Masih akhir pekan (22/4) di kota Bandung, penulis menyempatkan kembali untuk menghadiri satu festival jejepangan. Lokasinya di Telkom University, sebuah universitas yang terletak di ujung kota Bandung. Jarak yang jauh bukanlah masalah bagi penulis dan ribuan penggemar jejepangan lainnya, karena hari ini kami menghadiri Nihon no Matsuri 11.

Nihon no Matsuri adalah sebuah acara jejepangan yang diselenggarakan oleh Nippon Bunka-bu, organisasi kemahasiswaan budaya Jepang di Telkom University. Di acaranya yang kesebelas, Nihon no Matsuri mengusung tema “AI TO KIBOU NO GEKIJOU”. Karena acara ini merupakan acara kampus, lokasi acaranya pun masih berada di area kampus, tepatnya di Telkom University Convention Hall dan area sekitarnya, yang sudah pastinya cukup lapang untuk menampung pengunjung yang hadir.

Memasuki area acara, penulis disambut dengan gerbang kuil khas Jepang. Tidak jauh dari gerbang tersebut, ada obake house (rumah hantu) dan maid cafe, tidak lupa photo booth untuk Anda yang ingin berfoto ria dengan tema Jepang. Berjejer pula puluhan stan yang diisi oleh penjual pernak-pernik anime dan komunitas jejepangan. Jika berkeliling membuat Anda lapar, jalanlah sedikit ke lapangan depan Convention Hall dan Anda akan menemukan stan makanan di sana, sembari ditemani dengan alunan lagu yang dibawakan oleh band di panggung luar.

Tidak hanya panggung luar, panggung di dalam gedung juga tidak kalah seru. Panggung ini diisi silih berganti, mulai dari Japanese Culture Show (yosakoi, bon odori, enka), lomba cosplay, hingga penampilan spesial dari Dreamwolf, eyIVose, Oppai Tofu, ELLISION, NBB DC, dan Fleurishana. Lomba cosplay yang diadakan menjadi ajang unjuk kreativitas para pesertanya.

Hari sudah mulai petang, menandakan penulis harus kembali ke rutinitas di ibukota. Sebelum pulang, penulis mengambil secarik kertas kecil yang telah disediakan, menulis harapan yang kemudian digantung di tanabata, pohon harapan. Harapan agar Risa Media Jawa Barat terus aktif mengabarkan liputan Jejepangan di tanah parahyangan.

Liputan dan penulisan oleh Excel Coananda