Demam Vtuber yang sedang melanda para penggemar pop kultur jejepangan di Indonesia memanglah sesuatu yang menjanjikan. Sayanangnya, keberadaan tren ini menimbulkan masalah baru.

Dari awal Maya Putri debut hingga masuknya Hololive Indonesia, ada saja tingkah laku penggemar yang bikin geleng-geleng kepala. Dari penggemar yang berkomentar asal-asalan saat menonton stream dari Vtuber tertentu, hingga komentar menyinggung ranah pribadi dari talent Vtuber itu sendiri, muncul saat stream yang seharusnya tidak boleh dilakukan.

Oleh karena itu, kami berkolaborasi dengan fanpage Halaman Penggemar Vtuber menghadirkan beberapa hal yang biasa dilakukan oleh fans Vtuber dari Jepang untuk menjadi pedoman fans Vtuber dari Indonesia. Tujuannya, agar fans mengetahui apa yang boleh maupun tidak boleh dilakukan saat menonton livestream dari Vtuber.

Saat Menunggu (Waiting Room)

Ketika Vtuber membuat waiting room untuk livestream yang akan datang, biasanya penggemar akan mengirim chat “待機” Taiki yang artinya “menunggu” diikuti dengan oshi mark / official emoji dari VTuber yang bersangkutan.

Penggemar mengirim chat “待機卍 / TaikiManji” dan ada yang mengutarakan perasaan senang mereka tentang kolaborasi ini. ManjiGumi adalah nama kolaborasi antara Aqua, Ayame, dan Shion.

Terkadang ada beberapa Vtuber yang memiliki kata unik di antara para penggemarnya untuk menggantikan Taiki. Misalnya pada channel Nakiri Ayame dari Hololive, penggemar mengirim chat “待鬼” Machi Oni yang jika diterjemahkan secara kasar berarti “Menunggu Setan”. Contoh lain di channel Minato Aqua dari Hololive, penggemar biasanya mengirim chat “なるはや待機” Naruhaya Taiki yang mulai dipakai karena ada kejadian lucu padanya di suatu streamnya.

Di kubu sebelah, siapa lagi kalau bukan Nijisanji, ada channel Inui Toko di mana penggemar mengirim chat “いういどんどんすきになる” Inui dondon suki ni naru yang jika diterjemahkan kurang lebih “Semakin suka sama Inui”, merupakan kalimat yang muncul karena kedekatan antara Inui Toko dengan Sanbaka (Ange Katrina, Lize Helesta, dan Inui sendiri) sehingga penggemar juga menggunakan kalimat itu untuk menanti livestream Inui dimulai.

Selain mengirim salam menunggu, terkadang penggemar juga mengirim chat tentang kesan mereka terhadap livestream yang akan dilakukan.

Penggemar VTuber dari Jepang tidak pernah mengobrol satu sama lain di livechat meskipun itu masih waiting room. Terkadang ada chat yang merespon chat orang lain jika mereka merasa chat itu menarik, tetapi mereka tidak pernah secara langsung mengajak ngobrol apalagi mention user yang bersangkutan. Ketika ada pertanyaan yang masih ada hubungannya dengan livestream yang akan dilakukan, terkadang ada penggemar yang menjawab, dan sebatas itu tanpa ada percakapan lebih lagi.

Ketika livestream dimulai, penggemar biasanya mengirim salam di livechat. Beberapa Vtuber memang tidak memiliki salam khusus, tetapi banyak Vtuber memiliki salam mereka masing-masing. Misalnya di channel Usada Pekora (Hololive), dia memiliki salam khusus dengan akhiran –peko nya, misalnya konpeko, ohapeko. Contoh lain pada channel Inui Toko, penggemar menyambut livestream dengan mengirim “まいど” maido pada chat, merupakan salam yang digunakan oleh restaurant, minimarket atau semacamnya di Jepang, Inui menggunakan salam ini menyesuaikan temanya yaitu pegawai sebuah kedai.

Ketika Livestream

Jangan menyebut nama Vtuber lain yang tidak bersangkutan dengan livestream. Ini merupakan perlakuan tidak sopan. Walaupun kita tahu dan kita ingin mereferensikan Vtuber/Vliver tersebut, dengan alasan Vtuber/Vliver pernah melakukan hal yang sama, jangan lakukan! Terkecuali apabila Vtuber/Vliver tersebut yang menyebutkannya terlebih dahulu. Untuk Vliver sesama agensi harusnya tidak ada masalah, akan tetapi liat kondisinya.

