton Seri Monogatari

Seri Monogatari memang memiliki beberapa bagian dengan fokus cerita yang berbeda-beda, akan tetapi untuk mengikutinya sebenarnya cukup mudah. Terdapat dua cara untuk menonton seri Monogatari.

Pertama, anda dapat menontonnya sesuai dengan tanggal rilis animenya tersebut yang dipersingkat menjadi seperti ini:

First Season

  • Bakemonogatari (2009)
  • Nisemonogatari (2012)
  • Nekomonogatari Black (2012)

Second Season

  • Monogatari Series Second Season (2013)
  • Hanamonogatari (2014)

Final Season

  • Tsukimonogatari (2014)
  • Owarimonogatari (2015)
  • Koyomimonogatari (2016)
  • Kizumonogatari Part 1: Tekketsu (2016)
  • Kizumonogatari Part 2: Nekketsu (2016)
  • Kizumonogatari Part 3: Reiketsu (2017)
  • Owarimonogatari (Part 2) (2017)

Dengan menonontonnya sesuai tanggal rilis memang membuat lini masanya sedikit membingungkan. Akan tetapi tenang saja karena seri Monogatari memang di desain seperti itu. Hal tersebut menambah elemen misteri yang ada dalam seri tersebut.

Atau kalian dapat menontonnya dengan cara kedua, sesuai dengan kronologi ceritanya, yang dipersingkat menjadi seperti ini:

  1. Kizumonogatari
  2. Nekomonogatari (Kuro)
  3. Bakemonogatari
  4. Nisemonogatari
  5. Monogatari Series: Second Season
  6. Tsukimonogatari
  7. Owarimonogatari
  8. Koyomimonogatari
  9. Owarimonogatari 2nd Season
  10. Hanamonogatari

Kesimpulan

Seri Monogatari memang terlihat rumit, akan tetapi disitulah daya tarik seri itu berasal. Jadi jangan sungkan untuk mengikuti seri ini. Apalagi bagi kalian yang suka dengan cerita dengan focus yang berganti-ganti tapi sebenarnya berhubungan antara satu dengan lainnya.

Tulisan ini adalah opini pribadi dari penulis, tidak mencerminkan pandangan umum Risa Media. Penulisan oleh Allen Saputra.

Aji Kurniawan Saputra

Tinggalkan Balasan