Tsuburaya Persilakan Penggemar untuk Membuat Dojinshi Serial “SSSS.Gridman”Dibutuhkan waktu 1 menit untuk membaca artikel ini

Kabar gembirakah?

Tsuburaya dikenal sangat ketat dalam menjaga produksi mereka dan melarang adanya dojinshi dan segala bentuk karya derivatif dari karya-karya mereka. Salah satu serial anime yang sedang hangat pada saat ini diproduksi oleh Tsuburaya, yaitu SSSS.Gridman. Mengingat tentang poin tersebut, para penggemar SSSS.Gridman mulai khawatir lantaran mereka tidak bisa untuk menikmati karya dojinshi karangan penggemar dari serial itu. Benar saja, Tsuburaya melarang pembuatan dojinshi untuk serial SSSS.Gridman. Ketakutan para penggemar menjadi kenyataan.

Eits, ternyata aturan yang dikeluarkan oleh Tsuburaya ini hanya berlangsung sementara. Tsuburaya akhirnya memperbarui pedoman yang telah mereka buat dan kini memperbolehkan para penggemar untuk membuat dojinshi SSSS.Gridman.

Hal yang perlu diperhatikan oleh para penggemar adalah mengenai penggunaan materi. Tsuburaya melarang tegas penyalinan dan penyiplakan materi langsung dari serial SSSS.Gridman, termasuk di dalamnya adalah gambar, video, logo, dsb. Akan tetapi, aturan ini tidak berlaku untuk karya derivatif seperti ilustrasi, manga, dan novel.

Bagi mereka yang ingin membuat dan mendistribusikan karya derivatif dari serial ini, mereka harus membuatnya sesuai dengan pedoman yang telah dikeluarkan oleh Tsuburaya dan karya-karya ini tidak boleh melanggar ketertiban umum dan hak-hak individu lainnya. Poin terpenting dari pembaruan ini adalah mengenai pembuatan dojinshi. Berdasarkan pedoman yang telah diperbarui, dojinshi yang diperbolehkan hanya berupa sebatas “aktivitas penggamar” dan bagi mereka yang tetap melakukan produksi dan distribusi untuk kepentingan komersial bisa saja bakal mendapatkan sanksi oleh Tsuburaya.

Pada akhirnya, pedoman tersebut memang mengakui bahwa mereka tidak bisa memberikan respons terhadap pertanyaan mengenai karya penggemar yang dibuat secara individual.

Sumber: WOW Japan

Rahmat Maulana Koto

Suka bahasa Indonesia dan lagu-lagu YUC’e.

Tinggalkan Balasan