Jangan berdiskusi yang tidak berkaitan dengan livestream. Memang kita berkumpul di tempat yang sama untuk berinteraksi dengan Vtuber/Vliver. Namun, bukan berarti kita bebas untuk ngobrol apapun di dalam livechat. Terlebih, membuat isu-isu dan kalimat yang provokatif.

Bahasan detil lainnya mengenai etika livestream.

Bersikap baik kepada sesama penonton dan gunakan bahasa yang sopan! Sudah jelas dengan yang dituliskan. Simpelnya, jangan menyerang orang lain secara verbal. Jangan menggunakan kata-kata kasar yang mengejek, memfitnah dan memprovokasi orang lain. Sudah jelas?

Jangan lakukan spam! (emoji). Spam dalam bentuk tulisan, kadang juga spam dalam bentuk emoji. Keduanya termasuk perilaku yang tidak baik karena akan mengganggu orang lain yang juga ingin menggunakan livechat. Oleh karena itu, chat sewajar-wajarnya. Jangan berlebihan. Itu saja.

Hindari backseating dalam livestream, bahkan dalam gaming! Maksudnya adalah meminta, atau bahkan memaksa Vliver/Vtuber untuk melakukan apa yang dia kehendaki, seperti "tolong dong pake bahasa indonesia aja" atau "main game ini dong... Pake ini dong...". Kalian boleh menikmati konten vtuber, tapi ingat Vtuber juga manusia dan mereka juga punya hak untuk enjoy bermain dengan keinginan mereka sendiri. Meskipun alasan kalian itu sebenarnya maksudnya baik, tolong mengerti kalau itu adalah cara yang tidak benar.

Hindari Carrier-Pigeoning. Apa itu carrier-pigeoning? Ini adalah perbuatan di mana seseorang memberitahukan kondisi livestream seorang Vtuber/Vliver kepada Vtuber/Vliver lainnya. Alasannya bisa banyak, seperti karena mereka seagensi, bisa juga karena hubungan mereka dekat. Contohnya "Vtuber A, bantuin Vtuber B dong dia lagi kesulitan" atau "Vtuber A ga ikut main ama Vtuber B aja barengan? Dia lagi live lho"  Kira-kira seperti ini polanya.

Mau itu maksud kalian sebenarnya ingin membantu, tolong jangan lakukan hal ini. Belum tentu Vtuber yang kita ingin bantu itu merasa ingin dibantu oleh yang lainnya. Mereka bisa saja merasa ini jatuhnya merepotkan Vtuber lainnya dan merasa tidak enak karena itu, terlebih saat mereka merasa bisa melakukannya sendiri. Ini bisa saja merusak mood mereka. Kalau memang dia sendiri yang sangat desperate ingin meminta bantuan Vtuber lainnya, saya yakin mereka juga bisa memintanya sendiri, dan kita tinggal baca saja kondisinya dan ikut dukung dari belakang. Oleh karena itu, lebih baik hindari hal seperti carrier-pigeoning.

Seusai Livestream

Chat mengucapkan salam perpisahan Fubuki “おつこん / otsukon”, beberapa menggunakan variasi menggunakan emoji jagung / corn karena itu merupakan oshi mark dari Fubuki.

Ketika livestream mendekati akhir, penggemar biasanya mengirim chat otsukare, banyak VTuber yang memiliki salam perpisahan mereka masing-masing. Misalnya otsunakiri untuk Nakiri Ayame, otsuaqua untuk Minato Aqua, otsutoko untuk Inui Toko dan sebagainya.

Vtuber Juga Manusia!

Jangan sekali-kali menyinggung kehidupan pribadi dari talent Vtuber. Selain akan merusak karir mereka, kehidupan pribadi mereka juga terganggu. Jangan karena kalian ingin pansos, kalian merusak karir Vtuber bersangkutan!

Hal-hal yang sudah disebutkan diatas mutlak dilakukan. Kalau dilanggar, siap-siap kalian dicekal (baca: banned) dari tontonan mereka. Minato Aqua (Hololive) adalah salah satu Vtuber yang memberlakukan banned bagi orang-orang yang mengobrol satu sama lain saat menunggu streamnya.

Bila anda bingung tentang Vtuber, jangan khawatir! Banyak orang-orang seperti Halaman Penggemar Vtuber siap membantu anda agar paham dan membuat kalian lebih mengerti dan menyukai Vtuber.

Vtuber, sama seperti idol, jugalah manusia biasa di baliknya. Mereka tetap mempunyai batas kesabaran dan privasi yang harus dijaga. Tugas mereka memang hadir untuk penggemar, tetapi tak ada salahnya kan kita menghormati mereka?