Apa yang Anda lakukan jika ada seorang gadis cantik yang mengirim sebuah pesan seakan-akan ia sudah kenal dengan Anda?

Dua pilihan tersedia di tangan: Apakah langsung lanjut PDKT dengan segala muslihat agar dia mau akrab dengan Anda, atau jujur memberitahu kalau dia itu sebenarnya sedang salah sambung?

Salah satu tangkapan layar dari aplkasi Salah Sambung. (Rolling Glory Jam)

Yap, kali ini Risa Media akan sedikit mengulas mengenai gim yang berjudul Salah Sambung, sebuah gim buatan studio gim Rolling Glory Jam yang masih dalam tahap Early Access. Namun, untuk saat ini telah dapat diunduh melalui Google Play. Meskipun masih berada dalam Early Access, gim ini telah menyediakan beberapa chapter yang telah tersedia untuk diakses secara gratis.

Seulas Pratinjau Gameplay Awal

Dalam gim Salah Sambung, Anda bertindak menjadi sang protagonis yang baru saja mendaftarkan nomor baru. Kemudian, tiba-tiba muncul gadis yang cantik jelita menyapa kotak masuk chat-mu sambil mengirimkan beberapa foto dirinya yang habis hang-out. Setelah itu, kamu diberi kesempatan untuk memilih beberapa pilihan yang akan menentukan alur hubunganmu dengan si gadis yang salah sambung itu…

Dating sim, tetapi kali ini harus menentukan pilihannya melalui SMS. (Rolling Glory Jam)

Salah Sambung berjalan secara real time.¬†Jadi, jika Anda mendapatkan pesan yang menyatakan bahwa sang gadis tersebut akan berbincang denganmu di hari esok, maka Anda harus menunggu besok untuk mendapat notifikasi pesan atau pilihan baru di aplikasi gim ini. Mengingat setiap pilihan balasan dapat mengantarmu ke layar Game Over dan memberikanmu pencapaian tertentu… yang rasa kurang puas aja kalau berakhir bukan di True Ending.

Game Over lagi, Game Over lagi… (Rolling Glory Jam)

Selain itu, gim ini memiliki fitur Gallery, tempat di mana Anda dapat menyimpan foto-foto si gadis yang salah sambung. Hal ini bisa menjadi penyejuk mata bagi para jomblowan yang ingin melihat kecantikan dan kebeningan gadis tersebut. Oh, sedikit saran dari saya, bagi yang punya pacar. Harap tidak memperlihatkan foto-foto tersebut kepada pacar Anda, kemungkinan besar foto tersebut dapat memicu mood-nya.

Asyik, cakep, mantab abis! (Rolling Glory Jam)

Sesi Wawancara dengan Developer Salah Sambung

Salah satu kontributor Risa Media, Andi, berkesempatan untuk mewawancarai Mas Wastu, Product Manager dari gim Salah Sambung. Berikut adalah jawaban-jawaban yang tercipta dalam wawancara tersebut!

Apa yang menginspirasi tim Mas Wastu untuk membuat game Salah Sambung ini?
Banyak sih mas inspirasinya (hahahaha). Mungkin yang pertama, dengan banyaknya cerita-cerita atau curhatan-curhatan teman waktu PDKT dengan seorang gadis, itu ceritanya lucu-lucu dan menarik-menarik, ada yang bikin baper, ada yang bikin sedih, ada yang bikin ketawa. Kenapa nggak kita coba menyampaikan pengalaman/perasaan itu ke temen-temen yang lain, supaya ikutan baper (hahahaha).Lalu yang kedua, dengan banyaknya teman jomblo di luar sana (ahahaha) yang belum pernah (atau jarang) punya kesempatan untuk bisa ngobrol mendalam dengan seorang gadis. Kami juga ingin memberikan kesempatan pada teman-teman itu serunya PDKT dengan gadis (hahaha).

Kok, kesel yah dengar gimana dapatin inspirasinya? Ehm, apakah ada kesulitan yang dihadapi tim dalam merealisasikan pembuatan game ini?
Yang utama waktu sih Mas, Karena di studio kami (Rolling Glory) game ini sebenernya adalah semacam side project. Tidak kami kerjakan fulltime (Senin-Jumat), tetapi kebanyakan dikerjakan Sabtu atau Minggu, atau ketika ada hari libur. Jadi kalau ditanya kesulitannya apa, lebih ke waktu yang terbatas untuk mengerjakannya.

Wah, berarti untuk masalah teknis tidak ada yah, tinggal pengaturan waktu saja. Jadi, kemungkinan rilisan gimnya keluar dari Early Access, masih cukup lama atau sudah ada target perilisannya?
Kita targetnya rilis dalam tahun ini mas, sekitaran bulan Oktober atau November.

Lanjut Mas, game ini kan masih dalam tahap Early Access, apa saja fitur-fitur yang rencananya akan diimplementasikan saat perilisannya?
Yang sudah ada sekarang: Fitur Achievement, Fitur Gallery. Yang selanjutnya akan ada penambahan cabang-cabang cerita, fitur IAP alias In-App Purchase (tanpa membeli di titik tertentu user tidak bisa mendapatkan cerita lengkap), dan fitur save point (save point ditentukan oleh game, bukan oleh player)

Apa saja IAP yang ada dalam game ini, apakah akan mirip seperti Mystic Messenger?
IAP-nya cuma sederhana, yaitu membuka pilihan jawaban yang nantinya akan membawa ke foto-foto yang lebih banyak, dan cerita yang lebih panjang. Sebenernya yang free itu hanya sampai hari pertama Mas. Untuk hari selanjutnya sudah harus berbayar, tidak mahal kok (hahaha).  IAP juga akan menghilangkan iklan. Nantinya, di versi rilis akan ada iklan video (seperti yang muncul pada gim-gim mobile pada umumnya)

Apakah ada True Ending dalam game ini? karena saya lihat di Achievement… agak ragu untuk ending yang bahagia. (yap saya pemain juga)
Untuk ending-nya ada kok yang “sedikit bahagia” (hahaha). Tapi memang konsep awalnya memang sedikit plot twist yang membuat harapan player sedikit hancur. Menurut saya semuanya¬†True Ending sih mas, karena semua kan tergantung karakter pemain, ingin menjadi jujur, ya itu true ending bagi dia, tetapi¬†untuk cerita terpanjang, hanya bisa diakses via IAP.

Sekian hasil wawancara kami dengan Mas Wastu, Jika Anda tertarik untuk memainkan gim Salah Sambung dari tim Mas Watu dkk., Anda bisa langsung mengunduhnya melalui Google Play dengan mengklik tautan ini. Nah, Anda juga dapat menyukai laman penggemar mereka di Facebook dengan mengklik tautan ini.

Wawancara oleh Kikitondo