Main Game di iPhone Berasa di Konsol, Apple Arcade Bisa!Dibutuhkan waktu 3 menit untuk membaca artikel ini

Dengan Apple Arcade, bermain game di iOS bakal serasa main game di konsol!

Apple baru saja merilis iOS 13 (atau iPad OS 13) kepada semua perangkatnya pada tanggal 19 September 2019. Walaupun memang tidak bisa dipungkiri bahwa iOS 13 memberi banyak peningkatan terhadap iOS 12 kemarin, salah satu produk unggulannya adalah Apple Arcade.

Apple Arcade adalah layanan langganan bulanan yang menawarkan gim eksklusif yang hanya dirilis di iOS, iPad OS, TV OS, dan Mac OS X. Hal ini berarti semua gim yang dirilis disini tidak akan muncul di OS smartphone lain (Android, dll.). Tapi, ada beberapa gim yang sebelumnya juga rilis di PC, PS4, dan Nintendo Switch!

Apple memasang harga USD 4.99 per bulan Рatau IDR 69,000 Рdengan masa uji coba gratis selama satu bulan untuk menikmati layanan Apple terbaru ini. Lantas, apa saja yang bisa kita dapatkan dengan harga tersebut?

Saat ini (September 2019), Apple Arcade meluncur dengan total 71 gim yang bisa dimainkan secara gratis setelah berlangganan! Gim ini bisa dimainkan secara offline, tidak memiliki iklan ataupun microtransaction yang mengganggu, dan beberapa gim mendukung penggunaan DualShock 4 atau Xbox One Controller!

Dan yang paling penting: no gacha.

Selain itu, berkat dukungan iCloud, kalian bisa memulai permainan di iPhone saat berada di sekolah atau kantor, kemudian saat pulang, kalian lanjut main di iPad, Apple TV, ataupun di Mac kalian tanpa ada perbedaan progress permainan!

Plus, apabila kalian punya keluarga atau teman yang tertarik untuk ikut bergabung ke Apple Arcade, kalian bisa membagikan status langganan Apple Arcade via Family Sharing dengan lima orang lainnya, alias enam orang dalam waktu yang bersamaan bisa ikut bermain di perangkat mereka masing-masing!

Saya sendiri sudah mencoba Apple Arcade, dan dari beberapa gim yang ada, berikut beberapa rekomendasi gim terbaik yang ada di Apple Arcade!

1. Oceanhorn 2: Knights of the Lost Realm

Pertama kali saya¬†launch gim ini, yang ada di pikiran saya adalah,¬†“Oke, ini Breath of the Wild versi Apple!”, dan walaupun saya belum bisa konfirmasi apakah¬†story nya juga bagus, dari segi¬†graphics¬†& gameplay sendiri, Oceanhorn 2 merupakan gim yang sangat-sangat¬†fresh untuk dimainkan di¬†smartphone!

Fakta bahwa tidak ada iklan ataupun paywall yang mengganggu membuat gim ini terasa seperti sebuah gim PS4 atau Nintendo Switch. Apabila kalian punya perangkat Apple yang bisa mendukung iOS 13, segeralah coba Apple Arcade dan mainkan Oceanhorn 2!

2. Shantae and the Seven Sirens

Shantae.

Kalau kalian nggak yakin hanya dengan satu kata itu, coba main sendiri dulu.

Yaa,¬†WayForward juga bikin satu gim lagi yang namanya¬†Spidersaurs, sih, tapi ya…

Shantae.

Udah.

3. Sayonara Wild Hearts

Ini adalah salah satu gim yang awalnya saya pikir tidak menarik, tapi setelah dimainkan, langsung membuat saya jatuh hati. Di balik premis simpel rhythm runner, Sayonara Wild Hearts memiliki cerita yang cukup dalam untuk protagonisnya. Jadi, alih-alih sebagai gim yang dangkal, saya langsung tertarik untuk mengikuti ceritanya.

4. Hot Lava

Apakah kalian waktu kecil pernah lompat-lompat dari satu kursi ke kursi lainnya, lalu kalian pingin coba lompat ke meja di ruang tamu, tapi ternyata badan kalian terlalu berat dan akhirnya merusak meja tersebut?

Ya, ini versi gim dari kebodohan masa kecil kalian dulu!

5. What the Golf

Gim ini memiliki¬†tagline,¬†“The anti-golf game for people who hate golf. Yang pada dasarnya ini berarti adalah¬†troll game yang menjanjikan banyak momen kocak dan mengesalkan. Cocok untuk dimainkan kalau kalian lagi penat setelah sekolah atau bekerja.

Dan selain lima diatas, masih banyak lagi gim-gim yang akan dirilis setiap bulan di Apple Arcade! Seperti yang bisa kalian lihat diatas, beberapa gim yang ada di Apple Arcade juga rilis di Nintendo Switch, yang menurut saya pribadi, menjadikan iPhone / iPad kalian berasa sedikit lebih mirip dengan Nintendo Switch. Which is pretty awesome!

Jadi, apakah kalian tertarik untuk bergabung ke Apple Arcade? Apakah kalian mulai memikirkan untuk pindah dari Android ke iOS (seperti saya)? Karena menurut saya pribadi, Apple Arcade adalah solusi baik untuk mengakhiri era mobile gaming yang penuh dengan microtransaction, iklan, dan gacha.

Apabila kalian ingin tahu beberapa game yang sudah dan akan rilis di Apple Arcade, kalian bisa mengikuti tautan ini.


Andrian Vidano

Blogger | Gamer | Metal Gear Solid / KojimaPro Freak | Pro Wrestling Fan | Doll Owner | ID/EN/JP „ĀäK!