Menanti Panggung Kreativitas Ratusan Kreator di Comic Frontier 12!Dibutuhkan waktu 3 menit untuk membaca artikel ini

Saatnya berakhir pekan dengan penuh kreativitas di Comic Frontier 12!

Tonggak kebangkitan industri kreatif di Indonesia sudah semakin tampak di depan mata. Para kreator muda berbakat dari seluruh pelosok Indonesia kini mulai melahirkan hasil karya kreatifnya kepada masyarakat luas. Setiap pekan, ada ratusan judul komik baru dan animasi singkat hasil karya kreator dalam negeri yang dirilis kepada jutaan penggemar di media sosial. Semaraknya kreasi komik dan animasi karya kreator dalam negeri ini mewujudkan kembalinya acara Comic Frontier 12 pada tahun ini.

Perkembangan industri kreatif di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari peran penyelenggaraan berbagai ekshibisi kreatif yang ada di Indonesia. Sebagai pelopor ekshibisi pasar kreatif terbesar di Indonesia, pada awal tahun 2019 ini, Comic Frontier kembali diselenggarakan. Setelah hampir tujuh tahun lamanya, kali ini Comic Frontier ke-12 akan diselenggarakan pada tanggal 23 dan 24 Februari 2019 mendatang.

Sejak tahun 2012, Comic Frontier hadir sebagai wadah tempat para kreator lokal untuk tampil menghadirkan karya kreatifnya kepada para pengunjung dan sesama kreator yang hadir. Pada acara yang ke-12 ini, ada sekitar 500 insan kreatif yang bergabung. Hadirnya ratusan insan kreatif ini semakin menambah semarak kreativitas yang ada dalam acara ini.

Para insan kreatif yang tergabung di Comic Frontier 12 terdiri dari berbagai macam latar belakang kreatif. Mulai dari kreator komik, ilustrasi, musik, hingga gim, semuanya turut serta dalam acara ini. Selain itu, berbagai komunitas kreatif dari berbagai wilayah di Indonesia juga turut hadir serta menjadi bagian kemeriahan kreatif di acara ini.

Dengan adanya ratusan insan kreatif yang ambil bagian, para pengunjung bisa melihat berbagai produk kreatif karya para kreator berbakat tanah air dalam acara Comic Frontier 12. Tidak hanya itu saja, kehadiran ratusan kreator dalam satu wadah ini juga membuka kesempatan kolaborasi kreatif yang sangat lebar kepada seluruh kreator yang hadir. Tidak sedikit juga para penggemar karya kreatif yang datang untuk berkumpul bersama para kreator lain yang tergabung di berbagai komunitas kreatif yang ada.

Kolaborasi kreatif menjadi salah satu semangat utama dalam setiap penyelenggaraan Comic Frontier. Pada setiap perhelatannya, Comic Frontier selalu berkolaborasi dengan kreator berbakat dari dalam negeri dalam pembuatan poster resminya. Untuk acara kali ini, poster resmi acara ini dipersembahkan oleh kreator dengan nama pena Lien Tsu.

Comic Frontier 12 akan diselenggarakan di gedung Kartika Expo Center, Balai Kartini, Jakarta Selatan. Tempat ini telah menjadi tempat penyelenggaraan Comic Frontier ke-9 di tahun 2017 hingga sekarang. Tiket masuk acara ini bisa dibeli dengan harga Rp30.000 di loket tiket yang dibuka langsung di tempat acara. Loket tiket mulai beroperasi sejak pagi guna mengantisipasi antrian pengunjung yang sudah sangat antusias menjadi bagian gerakan kreatif dalam acara ini.

Sekilas tentang Comic Frontier

Comic Frontier merupakan acara ekshibisi kreatif yang telah rutin diselenggarakan setiap tahun. Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012. Saat pertama kali diselenggarakan Comic Frontier hanya menampung 35 lingkar kreatif untuk bergabung. Seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, Comic Frontier telah menjadi sebuah gerakan kreatif yang mampu menghimpun ratusan kreator dalam satu event.

Acara ini diselenggarakan dengan harapan agar Comic Frontier bisa menjadi sebuah event yang memberikan ruang baru untuk kebebasan berekspresi dalam industri kreatif tanpa adanya batasan stigma dari masyarakat. Event ini juga diharapkan mampu menjadi penggerak industri kreatif Indonesia dengan menghimpun berbagai kalangan mulai dari kreator independen, komunitas, hingga kreator professional. Memberikan yang terbaik bagi seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini tanpa harus meninggalkan siapapun adalah hal yang diperjuangkan dalam event ini.

Artikel ini merupakan rilis pers resmi dari pihak Comic Frontier

Rahmat Maulana Koto

Suka bahasa Indonesia dan lagu-lagu YUC’e.

Tinggalkan Balasan